Perancangan Platformer Game Digital dengan Tema Sejarah Kedatangan Belanda di Indonesia menggunakan Mechanics Dynamics Aesthetics Framework
Kata Kunci:
platformer game, penjajahan Belanda, 7 steps for designing serious games, MDA FrameworkAbstrak
Video games atau digital games merupakan sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk hiburan di waktu luang, tetapi gim juga memiliki kegunaan di bidang edukasi dimana telah banyak gim dengan tema edukasi di berbagai genre gim. Salah satu genre gim adalah platformer game, dimana objektif gim adalah menggerakkan karakter pada suatu environment dan melompat dari suatu platform ke platform lain. Penjajahan Belanda di Indonesia berlangsung selama kurang lebih 350 tahun sehingga mempelajarinya secara langsung dapat terasa membosankan, banyak juga yang tidak mengetahui bahwa Cornelis de Houtman dibunuh oleh pahlawan Indonesia Keumalahayati. Perancangan gim akan dibuat menggunakan metode 7 steps for designing serious games dimana metode ini merupakan metode yang sering digunakan untuk merancang gim, serious games berarti gim yang memiliki tema serius, sehingga metode ini memungkinkan desain gim dapat memiliki elemen serius yakni pendidikan sejarah, serta menggunakan Mechanics Dynamics dan Aesthetics framework atau MDA framework, yakni framework yang sering digunakan untuk menganalisa gim. Hasil penelitian akan menunjukkan bahwa rancangan gim dapat membantu mempelajari sejarah kedatangan Belanda di Indonesia.
Referensi
Alauddin, M., Afirianto, T., & Akbar, M.A., 2018. Perancangan Gim Simulasi Perakitan Komputer menggunakan Metode 7 Steps For Designing Serious Games. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 5, No. 8, P. 3272-3278, Agu, 2021.
Aman, 2013. Indonesia: Dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme. Yogyakarta: Pujangga Press. Tersedia di : UNY (Universitas Negeri Yogyakarta).
Amr, K., 2012. Learning Through Games: Essential Features Of An Educational Game. Syracuse University.
Cicero, M.T., 55 SM. Oratory and Orators. Diterjemahkan dari Bahasa Latin oleh Watson J.S., 1884. London: George Bell And Sons.
Hunicke, R., Leblanc, M., & Zubek, R., 2004. MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research. Game Developers Conference, San Jose. 2001-2004.
Iqbal, M., Machbub, C., & Prihatmanto, A.S., 2015. Educational Game Design Using The 7 Steps for Designing Serious Games Method (Case Study: Mathematical Subject on Comparison and Scale Material for 7th Grade Junior High School). 2015 4th International Conference on Interactive Digital Media (ICIDM), December 1-5, 2015.
Kepustakaan Kongres Wanita Indonesia. 2021. Keumalahayati.
Kuntowijoyo, 2011. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.
Miller, C.T., ed., 2009. Games: Purpose and Potential in Education. Springer.
Moreno-Ger, P., Torrente, J., Hsieh, Y.G., Laster, W.T., 2012. Usability Testing for Serious Games: Making Informed Design Decisions with User Data. Advances in Human-Computer Interaction Vol. 2021.
Pemerintah Pusat. 2022. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Badan Pemeriksa Keuangan.
Prayoga, D., Rusdiana, R., & Yedithia, F. 2022. Pengembangan Game 2d Platformer “Virus Must Die” Berbasis Android Menggunakan Unity. Jurnal Saintekom, Vol. 12, No. 2, P. 200-209, Sep, 2022.
Putra, M.R.P., Jonemaro, E.M.A., & Arwani, I., 2017. Penerapan Mechanics Dynamics Aesthetics Framework Pada Game Pengenalan Wisata Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 5, P. 2086-2091, Sep, 2017.
Schell, J., 2015. The Art of Game Design: A Book of Lenses. 2nd Edition. Pittsburgh: CRC Press. Tersedia di: IUMS (Iran University of Medical Science).
