Pengembangan Modul Digital Interaktif berdasarkan Sintaks Pengajaran Competency Based Training (CBT) untuk Mata Pelajaran Jaringan Komputer dan Internet (JKI) di SMK Negeri 11 Malang
Kata Kunci:
Media Belajar Interaktif, Modul, Four-D, Jaringan Komputer dan Internet, Competency Based Training (CBT)Abstrak
Penelitian mengamati pada saat kegiatan PLP II, hasil pengamatan terdapat permasalahan yang ditemukan yaitu bahan ajar yang digunakan guru hanya satu berupa modul pembelajaran pdf. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan media belajar digital interaktif dan motivasi siswa pada mata pelajaran Jaringan Komputer dan Internet. Proses penelitian dilakukan dengan menggunakan metode four-d dengan 4 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil penelitian modul pembelajaran di uji validitas materi, validitas media dan uji praktikalitas. Hasil validitas materi dari 2 validator ahli sebesar 78.00% dan hasil validitas media sebesar 88.50%, hasil praktikalitas, diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 78.85%, hasil motivasi belajar siswa sesudah penggunaan modul, hasil persentase rata-rata sebanyak 67.42%. Modul mendapatkan hasil pengujian yang dapat dikategorikan “Sangat Valid”, “Praktis” dan “Mendekati “Iya”, dari hasil tersebut modul diperbolehkan untuk digunakan serta memberikan motivasi siswa ketika belajar.
Referensi
Anas, M. A., Soepriyanto, Y. and Susilaningsih (2018) ‘Pengembangan Multimedia Turotial Topologi Jaringan Untuk SMK Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan’, Multimedia Tutorial, 1(4), pp. 307–314
Ardhiansyah, M., Noris, S. and Andrianto, R. (2020) Jaringan komputer. Pertama. Tangerang, Banten: Unpam Press. Available at: http://repository.unpam.ac.id/8869/1/TPL0183_JARINGAN%20KOMPUTER-ok.pdf
Hendrawan, M. R. (2019) ‘Analisis Kualitas Perangkat Lunak Senayan Library Management System Versi 8 Akasia sebagai Sistem Otomasi Perpustakaan’, Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 4(2), p. 89. doi:10.14710/lenpust.v4i2.21266
Jubaedah, Rohaeni, A. and Tati (2015) ‘Model Link and Match dengan Pendekatan Competency Based Training Pada Pembelajaran Tata Graha Di Sekolah Menengah Kejuruan’, (August), pp. 1–7
Kuswantoro, A. et al. (2018) ‘Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Modul Bagi Guru MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Administrasi Perkantoran Kabupaten Kudus’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran (SNPAP) 2018, pp. 257–264. Available at: https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/view/33066
Latief, H. A., Herlambang, A. D. and Afirianto, T. (2019) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan Kelas XII Jurusan TKJ SMKN 2 Malang dengan Model Pengembangan Four-D’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5), pp. 5096–5103
Masni, H. (2015) ‘Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa’, Dikdaya, 5(1), pp. 34–45
Naimah, K. (2019) ‘Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar PPKn Kelas V SD Gugus Mawar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara’, pp. 1–146
Paryanto, S. (2014) ‘Model Pembelajaran Competency Based Training (CBT) Berbasis Karakter Untuk Pembelajaran Praktik Kerja Mesin Di Sekolah Menengah Kejuruan’, pp. 281–293
Pemerintah Indonesia (2004) ‘Presiden Republik Indonesia Keputusan Presiden Republik Indonesia’, (2)
Prayoga, T. et al. (2016) ‘Teknik Penyusunan Modul Related papers langkah langkah pembuat an modul Harpaariht a Tarigan’, pp. 1–7
Purnama, S. J. and Pramudiani, P. (2021) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(4), pp. 2440–2448. doi:10.31004/basicedu.v5i4.1247
Purnawati (2011) ‘Peningkatan Kemampuan Melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi (Competency-Based Training) Sebagai Satu Proses Pengembangan Pendidikan Vokasi’, Jurnal Medtek, 3(2), pp. 1–13
Suharni, S. (2021) ‘Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), pp. 172–184. doi:10.31316/g.couns.v6i1.2198
Sumarno (2014) Competency Based Training (CBT) Meningkatkan Kompetensi Sumberdaya Manusia. Available at: http://ppmkp.bppsdmp.pertanian.go.id/competency-based-training-cbt-meningkatkan-kompetensi-sumberdaya-manusia/
Suranto (2009) ‘Competency Based Training Menyiapkan Mutu Lulusan Berbasis Skill’
Syah, R. H. (2020) ‘Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran’, SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). doi:10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Trinanda, J., Rukun, K. and Huda, A. (2020) ‘Pengembangan Modul Belajar Berbasis Competency Based Training (CBT) Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Jurusan Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan’, INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), pp. 53–60. doi:10.24036/invotek.v20i1.695
