Pengembangan E-Modul Interaktif menggunakan Model ADDIE pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (Studi pada: Kelas X Jurusan TKJ SMKN 3 Malang)

Pengembangan E-Modul Interaktif menggunakan Model ADDIE pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (Studi pada: Kelas X Jurusan TKJ SMKN 3 Malang)

Penulis

  • Dian Ayu Mustika Ningtyas Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Agung Wicaksono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

dasar-dasar teknik jaringan computer dan telekomunikasi, sekolah menengah kejuruan, e-modul, ADDIE, media pembelajaran

Abstrak

SMKN 3 Malang merupakan salah satu sekolah jenjang pendidikan menengah di Kota Malang yang ikut menerapkan kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah mereka. Permasalahan yang ditemui dalam diterapkannya kebijakan baru tersebut adalah belum disiapkannya sumber belajar yang bervariasi untuk menunjang kebebasan belajar, termasuk di kelas X jurusan TKJ. E-modul hadir untuk dikembangkan menjadi sebuah media baru yang diharapkan dapat menunjang keberagaman sumber belajar dan memaksimalkan hasil belajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui lima tahapan, yakni analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, kuesioner, dan tes (pre-test dan post-test). Proses pengujian dilakukan dengan uji validasi, uji normalitas, dan uji hipotesis. Pengujian validasi melalui dua tahapan, yakni uji ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi mendapatkan rata-rata 0,7375 sedangkan untuk validasi media memperoleh 0,64 sehingga kedua pengujian dapat dikatakan valid dan layak digunakan. Kemudian uji normalitas dilakukan menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov dengan hasil nilai signifikansi data pre-test adalah 0,027 dan post-test sejumlah 0,007 (sig ≤ 0,05). Selanjutnya untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus Wilcoxon dan memperoleh hasil signifikansi sebesar 0,000. Dikarenakan hasilnya adalah < 0,05 maka Ha diterima dan dapat diartikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa, sehingga e-modul dikatakan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Referensi

Alfaried, R. N., Rokhmawati, R. I. & Amalia, F., 2022. Pengembangan Modul Elektronik pada Pembelajaran Search Engine Marketing (SEM) dengan Metode Research and Development (R&D) (Studi pada: SMK PGRI 3 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(4), pp. 1728-1736

Damayanti, R. H., 2019. Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Sistem Komputer untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Malang dengan Model Pengembangan 4-D. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , Volume 3, pp. 9892-9899

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, 2017. Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Sekolah Dasar, 2022. Luncurkan Kurikulum Merdeka, Mendikbudristek: Ini Lebih Fleksibel!. [Online] Available at: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/luncurkan-kurikulum-merdeka-mendikbudristek-ini-lebih-fleksibel

Direktorat Sekolah Dasar, 2022. Merdeka Belajar: Manfaatkan Teknologi Sebagai Media Belajar Mengajar. [Online] Available at: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/merdeka-belajar-manfaatkan-teknologi-sebagai-media-belajar-mengajar

Leny, L., 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Sentikjar, Volume 1, pp. 38-49

Mujab, S., Rosa, A. T. R. & Gumelar, W. S., 2023. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 5, pp. 1538-1545

Mutmainnah, Aunurrahman & Warneri, 2021. Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), pp. 1625-1631

Nurdiansyah, F. & Rugoyah, H. S., 2021. STRATEGI BRANDING BANDUNG GIRI GAHANA GOLF SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19. Jurnal Purnama Berazam, 2(2), pp. 153-171

Nurhidayati, E., Wijoyo, . S. H. & Herlambang, A. D., 2022. Pengembangan E-Modul berbasis Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian Kelas X TKJ di SMK Negeri 5 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(9), pp. 4586-4594

Purnomo, S., Djufri, E. & Khaharsyah, A., 2020. Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Berbasis E-Learning Edmodo Mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Jurnal Taman Vokasi, Volume 8, pp. 73-80

Retnawati, H., 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. 1 ed. Yogyakarta: Parama Publishing

Setiawan, N. & Sofyan, H., 2022. Implementasi kurikulum merdeka belajar di SMK Pusat. Jurnal Taman Vokasi, Volume 10, pp. 31-37

Sherly, Dharma, E. & Sihombing, H. B., 2020. MERDEKA BELAJAR: KAJIAN LITERATUR. Konferensi Nasional Pendidikan, Volume 1, pp. 183-190

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. 22 ed. Bandung: Alfabeta

Umami, F., Wijoyo, S. H. & Rokhmawati, R. I., 2022. Pengembangan E-Modul berbasis Flipbook menggunakan Model Pengembangan Addie pada Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMKN 02 Singosari. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(3), pp. 1247-1252

Unduhan

Diterbitkan

20 Jun 2023

Cara Mengutip

Ningtyas, D. A. M., Rokhmawati, R. I., & Wicaksono, S. A. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif menggunakan Model ADDIE pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (Studi pada: Kelas X Jurusan TKJ SMKN 3 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1662–1669. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12538

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...