Pemodelan dan Analisis Proses Bisnis untuk Layanan Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas pada Pusat Layanan Disabilitas UB
Kata Kunci:
proses bisnis, Business Process Management, BPMN, root cause analysis, why-why diagramAbstrak
Pusat Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya (PLD UB) adalah sebuah organisasi di Universitas Brawijaya yang berfokus untuk memberi layanan akademik maupun non-akademik pada mahasiswa disabilitas di Universitas Brawijaya. Salah satu layanan yang ada pada PLD UB adalah layanan Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas (SMPD) yang diadakan secara berkala, satu tahun sekali. Beberapa proses dari pelaksanan layanan SMPD masih terdapat masalah yang bisa diperbaiki, oleh karena itu, pemodelan dan analisis proses bisnis dilakukan agar dapat membantu PLD UB dalam mengevaluasi layanan SMPD untuk memberikan layanan yang lebih baik. Rancangan proses bisnis pada tugas skripsi ini, disusun menggunakan kerangka kerja Business Process Management dan dilakukan hingga tahap business process analysis. Penulis melakukan wawancara dalam mengidentifikasi proses bisnis utama dan menemukan ada enam proses bisnis utama, yaitu penerbitan pengumuman SMPD, pendaftaran peserta, pelengkapan data diri peserta, seleksi administrasi, seleksi psikotes dan pengetahuan umum, dan seleksi wawancara. Keenam proses bisnis utama lalu dimodelkan menjadi enam model proses bisnis menggunakan Business Process Modeling Notation atau disingkat BPMN. Tahap analisis permasalahan dilakukan dengan Root Cause Analysis dengan menggunakan teknik Why-why Diagram pada setiap proses bisnis. Terdapat total sebanyak dua belas permasalahan yang muncul dari keenam proses bisnis setelah dilakukan analisis, dan sebagian besar di antaranya terkait dengan efisiensi teknis pelaksanaan SMPD.