Tristono, T. and Dwi Nurhumam, S. (2013) ‘Rancang Bangun Jaringa Komputer dan Internet di Sekolah’, 14
Yanto, D. T. P. (2019) ‘Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik’, INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), pp. 75–82. doi:10.24036/invotek.v19i1.409
Yulia Aftiani, R., Khairinal, K. and Suratno, S. (2021) ‘Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh’, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), pp. 458–470. doi:10.38035/jmpis.v2i1.583
Anas, M. A., Soepriyanto, Y. and Susilaningsih (2018) ‘Pengembangan Multimedia Turotial Topologi Jaringan Untuk SMK Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan’, Multimedia Tutorial, 1(4), pp. 307–314
Ardhiansyah, M., Noris, S. and Andrianto, R. (2020) Jaringan komputer. Pertama. Tangerang, Banten: Unpam Press. Available at: http://repository.unpam.ac.id/8869/1/TPL0183_JARINGAN%20KOMPUTER-ok.pdf
Hendrawan, M. R. (2019) ‘Analisis Kualitas Perangkat Lunak Senayan Library Management System Versi 8 Akasia sebagai Sistem Otomasi Perpustakaan’, Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 4(2), p. 89. doi:10.14710/lenpust.v4i2.21266
Jubaedah, Rohaeni, A. and Tati (2015) ‘Model Link and Match dengan Pendekatan Competency Based Training Pada Pembelajaran Tata Graha Di Sekolah Menengah Kejuruan’, (August), pp. 1–7
Kuswantoro, A. et al. (2018) ‘Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Modul Bagi Guru MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Administrasi Perkantoran Kabupaten Kudus’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran (SNPAP) 2018, pp. 257–264. Available at: https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/view/33066
Latief, H. A., Herlambang, A. D. and Afirianto, T. (2019) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan Kelas XII Jurusan TKJ SMKN 2 Malang dengan Model Pengembangan Four-D’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5), pp. 5096–5103
Masni, H. (2015) ‘Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa’, Dikdaya, 5(1), pp. 34–45
Naimah, K. (2019) ‘Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar PPKn Kelas V SD Gugus Mawar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara’, pp. 1–146
Paryanto, S. (2014) ‘Model Pembelajaran Competency Based Training (CBT) Berbasis Karakter Untuk Pembelajaran Praktik Kerja Mesin Di Sekolah Menengah Kejuruan’, pp. 281–293
Pemerintah Indonesia (2004) ‘Presiden Republik Indonesia Keputusan Presiden Republik Indonesia’, (2)
Prayoga, T. et al. (2016) ‘Teknik Penyusunan Modul Related papers langkah langkah pembuat an modul Harpaariht a Tarigan’, pp. 1–7
Purnama, S. J. and Pramudiani, P. (2021) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(4), pp. 2440–2448. doi:10.31004/basicedu.v5i4.1247
Purnawati (2011) ‘Peningkatan Kemampuan Melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi (Competency-Based Training) Sebagai Satu Proses Pengembangan Pendidikan Vokasi’, Jurnal Medtek, 3(2), pp. 1–13
Suharni, S. (2021) ‘Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), pp. 172–184. doi:10.31316/g.couns.v6i1.2198
Sumarno (2014) Competency Based Training (CBT) Meningkatkan Kompetensi Sumberdaya Manusia. Available at: http://ppmkp.bppsdmp.pertanian.go.id/competency-based-training-cbt-meningkatkan-kompetensi-sumberdaya-manusia/
Suranto (2009) ‘Competency Based Training Menyiapkan Mutu Lulusan Berbasis Skill’
Syah, R. H. (2020) ‘Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran’, SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). doi:10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Trinanda, J., Rukun, K. and Huda, A. (2020) ‘Pengembangan Modul Belajar Berbasis Competency Based Training (CBT) Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Jurusan Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan’, INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), pp. 53–60. doi:10.24036/invotek.v20i1.695
Tristono, T. and Dwi Nurhumam, S. (2013) ‘Rancang Bangun Jaringa Komputer dan Internet di Sekolah’, 14
Yanto, D. T. P. (2019) ‘Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik’, INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), pp. 75–82. doi:10.24036/invotek.v19i1.409
Yulia Aftiani, R., Khairinal, K. and Suratno, S. (2021) ‘Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh’, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), pp. 458–470. doi:10.38035/jmpis.v2i1.583
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.