Implementasi Proses Desain Interaksi Pada Telepon Genggam Untuk Anak-anak Berbasis Arduino Nano
Kata Kunci:
anak-anak, telepon genggam, desain interaksiAbstrak
Telepon genggam merupakan alat telekomunikasi dua arah yang dapat dibawa kemana-mana dan memiliki kemampuan mengirimkan pesan berupa suara. Setiap orang pada jaman sekarang membutuhkan telepon genggam untuk segala kebutuhannya. Pengguna alat komunikasi ini sudah mulai beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Anak-anak pun terkadang diluar batas wajar pemakaian dan menimbulkan dampak negatif. Anak-anak dapat membuka konten yang tidak sesuai pada umurnya sehingga menimbulkan tingkah laku sosial menyimpang.. Untuk mempermudah dan menjaga penggunaan telepon genggam anak-anak, pada penelitian ini akan dibuat sebuah telepon genggam yang dapat digunakan anak-anak berdasarkan beberapa tahap desain interaksi diantaranya what is wanted, analysis, design prototype, implement. Telepon genggam ini dibuat tanpa tampilan layar dengan 4 push button dengan masing-masing kegunaannya. Button dilengkapi dengan gambar emoticons menarik sesuai yang mudah dijumpai pada telepon pintar masa kini. Fungsi 4 button tersebut masing-masing adalah untuk menghubungi ayah,ibu, guru dan menerima panggilan. Dari segi pengujian usabilitas telepon genggam dengan skala likert yang melibatkan 30 anak-anak taman kanak-kanak, kategori kegunaan, kepuasan, kemudahan digunakan dan dipelajari mendapat nilai rata-rata 4. Pengujian keypad dengan melibatkan 2 guru taman kanak-kanak menyatakan bahwa guru merasa kesulitan menggunakan alat ini dikarenakan tidak tersedia layar saat pengetikan, dan mereka kesulitan memahami serial monitor pada Arduino IDE.