Evaluasi Pengalaman Pengguna pada LMS E-Learning UIN Malang menggunakan Metode UX Curve dari Sudut Pandang Pengajar (Studi Kasus: Dosen Jurusan Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)

Evaluasi Pengalaman Pengguna pada LMS E-Learning UIN Malang menggunakan Metode UX Curve dari Sudut Pandang Pengajar (Studi Kasus: Dosen Jurusan Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)

Penulis

  • Muhammad Naufal Afif Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Diah Priharsari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

pengalaman pengguna, pengalaman pengguna jangka panjang, metode UX Curve, UTAUT

Abstrak

E-Learning UIN Malang merupakan sebuah LMS berbasis Moodle yang memuat tentang informasi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. E- Learning UIN Malang merupakan produk layanan Learning Management System (LMS) yang bertujuan untuk menyederhanakan serta mengorganisikan kegiatan belajar mengajar tanpa harus bertatap muka. Pemanfaatan LMS E-Learning UIN Malang mendapat berbagai respon dari pengguna. Penelitian ini ditujukan untuk mendokumentasikan bagaimana pengalaman pengguna jangka panjang dan bagaimana penerimaan serta pemanfaatan dari perspektif dosen pada media perkuliahan daring E-Learning UIN Malang menggunakan metode UX Curve yang dikombinasikan dengan sudut pandang pada model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 8 orang dosen Jurusan Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dengan rentang usia 28-37 tahun. Evaluasi dilakukan terhadap 2 dimensi pada masing-masing 3 fitur yang paling sering digunakan dosen yaitu dimensi Performance Expectancy, dan Effort Expectancy pada masing-masing fitur Presensi, Tugas, dan Share Materi. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata kurva terhadap fitur Presensi memiliki pengaruh penurunan sekaligus peningkatan paling signifikan. Dengan kata lain, fitur Presensi adalah fitur yang paling berpengaruh terhadap pengalaman pengguna yang memiliki jumlah komentar responden terbanyak sejumlah 64 alasan, yang terdiri dari jumlah total 48 komentar positif dan 16 komentar negatif berdasarkan dari masing-masing kedua dimensi tersebut.

Referensi

ISO. (2010). ISO 9241-210: 2010. In Human-centred design for interactive systems (1st ed.). International Organization for Standardization. https://doi.org/10.5100/jje.30.1

Kujala, S., Roto, V., Väänänen-Vainio-Mattila, K., Karapanos, E., & Sinnelä, A. (2011). UX Curve: A method for evaluating long-term user experience. Interacting with Computers, 23(5), 473–483. https://doi.org/10.1016/j.intcom.2011.06.005

Karapanos, E., Zimmerman, J., Forlizzi, J., & Martens, J. B. (2010). Measuring the dynamics of remembered experience over time. Interacting with Computers, 22(5), 328–335. https://doi.org/10.1016/j.intcom.2010.04.003

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, 27(3), 425– 478.

Moschou, E., & Zaharias, P. (2013). UX-Curve revisited: Assessing long-term user experience of MMOGs. Games User Research Workshop at CHI 2013.

Lallemand, C. (2015). Embrace UX and Adapt Your Evaluation Methods Accordingly (CanUX 2015 - Short Talk). https://www.slideshare.net/Carine_Lallemand/embrace-ux-and-adapt-your-evaluation-methods-accordingly-canux-2015-short-talk

Unduhan

Diterbitkan

28 Jul 2023

Cara Mengutip

Afif, M. N., Az-Zahra, H. M., & Priharsari, D. (2023). Evaluasi Pengalaman Pengguna pada LMS E-Learning UIN Malang menggunakan Metode UX Curve dari Sudut Pandang Pengajar (Studi Kasus: Dosen Jurusan Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1835–1845. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12541

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...