Desain Pengalaman Pengguna Layanan Peminjaman Ruangan berbasis Solusi Digital di Masjid Raden Patah menggunakan Metode Human Centered Design (HCD)

Desain Pengalaman Pengguna Layanan Peminjaman Ruangan berbasis Solusi Digital di Masjid Raden Patah menggunakan Metode Human Centered Design (HCD)

Penulis

  • Billy Haffas Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Solusi digital, pengalaman pengguna, human centered design, think aloud, UEQ

Abstrak

Masjid Raden Patah (MRP) adalah masjid utama kampus Universitas Brawijaya (UB) yang memiliki beberapa ruangan untuk dipinjamkan. Proses peminjaman ruangan saat ini masih menggunakan cara konvensional dengan mendatangi ke ruangan takmir. Peminjam ruangan juga merasa kesulitan untuk mendapatkan informasi peminjaman mulai dari alur peminjaman, SOP yang berlaku dan jadwal peminjaman pada hari tertentu yang memungkinkan bertabrakan dengan peminjam lain. Hal tersebut melatarbelakangi penelitian ini untuk membuat desain pengalaman pengguna layanan peminjaman ruangan berbasis solusi digital. Pendekatan metode yang digunakan pada pada penelitian ini adalah human centered design (HCD). Proses desain solusi memperhatikan faktor-faktor yang ada pada UX Honeycomb. Faktor-faktor tersebut meliputi useful, usable, findable, credible, accessible, dan desirable hingga produk dapat mencapai faktor valuable. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang berkualitas dan mendukung di setiap proses yang ada pada metode HCD. Hasil desain solusi diuji menggunakan metode usability dengan kerangka think aloud dan didukung dengan kuesioner UEQ. Hal tersebut untuk mendapatkan nilai kategori mean positif di setiap aspek yang ada pada UEQ. Pengujian yang dilakukan mendapatkan keberhasilan pengguna yang memuaskan di task scenario T1, T2, T4, T5, dan T7. Kuesioner yang disebarkan dengan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling menghasilkan nilai mean diatas 0.8 di semua aspek. Nilai tersebut menandakan mean di setiap aspek masuk dalam kategori baik dan memuaskan.

Referensi

Bittner, K., 2003. Use Case Modeling. Arlington Street, Boston: Pearson Education

Cooper, A., Reimann, R., Cronin, D. & all, e., 2014. About Face The Essentials of Interaction Design. 4th ed. Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc

Elisurya, S., Muslimah Az-Zahra, H. & Hendrakusma Wardani, N., 2019. Evaluasi Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada E-Commerce Fashion). Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Volume 3, pp. 4327-4332

Garrett, J. J., 2011. THE ELEMENTS OF USER EXPERIENCE. 2nd ed. Berkeley: @peachpit.com

Hardani, et al., 2020. METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF. Yogyakarta: Pustaka Ilmu

ISO, 9.-2., 2010. Online Browsing Platform (OBP). [Online] Available at: https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-1:v1:en [Accessed 2 September 2022]

Larman, C., 2005. Applying UML and Patterns. 3rd edition ed. NJ: Prentice Hall

Nielsen Norman Group, 1998-2023. Nielsen Norman Group. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/ [Accessed 23 February 2023]

Rustan, S., 2020. Layout 2020. 2nd ed. Jakarta: CV. Nulisbuku Jendela Dunia

Schrepp, M., Thomaschewski, J. & Hinderks, A., 2017. Design and Evaluation of a Short Version of the User Experience Questionnaire (UEQ-S). Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(6), pp. 103-108

Weske, M., 2007. Business Process Management. Potsdam,Germany: Springer

usability.gov, n.d. usability.gov. [Online] Available at: https://www.usability.gov/what-and-why/information-architecture.html [Accessed 2 September 2022]

Muhammad, I., 2018. Miliki Nama Anak Raja Majapahit, Ini Kisah Dibalik Masjid Raden Fatah UB, Malang: Rochmat Shobirin

Muhammad, I., 2018. Times Indonesia. [Online] Available at: https://timesindonesia. co.id/peristiwa-daerah/169409/ miliki-nama-anak-raja-majapahit-ini-kisah-dib alik- masjid-raden-fatah-ub [Accessed 9 April 2023]

Unduhan

Diterbitkan

15 Jun 2023

Cara Mengutip

Haffas, B., & Aknuranda, I. (2023). Desain Pengalaman Pengguna Layanan Peminjaman Ruangan berbasis Solusi Digital di Masjid Raden Patah menggunakan Metode Human Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1623–1632. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12549

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...