Septiko, W.A., Akbar, M.A., & Afirianto, T. 2018. Pengembangan Game Edukasi Platformer Kisah Gajah Mada Menyatukan Nusantara Menggunakan Metode Iterative With Rapid Prototyping. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 12, P. 5983-5989, Agu, 2018.
Wardhono, W.S., Arwani, I., & Napitu, M.I.C.S. 2017. Gameplay Development of “Power Egg” As Interactive Learning Media of Arithmetic and Motoric Exercises for Elementary School Students. Innovation of Vocational Technology Education, Vol. 13, No. 2, 2017.
Yun, Z.Y.T, Wahid, N., Murli, N., Hamid, R.A., 2017. 2D Platform-based Game of Arithmetic Game-based Learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1049 012080, 2018.
Alauddin, M., Afirianto, T., & Akbar, M.A., 2018. Perancangan Gim Simulasi Perakitan Komputer menggunakan Metode 7 Steps For Designing Serious Games. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 5, No. 8, P. 3272-3278, Agu, 2021.
Aman, 2013. Indonesia: Dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme. Yogyakarta: Pujangga Press. Tersedia di : UNY (Universitas Negeri Yogyakarta).
Amr, K., 2012. Learning Through Games: Essential Features Of An Educational Game. Syracuse University.
Cicero, M.T., 55 SM. Oratory and Orators. Diterjemahkan dari Bahasa Latin oleh Watson J.S., 1884. London: George Bell And Sons.
Hunicke, R., Leblanc, M., & Zubek, R., 2004. MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research. Game Developers Conference, San Jose. 2001-2004.
Iqbal, M., Machbub, C., & Prihatmanto, A.S., 2015. Educational Game Design Using The 7 Steps for Designing Serious Games Method (Case Study: Mathematical Subject on Comparison and Scale Material for 7th Grade Junior High School). 2015 4th International Conference on Interactive Digital Media (ICIDM), December 1-5, 2015.
Kepustakaan Kongres Wanita Indonesia. 2021. Keumalahayati.
Kuntowijoyo, 2011. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.
Miller, C.T., ed., 2009. Games: Purpose and Potential in Education. Springer.
Moreno-Ger, P., Torrente, J., Hsieh, Y.G., Laster, W.T., 2012. Usability Testing for Serious Games: Making Informed Design Decisions with User Data. Advances in Human-Computer Interaction Vol. 2021.
Pemerintah Pusat. 2022. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Badan Pemeriksa Keuangan.
Prayoga, D., Rusdiana, R., & Yedithia, F. 2022. Pengembangan Game 2d Platformer “Virus Must Die” Berbasis Android Menggunakan Unity. Jurnal Saintekom, Vol. 12, No. 2, P. 200-209, Sep, 2022.
Putra, M.R.P., Jonemaro, E.M.A., & Arwani, I., 2017. Penerapan Mechanics Dynamics Aesthetics Framework Pada Game Pengenalan Wisata Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 5, P. 2086-2091, Sep, 2017.
Schell, J., 2015. The Art of Game Design: A Book of Lenses. 2nd Edition. Pittsburgh: CRC Press. Tersedia di: IUMS (Iran University of Medical Science).
Septiko, W.A., Akbar, M.A., & Afirianto, T. 2018. Pengembangan Game Edukasi Platformer Kisah Gajah Mada Menyatukan Nusantara Menggunakan Metode Iterative With Rapid Prototyping. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 12, P. 5983-5989, Agu, 2018.
Wardhono, W.S., Arwani, I., & Napitu, M.I.C.S. 2017. Gameplay Development of “Power Egg” As Interactive Learning Media of Arithmetic and Motoric Exercises for Elementary School Students. Innovation of Vocational Technology Education, Vol. 13, No. 2, 2017.
Yun, Z.Y.T, Wahid, N., Murli, N., Hamid, R.A., 2017. 2D Platform-based Game of Arithmetic Game-based Learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1049 012080, 2018.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.