Perancangan User Interface (UI) Sistem Informasi Inventaris Barang Sekolah berbasis Web menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus: SMKN 2 Blitar)
Kata Kunci:
inventaris barang, User Interface (UI), Human Centered Design (HCD), Heuristic Evaluation (HE)Abstrak
Inventaris barang merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengelola data barang dan informasi barang dimulai pada saat institusi menerima barang dari pihak pertama. Pada kondisi saat ini, sekolah melakukan kegiatan inventaris barang melalui dokumen pencatatan barang yang dilaksanakan secara teratur. SMKN 2 Blitar menggunakan website dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam menjalankan kegiatan inventaris barang. Website ini memiliki keterbatasan dalam pengaksesan fitur-fiturnya yaitu hanya pengurus barang saja yang dapat melakukan pengelolaan barang. Warga sekolah seperti guru dan murid memiliki suatu kebutuhan baru agar dapat mengakses sistem inventaris yang ada di sekolah, kebutuhan tersebut yaitu untuk dapat melakukan permintaan barang maupun pengelolaan inventaris secara tersistem. SMKN 2 Blitar belum memiliki media atau sistem informasi yang membuat pengelolaan inventaris lebih mudah dilakukan. Pembuatan sistem informasi inventaris harus mempertimbangkan desain user interface. Pada penelitian ini, metode Human Centered Design (HCD) digunakan dalam merancang antarmuka pengguna yang memenuhi semua kebutuhan pengguna. Hasil desain solusi dievaluasi oleh evaluator menggunakan Heuristic Evaluation (HE). Desain solusi antarmuka pengguna yang akan dibuat memperoleh 3 tampilan desain berdasarkan peran pengguna yaitu admin, pengurus dan pengguna sistem informasi inventaris barang sekolah. Hasil dari penelitian memperoleh sebanyak 7 permasalahan.
Referensi
ISO 9241-210. (2010). INTERNATIONAL STANDARD, 2010.
Moran, K. (2019). Usability Testing 101. Retrieved March 3, 2022, from https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/
Mulyanto, Y., & Ramdani, F. (2019). Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang Di Smk Negeri 1 Plampang Berbasis Web. Jurnal Informatika, Teknologi dan Sains, 1(2), 133–142.
Nahampun, R. (2020). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS SEKOLAH BERBASIS WEB (Studi Kasus: SMK Bopkri 2 Yogyakarta), 1–10.
Nielsen, J. (1994). How to Conduct a Heuristic Evaluation. Retrieved April 20, 2022, from https://www.nngroup.com/articles/how-to-conduct-a-heuristic-evaluation/
Nurkholis, A., Susanto, E. R., & Wijaya, S. (2021). Penerapan Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 5(1), 124–134.
Parcell, J. (2013). Functionality and Usability Testing Resources – Digital.gov. Retrieved September 19, 2021, from https://digital.gov/2013/05/25/functionality-and-usability-testing-resources/
ISO 9241-210. (2010). INTERNATIONAL STANDARD, 2010.
Moran, K. (2019). Usability Testing 101. Retrieved March 3, 2022, from https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/
Mulyanto, Y., & Ramdani, F. (2019). Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang Di Smk Negeri 1 Plampang Berbasis Web. Jurnal Informatika, Teknologi dan Sains, 1(2), 133–142.
Nahampun, R. (2020). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARIS SEKOLAH BERBASIS WEB (Studi Kasus: SMK Bopkri 2 Yogyakarta), 1–10.
Nielsen, J. (1994). How to Conduct a Heuristic Evaluation. Retrieved April 20, 2022, from https://www.nngroup.com/articles/how-to-conduct-a-heuristic-evaluation/
Nurkholis, A., Susanto, E. R., & Wijaya, S. (2021). Penerapan Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 5(1), 124–134.
Parcell, J. (2013). Functionality and Usability Testing Resources – Digital.gov. Retrieved September 19, 2021, from https://digital.gov/2013/05/25/functionality-and-usability-testing-resources/
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.