Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Perangkat Bergerak Lelang Aset Online menggunakan Metode User Centered Design (UCD) dan Metode Think Aloud (Studi Kasus: PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Regional Office Malang)
Kata Kunci:
lelang, aset agunan, user centered design, think aloud, usability testing, UEQAbstrak
Bank BRI Regional Office Malang berfokus pada keuangan dan menyediakan peminjaman kepada nasabahnya dengan syarat sebuah agunan. Agunan akan dilelang jika pinjaman tidak dibayarkan. Kantor pusat Bank BRI memiliki aplikasi penyedia informasi pelelangan aset agunan. Namun, penggunaan aplikasi masih memiliki beberapa kekurangan seperti, detail aset kurang spesifik, kurangnya pengenalan jenis pelelangan, tidak terdapat proses pendaftaran lelang, dan jadwal pelelangan sulit ditemukan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan perancangan pengalaman pengguna aplikasi pelelangan aset online menggunakan metode user centered design. Hasil akhir dari perancangan ini berupa prototype aplikasi dalam bentuk mockup. Untuk validasi, dilakukan pengujian think aloud terhadap prototype. Hasil evaluasi yang dilakukan bersama 14 responden menemukan 24 permasalahan dan 24 rekomendasi perbaikan yang dirancang menjadi desain perbaikan. Desain perbaikan kembali dievaluasi bersama responden dan dinyatakan desain perbaikan berhasil menyelesaikan permasalahan. Lalu dilakukan pengujian usability dan user experience questionnaire (UEQ). Pengujian usability menghasilkan nilai aspek efektivitas sebesar 100%, aspek efisiensi 0,131 goals/second, dan aspek kepuasan 91,6 yang masuk ke kategori acceptable dengan grade A dan peringkat excellent. Pada UEQ diperoleh nilai skala daya tarik sebesar 2,19, skala kejelasan 2,14, skala efisiensi 2,07, skala ketepatan 2,00, skala stimulasi 2,04, dan skala kebaruan 2,11 dengan nilai semua aspek excellent.
Referensi
Adityo, A.F.A., 2022. Evaluasi Dan Perbaikan Pengguna Fitur Bukalive Pada Aplikasi Mobile Bukalapak Menggunakan Metode Think Aloud Dan Heuristic Evaluation. Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
Aufa, A., 2020. Agunan Adalah Sebagai Aset Penting Bagi Pelaku Pinjaman. [online] jojonomic.com. Available at: https://www.jojonomic.com/blog/agunan-adalah/ [Accessed 29 September 2022]
Center, I., 2020. Laporan Survei Internet APJII 2019 - 2020. [online] apjii.or.id. Available at: https://apjii.or.id/survei [Accessed 29 September 2022]
Charisa, F., 2022. Perancangan User Interface dan Experience Aplikasi Skripsiku dengan Fitur Auto Layout. Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Universal
Interaction Design Foundation, 2022. User Centered Design. [online] interaction-design.org. Available at: https://www.interaction-design.org/literature/topics/user-centered-design [Accessed 25 July 2022]
Jokela, T., Iivari, N., Matero, J. & Karukka, M., 2003. The standard of user-centered design and the standard definition of usability: Analyzing ISO 13407 against ISO 9241-11. ACM International Conference Proceeding Series, 46(January), pp.53–60.
