Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Pembelian Bahan Makanan berbasis Android (Studi Kasus: Bahanbaku)

Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Pembelian Bahan Makanan berbasis Android (Studi Kasus: Bahanbaku)

Penulis

  • Rigel Vibi Ramadhan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Welly Purnomo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hariz Farisi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

E-commerce, perangkat lunak, aplikasi, Android, Waterfall, SUS, EUCS

Abstrak

Kemajuan teknologi telah memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk dalam pembelian bahan makanan untuk memasak. Saat ini, terdapat banyak e-commerce yang memfasilitasi jual beli bahan makanan. Namun, sebagian orang yang gemar memasak masih lebih memilih untuk membeli bahan secara langsung di toko. Hal ini dikarenakan harga yang lebih terjangkau dan tidak adanya ketergantungan pada waktu pengiriman. BahanbaKu bertujuan untuk mengatasi kendala tersebut dengan mengembangkan sebuah aplikasi Android yang memungkinkan pembelian bahan secara online sesuai dengan porsi yang diinginkan. Model pembelian ini didasarkan pada fakta bahwa Indonesia merupakan negara penghasil limbah rumah tangga terbesar di Asia Tenggara. Limbah rumah tangga ini seringkali disebabkan oleh pembelian makanan atau bahan masakan yang berlebihan, pengolahan yang tidak benar, dan kebiasaan membiarkan makanan sampai basi. Melalui aplikasi yang dikembangkan oleh BahanbaKu, diharapkan orang-orang dapat dengan nyaman membeli bahan makanan secara online dan pada akhirnya mengurangi limbah rumah tangga. Proses pengembangan aplikasi BahanbaKu dilakukan menggunakan metode SDLC (Software Development Life Cycle) Waterfall. Hasil pengembangan aplikasi dipublikasikan ke dalam Google Play Store dengan tahapan public testing atau early access. Hasil pengujian aplikasi dilakukan menggunakan System Usability Scale dan End-User Computing Satisfaction untuk mengukur tingkat kegunaan aplikasi dan kepuasan pengguna. Aplikasi BahanbaKu mendapatkan hasil tingkat usability dengan predikat “best imaginable” dengan skor rata-rata 86,1. Hasil analisis kepuasan pengguna menggunakan EUCS mendapatkan hasil rata-rata 4,06. Pengguna puas dengan aplikasi BahanbaKu, namun sisi konten dan akurasi perlu ditingkatkan lagi.

Referensi

Daniel, G., Osmond, A. B., & Ansori, A. S. R. (2020). Vegetable Traders Application for Ordering Food Material Subsystem Android Application for Buyers. E-Proceeding of Engineering, 7(1), 1410–1416.

Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly: Management Information Systems, 12(2), 259–273. https://doi.org/10.2307/248851

Kusnandar, V. B. (2022, September 6). Berapa Pengeluaran Warga RI untuk Belanja Makanan Tiap Bulan? Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/06/berapa-pengeluaran-warga-ri-untuk-belanja-makanan-tiap-bulan

Novita, D., & Helena, F. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS) Analysis Of User Satisfaction Of The Traveloka Application Using The Technology Acceptance Model (TAM) And The En. Jtsi, 2(1), 22–37.

Nusifera, A. N., Najib, M., & Kirbrandoko, K. (2020). Factor affecting user satisfaction in agricultural e-commerce applications: Facing the new normal. Journal of Innovation in Business and Economics, 4(02), 49–60. https://doi.org/10.22219/jibe.v4i02.12954

Pahlevi, R. (2022, August 24). Survei: Warga RI Lebih Suka Belanja Bahan Makanan di Toko Fisik. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/24/survei-warga-ri-lebih-suka-belanja-bahan-makanan-di-toko-fisik

Pusparisa, Y. (2021, March 8). Indonesia, Produsen Terbesar Limbah Makanan Rumah Tangga di Asia Tenggara. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/03/08/indonesia-produsen-terbesar-limbah-makanan-rumah-tangga-di-asia-tenggara

Putri, Z. A. (2021, November 16). Problematika Food Waste Menjadi Malapetaka – BEM FTP UGM. BEM FTP UGM. https://bem.tp.ugm.ac.id/problematika-food-waste-menjadi-malapetaka/

Sauro, J. (2011, February). Measuring Usability with the System Usability Scale (SUS) – MeasuringU. https://measuringu.com/sus/

Sharfina, Z., & Santoso, H. B. (2016). An Indonesian Adaptation of the System Usability Scale ( SUS ). International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), 145–148.

Unduhan

Diterbitkan

10 Jul 2023

Cara Mengutip

Ramadhan, R. V., Purnomo, W., & Farisi, H. (2023). Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Pembelian Bahan Makanan berbasis Android (Studi Kasus: Bahanbaku). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1787–1796. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12591

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...