Pengaruh Implementasi Unsur Desain Grafis pada Media Pembelajaran berbasis Presentasi dalam Mata Pelajaran Pemrograman Dasar terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK
Kata Kunci:
unsur desain grafis, media pembelajaran, presentasi, motivasi belajar, pemrograman dasarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas implementasi unsur desain grafis pada media pembelajaran berbasis presentasi pada motivasi belajar siswa. Sehingga kedepannya guru dapat mempertimbangkan pembuatan media pembelajaran berbasis presentasi dengan memperhatikan aspek visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan tahapan aktivitas observasi, mengumpulkan data, mengolah data, dan di akhir memperoleh hasil keputusan terkait hasil pengolahan data tersebut. Responden yang berpartisipasi dipilih dari siswa SMK dengan program keahlian RPL, populasi responden berjumlah 72 dari kelas X RPL 2 & 3 masing-masing 36 siswa. Namun, sampel yang diambil hanyalah berjumlah 30 siswa dikarenakan di tiap pertemuannya ada siswa yang izin atau tidak masuk. Data yang diambil dibagi menjadi 2 kelas dan tiap kelas masing-masing memiliki data pre observation dan post observation. Berdasarkan perhitungan uji t pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan, t_hitung memperoleh nilai sebesar -1,873 dan nilai signifikasi sebesar .071. Pada perhitungan perbedaan rata-rata, ditemukan kenaikan motivasi sebesar 3,7 pada kelas eksperimen. Hasil tersebut menandakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dengan implementasi unsur desain grafis pada media pembelajaran berbasis presentasi terhadap motivasi belajar siswa SMK.
Referensi
Maryono, D. and Pambudhi, D., 2014. Modul Pemrograman Dasar Untuk SMK/MAK Kelas X Semester 1. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sardiman, A.M., 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar : Pedoman Bagi Guru Dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 20th ed. CV. Alfabeta
Sujarweni, V.W., 2015. SPSS untuk penelitian. Pustaka Baru
Susilana, R. and Riyana, C., 2011. Media pembelajaran : hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: Wacana Prima
Widana, I.W. and Muliani, P.L., 2020. Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media
Widya, L.A.D. and Darmawan, A.J., 2016. Bahan Ajar Kursus Dan Pelatihan Desain Grafis. Pengantar Desain Grafis
Maryono, D. and Pambudhi, D., 2014. Modul Pemrograman Dasar Untuk SMK/MAK Kelas X Semester 1. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sardiman, A.M., 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar : Pedoman Bagi Guru Dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 20th ed. CV. Alfabeta
Sujarweni, V.W., 2015. SPSS untuk penelitian. Pustaka Baru
Susilana, R. and Riyana, C., 2011. Media pembelajaran : hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: Wacana Prima
Widana, I.W. and Muliani, P.L., 2020. Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media
Widya, L.A.D. and Darmawan, A.J., 2016. Bahan Ajar Kursus Dan Pelatihan Desain Grafis. Pengantar Desain Grafis
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.