Evaluasi dan Perbaikan User Experience Aplikasi Mobile CAT BKD Provinsi Jawa Timur menggunakan Heuristic Evaluation & Usability Testing

Evaluasi dan Perbaikan User Experience Aplikasi Mobile CAT BKD Provinsi Jawa Timur menggunakan Heuristic Evaluation & Usability Testing

Penulis

  • Muhamad Lutfi Amirulloh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Eriq Muhammad Adams Jonemaro Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

aplikasi mobile, evaluasi usability, heuristic evaluation, usability testing

Abstrak

Aplikasi mobile CAT BKD Jatim merupakan layanan publik yang dikembangkan BKD Jatim pada tahun 2019 dengan tujuan memfasilitasi calon peserta agar lebih siap dalam menghadapi tes. Aplikasi tersebut dibuat semirip mungkin dengan pelaksanaan tes CPNS yang sebenarnya, namun karena masih tergolong baru tampaknya masih ada beberapa kekurangan yang ada pada aplikasi tersebut. Sebagai contoh pengguna masih ada yang tidak bisa login, tidak adanya fitur lupa password, tidak ada evaluasi hasil jawaban, tidak ada fitur edit profile, dll. Munculnya beberapa permasalahan terkait aplikasi tersebut, tampaknya perlu adanya evaluasi dan perbaikan User Experience aplikasi CAT BKD Jatim supaya dapat mudah digunakan oleh pengguna. Penelitian ini menggunakan 2 metode evaluasi yaitu heuristic evaluation dan usability testing. Heuristic evaluation digunakan untuk menggai permasalahan berdasarkan 4 evaluator expert. Pada proses evaluasi heuristik menghasilkan permasalahan sebanyak 22 yang terdiri dari 16 permasalahan antarmuka dan 6 permasalahan fungsiona. Setelah melakukan evaluasi heuristik, selanjutnya dilakukan evaluasi dengan metode usability testing yang terdiri dari 3 aspek yaitu effectiveness, efficiency dan satisfaction. Evaluasi usability testing dilakukan 2 kai yaitu pada desain lama dan desain baru. Adapun peningkatan pada aspek effectiveness sebesar 61.7%, aspek efficiency sebesar 32%, dan peningkatan pada aspek satisfaction dari poor (51,5) menjadi excellent (81,5).

Referensi

Alathas, H., 2018. Bagaimana Mengukur Kebergunaan Produk dengan System Usability Scale (SUS) Score. [online] Tersedia di: <https://medium.com/kelasux/bagaimana-mengukur-kebergunaan-produk-dengan-system-usability-scale-sus-score-2d6843ca780a>. [Diakses 21 Agustus 2022]. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 1(10), pp. 989-999.

Monroy, J.A, 2015. Study on heuristic usability evaluation for mobile applications. PhD. Universidad Politécnica de Madrid.

Kompas.com, 2021. Cek Formasi CPNS dan PPPK 2021 Pemprov Jatim yang Masih Sepi Peminat. [online] Tersedia di: <https://money.kompas.com/read/2021/07/13/125438126/cek-formasi-cpns-dan-pppk-2021-pemprov-jatim-yang-masih-sepi-peminat?page=all> [Diakses 21 Agustus 2022].

KumparanNEWS, 2021. Tjahjo: Minat Generasi Muda Jadi PNS Tinggi, Capai 4,3 Juta Tiap Tahun. [online] Tersedia di: <https://kumparan.com/kumparannews/tjahjo-minat-generasi-muda-jadi-pns-tinggi-capai-4-3-juta-tiap-tahun-1vZqhJbyskP> [Diakses 22 Agustus 2022].

Lewis, J. R., & Sauro, J., 2018. Item benchmarks for the system usability scale. Journal of Usability Studies, 13(3).

Nielsen, J., 1995. How to conduct a heuristic evaluation. [online] Nielsen Norman Group. Tersedia di: < https://www.nngroup.com/articles/how-to-conduct-a-heuristic-evaluation/> [Diakses 26 Algustus 2022].

Nielsen, J., 2012. Why You Only Need to Test with 5 Users. [online] Nielsen Norman Group. Tersedia di: Retrieved August 8, 2022, from nngroup.com website: https://www.nngroup.com/articles/how-many-test-users/> [Diakses 26 Algustus 2022].

Sulistyaningrum, D., Tolle, H. & Rokhmawati, R.I., 2019. Evaluasi dan Perbaikan User Experience Pada Aplikasi Mobile UB TV Dengan Metode Heuristic Evaluation dan Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, p.964X.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Wiryawan, M.B., 2011. User Experience (UX) sebagai bagian dari pemikiran desain dalam pendidikan tinggi desain komunikasi visual. Humaniora, 2(2), pp.1158-1166.

Primasari, AR., Tolle, H. & Az-Zahra, H.M., 2019. Evaluasi Dan Perbaikan User Experience Pada Aplikasi Mobile Muslimnesia Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (UEQ): Studi Kasus Pada PT. DOT INDONESIA. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, p.964X.

Unduhan

Diterbitkan

10 Jul 2023

Cara Mengutip

Amirulloh, M. L., Jonemaro, E. M. A., & Afirianto, T. (2023). Evaluasi dan Perbaikan User Experience Aplikasi Mobile CAT BKD Provinsi Jawa Timur menggunakan Heuristic Evaluation & Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1767–1776. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12585

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...