Perancangan Proses Bisnis dan Analisis Spesifikasi Persyaratan Sistem Informasi Pemesanan Layanan: Kasus CV Usaha Berkah Abadi

Perancangan Proses Bisnis dan Analisis Spesifikasi Persyaratan Sistem Informasi Pemesanan Layanan: Kasus CV Usaha Berkah Abadi

Penulis

  • Ferdiansyah Dicky Prayoga Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

RUP, business process modelling notation (BPMN), business process improvement (BPI), traceability, pengujian prototipe

Abstrak

CV Usaha Berkah Abadi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia layanan jasa instalasi dan pemeliharaan belt conveyor. Berdasarkan hasil observasi ditemukan permasalahan bahwa kegiatan pemesanan layanan masih bersifat konvensional menggunakan telepon dan dibantu oleh aplikasi Microsoft Office sebagai media penyimpanan data. Proses pemesanan layanan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya telepon yang cukup besar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan analisis dan perancangan proses bisnis dan penyusunan spesifikasi persyaratan sistem pemesanan layanan agar kegiatan pemesanan layanan bisa lebih cepat, lebih hemat, serta meminimalisasi terjadinya kesalahan dalam kegiatan operasional perusahaan. Perancangan proses bisnis dan analisis spesifikasi persyaratan sistem dalam penelitian ini dilakukan dengan menerapkan sudut pandang pada tahap inception dari Rational Unified Process (RUP). Proses bisnis perusahaan saat ini dianalisis dan diperbaiki menggunakan metode Business Process Improvement (BPI). Penelitian dilanjutkan dengan melakukan analisis persyaratan. Hasil spesifikasi persyaratan kemudian diolah ke dalam rancangan prototipe sistem. Rancangan prototipe tersebut selanjutnya dievaluasi dengan metode traceability dan pengujian prototipe. Hasil evaluasi dengan traceability menunjukkan bahwa setiap persyaratan fungsional dapat dilacak mulai dari kesesuaian terhadap fitur sampai dengan perancangan prototipe. Sedangkan pengujian prototipe telah berhasil diselesaikan oleh pengguna dan hasil perancangan prototipe sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Referensi

Bittner, K. & Spence, I., 2002. Use Case Modelling. s.I: Addison Wesley

Harrington, H.J., 1991. Business Process Improvement: The Breakthrough Strategy for Total Quality, Productivity, and Competitiveness. USA: McGraw-Hill, Inc

Nistala, P. & Kumari, P., 2013. Establishing Content Traceability for Software Applications. IEEE, 68-71

Pressman, R., 2010. Software Engineering a Practitioner’s Approach (7th ed.). New York: McGraw-Hill Higher Education

Weske, M., 2007. Business Process Management Concept, Languages, Architectures. New York: Springer

Unduhan

Diterbitkan

10 Jul 2023

Cara Mengutip

Prayoga, F. D., & Aknuranda, I. (2023). Perancangan Proses Bisnis dan Analisis Spesifikasi Persyaratan Sistem Informasi Pemesanan Layanan: Kasus CV Usaha Berkah Abadi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1750–1757. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12581

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...