Perancangan User Experience Aplikasi Mobile PACO (Panduan Coffee) Sebagai Portal Informasi Kopi menggunakan Pendekatan Human-Centered Design
Kata Kunci:
kualitas kopi, kopi hilir, seduhan kopi, usability, UEQAbstrak
Proses pembuatan minuman kopi menjadi salah satu penunjang membuat seduhan kopi yang enak. Saat ini para pelaku kopi hilir dimulai dari penyeduh hingga penikmat masih melakukan aktivitas pencarian kualitas tiap seduhan kopi dengan mendatangi satu persatu daerah dengan kualitas kopi masing-masing. Keterbatasan informasi komunitas penggemar kopi dan rekomendasi tempat dengan kualitas seduhan kopi terbaik juga dirasakan para pelaku kopi hilir. Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi sederhana dan mudah digunakan agar dapat menghubungkan antara stakeholder dan pengguna lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Human-Centered Design (HCD) dalam mengembangkan desain solusi berfokus pada perspektif manusia. Hasil evaluasi usability aspek efektivitas kontributor 100%, barista 94,19%, dan pengguna teregister 97,27%. Aspek efisiensi sebesar 0,123 goals/sec. Aspek kepuasan pengguna menggunakan System Usability Scale (SUS) mendapatkan rata-rata nilai SUS kontributor 90, barista, 84,5, dan pengguna teregister 89. Data kuantitatif tersebut masuk dalam grade A untuk ketiga jenis pengguna dan ketiganya termasuk dalam kategori acceptable. Hasil pengujian user experience menggunakan UEQ pada skala attractive 2.15, perspicuity 2.25, efficiency 1.98, dependability 2.07, stimulation 2.25, dan novelty 1.84 secara keseluruhan mendapatkan hasil excellent.
Referensi
Abdulah, D., Tasdik, K., Firdaus, D., Informasi, S., & Jabar, S. (2022). UI/UX Sistem Informasi Dari Perspektif Sosioteknologi. Jurnal Wahana Informatika, 1(1), 27–35. http://journal.stmikjabar.ac.id/index.php/i/article/view/7
Alfarisi, I., Susanto, J., Chotib, H. M., Dolly, F. I., . Y., & Handani, D. (2021). Hilirisasi Industri Kopi Berorientasi Pasar Cafe Kepada Masyarakat Petani Kopi Di Dusun Tuo Limbur Kabupaten Bungo. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66–71. https://doi.org/10.31334/jks.v3i2.1265
Aziza, R. F. A. (2021). Analisis Kebutuhan Pengguna Aplikasi Menggunakan User Persona Dan User Journey. Information System Journal, 3(2), 6–10. https://doi.org/10.24076/infosjournal.2020v3i2.420
Foedinatha, B., & Hartanto, D. D. (2022). Perancangan Aplikasi sebagai Wadah Penggemar Kopi di Indonesia. Nirmana, 21(1), 38–53. https://doi.org/10.9744/nirmana.21.1.38-53
Hartson, R., & Pyla, P. (2019). What Are UX and UX Design? The UX Book, 3–25. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-805342-3.00001-1
Jeff, S. (2018). 5 Ways to Interpret a SUS Score. https://measuringu.com/interpret-sus-score/
Mahmudan, A. (2022). Berapa Konsumsi Kopi Indonesia pada 2020/2021? https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021
Prawastiyo, C. A., & Hermawan, I. (2020). Pengembangan Front-End Website Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta dengan menggunakan Metode User Centered Design. Jurnal Teknologi Terpadu, 6(2), 89–95. https://doi.org/10.54914/jtt.v6i2.280
Processing, I. (2015). User experience p rototy ping – a literature review.
Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2014). Applying the user experience questionnaire (UEQ) in different evaluation scenarios. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 8517 LNCS(PART 1), 383–392. https://doi.org/10.1007/978-3-319-07668-3_37
Setyo Prayoga, R. A. (2022). Pemodelan proses bisnis coffee shop menggunakan business model canvas dan empathy map. Journal Industrial Servicess, 7(2), 308. https://doi.org/10.36055/jiss.v7i2.14419
Abdulah, D., Tasdik, K., Firdaus, D., Informasi, S., & Jabar, S. (2022). UI/UX Sistem Informasi Dari Perspektif Sosioteknologi. Jurnal Wahana Informatika, 1(1), 27–35. http://journal.stmikjabar.ac.id/index.php/i/article/view/7
Alfarisi, I., Susanto, J., Chotib, H. M., Dolly, F. I., . Y., & Handani, D. (2021). Hilirisasi Industri Kopi Berorientasi Pasar Cafe Kepada Masyarakat Petani Kopi Di Dusun Tuo Limbur Kabupaten Bungo. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66–71. https://doi.org/10.31334/jks.v3i2.1265
Aziza, R. F. A. (2021). Analisis Kebutuhan Pengguna Aplikasi Menggunakan User Persona Dan User Journey. Information System Journal, 3(2), 6–10. https://doi.org/10.24076/infosjournal.2020v3i2.420
Foedinatha, B., & Hartanto, D. D. (2022). Perancangan Aplikasi sebagai Wadah Penggemar Kopi di Indonesia. Nirmana, 21(1), 38–53. https://doi.org/10.9744/nirmana.21.1.38-53
Hartson, R., & Pyla, P. (2019). What Are UX and UX Design? The UX Book, 3–25. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-805342-3.00001-1
Jeff, S. (2018). 5 Ways to Interpret a SUS Score. https://measuringu.com/interpret-sus-score/
Mahmudan, A. (2022). Berapa Konsumsi Kopi Indonesia pada 2020/2021? https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021
Prawastiyo, C. A., & Hermawan, I. (2020). Pengembangan Front-End Website Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta dengan menggunakan Metode User Centered Design. Jurnal Teknologi Terpadu, 6(2), 89–95. https://doi.org/10.54914/jtt.v6i2.280
Processing, I. (2015). User experience p rototy ping – a literature review.
Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2014). Applying the user experience questionnaire (UEQ) in different evaluation scenarios. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 8517 LNCS(PART 1), 383–392. https://doi.org/10.1007/978-3-319-07668-3_37
Setyo Prayoga, R. A. (2022). Pemodelan proses bisnis coffee shop menggunakan business model canvas dan empathy map. Journal Industrial Servicess, 7(2), 308. https://doi.org/10.36055/jiss.v7i2.14419
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.