Implementasi Proses Desain Interaksi Pada Telepon Genggam Untuk Anak-anak Berbasis Arduino Nano

Implementasi Proses Desain Interaksi Pada Telepon Genggam Untuk Anak-anak Berbasis Arduino Nano

Penulis

  • Oktaviany Setyowati Fakultas ilmu komputer, Universitas Brawijaya
  • Hurriyatul Fitriyah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Rizal Maulana Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

anak-anak, telepon genggam, desain interaksi

Abstrak

Telepon genggam merupakan alat telekomunikasi dua arah yang dapat dibawa kemana-mana dan memiliki kemampuan mengirimkan pesan berupa suara. Setiap orang pada jaman sekarang membutuhkan telepon genggam untuk segala kebutuhannya. Pengguna alat komunikasi ini sudah mulai beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Anak-anak pun terkadang diluar batas wajar pemakaian dan menimbulkan dampak negatif. Anak-anak dapat membuka konten yang tidak sesuai pada umurnya sehingga menimbulkan tingkah laku sosial menyimpang.. Untuk mempermudah dan menjaga penggunaan telepon genggam anak-anak, pada penelitian ini akan dibuat sebuah telepon genggam yang dapat digunakan anak-anak berdasarkan beberapa tahap desain interaksi diantaranya what is wanted, analysis, design prototype, implement. Telepon genggam ini dibuat tanpa tampilan layar dengan 4 push button dengan masing-masing kegunaannya. Button dilengkapi dengan gambar emoticons menarik sesuai yang mudah dijumpai pada telepon pintar masa kini. Fungsi 4 button tersebut masing-masing adalah untuk menghubungi ayah,ibu, guru dan menerima panggilan. Dari segi pengujian usabilitas telepon genggam dengan skala likert yang melibatkan 30 anak-anak taman kanak-kanak, kategori kegunaan, kepuasan, kemudahan digunakan dan dipelajari mendapat nilai rata-rata 4. Pengujian keypad dengan melibatkan 2 guru taman kanak-kanak menyatakan bahwa guru merasa kesulitan menggunakan alat ini dikarenakan tidak tersedia layar saat pengetikan, dan mereka kesulitan memahami serial monitor pada Arduino IDE.

Unduhan

Diterbitkan

30 Agu 2017

Cara Mengutip

Setyowati, O., Fitriyah, H., & Maulana, R. (2017). Implementasi Proses Desain Interaksi Pada Telepon Genggam Untuk Anak-anak Berbasis Arduino Nano. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1525–1533. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1252

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...