Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Perangkat Bergerak Lelang Aset Online menggunakan Metode User Centered Design (UCD) dan Metode Think Aloud (Studi Kasus: PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Regional Office Malang)

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Perangkat Bergerak Lelang Aset Online menggunakan Metode User Centered Design (UCD) dan Metode Think Aloud (Studi Kasus: PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Regional Office Malang)

Penulis

  • Hafizh Daffa Septianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Dwija Wisnu Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

lelang, aset agunan, user centered design, think aloud, usability testing, UEQ

Abstrak

Bank BRI Regional Office Malang berfokus pada keuangan dan menyediakan peminjaman kepada nasabahnya dengan syarat sebuah agunan. Agunan akan dilelang jika pinjaman tidak dibayarkan. Kantor pusat Bank BRI memiliki aplikasi penyedia informasi pelelangan aset agunan. Namun, penggunaan aplikasi masih memiliki beberapa kekurangan seperti, detail aset kurang spesifik, kurangnya pengenalan jenis pelelangan, tidak terdapat proses pendaftaran lelang, dan jadwal pelelangan sulit ditemukan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan perancangan pengalaman pengguna aplikasi pelelangan aset online menggunakan metode user centered design. Hasil akhir dari perancangan ini berupa prototype aplikasi dalam bentuk mockup. Untuk validasi, dilakukan pengujian think aloud terhadap prototype. Hasil evaluasi yang dilakukan bersama 14 responden menemukan 24 permasalahan dan 24 rekomendasi perbaikan yang dirancang menjadi desain perbaikan. Desain perbaikan kembali dievaluasi bersama responden dan dinyatakan desain perbaikan berhasil menyelesaikan permasalahan. Lalu dilakukan pengujian usability dan user experience questionnaire (UEQ). Pengujian usability menghasilkan nilai aspek efektivitas sebesar 100%, aspek efisiensi 0,131 goals/second, dan aspek kepuasan 91,6 yang masuk ke kategori acceptable dengan grade A dan peringkat excellent. Pada UEQ diperoleh nilai skala daya tarik sebesar 2,19, skala kejelasan 2,14, skala efisiensi 2,07, skala ketepatan 2,00, skala stimulasi 2,04, dan skala kebaruan 2,11 dengan nilai semua aspek excellent.

Referensi

Adityo, A.F.A., 2022. Evaluasi Dan Perbaikan Pengguna Fitur Bukalive Pada Aplikasi Mobile Bukalapak Menggunakan Metode Think Aloud Dan Heuristic Evaluation. Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya

Aufa, A., 2020. Agunan Adalah Sebagai Aset Penting Bagi Pelaku Pinjaman. [online] jojonomic.com. Available at: https://www.jojonomic.com/blog/agunan-adalah/ [Accessed 29 September 2022]

Center, I., 2020. Laporan Survei Internet APJII 2019 - 2020. [online] apjii.or.id. Available at: https://apjii.or.id/survei [Accessed 29 September 2022]

Charisa, F., 2022. Perancangan User Interface dan Experience Aplikasi Skripsiku dengan Fitur Auto Layout. Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Universal

Interaction Design Foundation, 2022. User Centered Design. [online] interaction-design.org. Available at: https://www.interaction-design.org/literature/topics/user-centered-design [Accessed 25 July 2022]

Jokela, T., Iivari, N., Matero, J. & Karukka, M., 2003. The standard of user-centered design and the standard definition of usability: Analyzing ISO 13407 against ISO 9241-11. ACM International Conference Proceeding Series, 46(January), pp.53–60.

Laugwitz, B., Held, T. & Schrepp, M., 2008. Construction and Evaluation of a User Experience Questionnaire. Construction and evaluation of a user experience questionnaire, pp.63–76. https://doi.org/10.1007/978-3-540-89350-9_6

Maulana, R.T., 2020. Perancangan User Interface User Experience Dengan Metode User Centered Design Pada Aplikasi Mobile Auctentik. [online] Informatics Engineering. Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Available at: https://dspace.uii.ac.id/123456789/28891

Mifsud, J., 2015. Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System. [online] usabilitygeek.com. Available at: https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/ [Accessed 25 July 2022]

Nielsen, J., 2012. Thinking Aloud: The #1 Usability Tool. [online] nngroup.com. Available at: https://www.nngroup.com/articles/thinking-aloud-the-1-usability-tool/ [Accessed 25 July 2022]

Novilda, A.K., Tolle, H. & Rokhmawati, R.I., 2021. Perancangan Desain Interaksi Modul Informasi Kuliner Pada Aplikasi Malang Directory Dengan Metode Think Aloud. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), pp.1243–1249

Rianto, D.I., Effendy, V. & Junaedi, D., 2022. Perancangan User Interface Pada Aplikasi Edukasi Identifikasi Hoaks Untuk Remaja Penyandang Tunanetra Dengan Metode User Centered Design. eProceedings of Engineering, 9(3), pp.2052–2064

Santoso, H., Schrepp, M., Kartono Isal, R.Y., Yudha Utom, A. & Priyogi, B., 2016. Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment. The Journal of Educators Online, 13(1), pp.58–79. https://doi.org/10.9743/jeo.2016.1.5

Susilo, E., Wijaya, F.D. & Hartanto, R., 2018. Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 7(2), pp.150–157. https://doi.org/10.22146/jnteti.v7i2.416

Sya’roni, M.I., Kharisma, A.P. & Amalia, F., 2018. Perbandingan Hasil Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dengan Think Aloud pada Kasus Web FILKOM APPS untuk Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Kompuer, 2(2), pp.674–678

Unduhan

Diterbitkan

10 Jul 2023

Cara Mengutip

Septianto, H. D., Kharisma, A. P., & Brata, D. W. (2023). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Perangkat Bergerak Lelang Aset Online menggunakan Metode User Centered Design (UCD) dan Metode Think Aloud (Studi Kasus: PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Regional Office Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1777–1786. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12576

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...