Laugwitz, B., Held, T. & Schrepp, M., 2008. Construction and Evaluation of a User Experience Questionnaire. Construction and evaluation of a user experience questionnaire, pp.63–76. https://doi.org/10.1007/978-3-540-89350-9_6
Maulana, R.T., 2020. Perancangan User Interface User Experience Dengan Metode User Centered Design Pada Aplikasi Mobile Auctentik. [online] Informatics Engineering. Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Available at: https://dspace.uii.ac.id/123456789/28891
Mifsud, J., 2015. Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System. [online] usabilitygeek.com. Available at: https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/ [Accessed 25 July 2022]
Nielsen, J., 2012. Thinking Aloud: The #1 Usability Tool. [online] nngroup.com. Available at: https://www.nngroup.com/articles/thinking-aloud-the-1-usability-tool/ [Accessed 25 July 2022]
Novilda, A.K., Tolle, H. & Rokhmawati, R.I., 2021. Perancangan Desain Interaksi Modul Informasi Kuliner Pada Aplikasi Malang Directory Dengan Metode Think Aloud. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), pp.1243–1249
Rianto, D.I., Effendy, V. & Junaedi, D., 2022. Perancangan User Interface Pada Aplikasi Edukasi Identifikasi Hoaks Untuk Remaja Penyandang Tunanetra Dengan Metode User Centered Design. eProceedings of Engineering, 9(3), pp.2052–2064
Santoso, H., Schrepp, M., Kartono Isal, R.Y., Yudha Utom, A. & Priyogi, B., 2016. Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment. The Journal of Educators Online, 13(1), pp.58–79. https://doi.org/10.9743/jeo.2016.1.5
Susilo, E., Wijaya, F.D. & Hartanto, R., 2018. Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 7(2), pp.150–157. https://doi.org/10.22146/jnteti.v7i2.416
Sya’roni, M.I., Kharisma, A.P. & Amalia, F., 2018. Perbandingan Hasil Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dengan Think Aloud pada Kasus Web FILKOM APPS untuk Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Kompuer, 2(2), pp.674–678
Adityo, A.F.A., 2022. Evaluasi Dan Perbaikan Pengguna Fitur Bukalive Pada Aplikasi Mobile Bukalapak Menggunakan Metode Think Aloud Dan Heuristic Evaluation. Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
Aufa, A., 2020. Agunan Adalah Sebagai Aset Penting Bagi Pelaku Pinjaman. [online] jojonomic.com. Available at: https://www.jojonomic.com/blog/agunan-adalah/ [Accessed 29 September 2022]
Center, I., 2020. Laporan Survei Internet APJII 2019 - 2020. [online] apjii.or.id. Available at: https://apjii.or.id/survei [Accessed 29 September 2022]
Charisa, F., 2022. Perancangan User Interface dan Experience Aplikasi Skripsiku dengan Fitur Auto Layout. Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Universal
Interaction Design Foundation, 2022. User Centered Design. [online] interaction-design.org. Available at: https://www.interaction-design.org/literature/topics/user-centered-design [Accessed 25 July 2022]
Jokela, T., Iivari, N., Matero, J. & Karukka, M., 2003. The standard of user-centered design and the standard definition of usability: Analyzing ISO 13407 against ISO 9241-11. ACM International Conference Proceeding Series, 46(January), pp.53–60.
Laugwitz, B., Held, T. & Schrepp, M., 2008. Construction and Evaluation of a User Experience Questionnaire. Construction and evaluation of a user experience questionnaire, pp.63–76. https://doi.org/10.1007/978-3-540-89350-9_6
Maulana, R.T., 2020. Perancangan User Interface User Experience Dengan Metode User Centered Design Pada Aplikasi Mobile Auctentik. [online] Informatics Engineering. Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Available at: https://dspace.uii.ac.id/123456789/28891
Mifsud, J., 2015. Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System. [online] usabilitygeek.com. Available at: https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/ [Accessed 25 July 2022]
Nielsen, J., 2012. Thinking Aloud: The #1 Usability Tool. [online] nngroup.com. Available at: https://www.nngroup.com/articles/thinking-aloud-the-1-usability-tool/ [Accessed 25 July 2022]
Novilda, A.K., Tolle, H. & Rokhmawati, R.I., 2021. Perancangan Desain Interaksi Modul Informasi Kuliner Pada Aplikasi Malang Directory Dengan Metode Think Aloud. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), pp.1243–1249
Rianto, D.I., Effendy, V. & Junaedi, D., 2022. Perancangan User Interface Pada Aplikasi Edukasi Identifikasi Hoaks Untuk Remaja Penyandang Tunanetra Dengan Metode User Centered Design. eProceedings of Engineering, 9(3), pp.2052–2064
Santoso, H., Schrepp, M., Kartono Isal, R.Y., Yudha Utom, A. & Priyogi, B., 2016. Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment. The Journal of Educators Online, 13(1), pp.58–79. https://doi.org/10.9743/jeo.2016.1.5
Susilo, E., Wijaya, F.D. & Hartanto, R., 2018. Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 7(2), pp.150–157. https://doi.org/10.22146/jnteti.v7i2.416
Sya’roni, M.I., Kharisma, A.P. & Amalia, F., 2018. Perbandingan Hasil Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dengan Think Aloud pada Kasus Web FILKOM APPS untuk Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Kompuer, 2(2), pp.674–678
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.