Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Perencanaan Karier Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Malang

Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Perencanaan Karier Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Malang

Penulis

  • Alfian Farisi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Prima Zulvarina Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

minat belajar, motivasi belajar, perencanaan karier, korelasional

Abstrak

Dalam kegiatan belajar, peran minat dan motivasi sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran serta mencapai tujuan karier yang diinginkan kemudian bisa membentuk perencanaan karier. Berdasarkan wawancara dengan guru diketahui bahwa setelah siswa melakukan pembelajaran daring minat dan motivasi yang ada pada siswa cenderung kurang sehingga tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran dan sebagian siswa masih belum memiliki perencanaan karier. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara minat belajar dengan motivasi belajar, hubungan minat belajar dengan perencanaan karier, dan hubungan motivasi belajar dengan perencanaan karier pada siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasional menggunakan teknik uji hipotesis Spearman’s rho. Instrumen kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data yang melibatkan siswa kelas X, XI, dan XII yang berjumlah 97 siswa. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan, (1) nilai signifikansi nilai signifikansi minat belajar dengan motivasi belajar 0,000 dan nilai koefisien korelasi 0,510; (2) nilai signifikansi minat belajar dengan perencanaan karier 0,000158 dan nilai koefisien korelasi 0,374; dan (3) nilai signifikansi motivasi belajar dengan perencanaan karier 0,000010 dan nilai koefisien korelasi 0,432. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara minat belajar dengan motivasi belajar dengan tingkat hubungan tinggi, minat belajar dengan perencanaan karier dengan tingkat hubungan sedang, dan motivasi belajar dengan perencanaan karier dengan tingkat hubungan sedang.

Referensi

Antoniu, Eliza. 2010. ‘Career Planning Process and Its Role in Human Resource Development’. Annals of the University of Petroşani, Economics 10 (2): 13–22.

Eva, Nur, and Ika Andrini Farida. 2022. Psikologi Pembelajaran: Penerapan Psikologi Dalam Pendidikan. 1st ed. Malang: Psychology Forum.

Field, Andy. 2017. Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. North American: SAGE Publisher.

Guilford, J.P. 1956. Fundamental Statistic in Psychology and Education. 3rd Ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.

Hidayah, Nur, Hardika, Yuliati Hotifah, Sinta Yuni Susilawati, and Imam Gunawan. 2017. Psikologi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Karamoy, Yurike Kinanthy, and Endarta Murti Basuki. 2021. ‘Memprediksi Pengaruh Kontribusi Kemampuan Perencanaan Karier Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan’. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman 7 (2): 49–54.

Lavrijsen, Jeroen, Terence J.G. Tracey, Pieter Verachtert, Tine De Vroede, Bart Soenens, and Karine Verschueren. 2021. ‘Understanding School Subject Preferences: The Role of Trait Interests, Cognitive Abilities and Perceived Engaging Teaching’. Personality and Individual Differences 174 (May). Elsevier Ltd. doi:10.1016/j.paid.2021.110685.

Matondang, Asnawati. 2018. ‘Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar’. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2 (2): 24–32. http://www.siaksoft.net.

Nalim, Yusuf, and Salafudin Turmudi. 2012. Statistika Deskriptif. 1st ed. Pekalongan: STAIN Pekalalongan Press.

Nawahdani, Ahmad Mansur, Elza Triani, Miftahul Zannah Azzahra, Maison Maison, Dwi Agus Kurniawan, and Defri Melisa. 2022. ‘Hubungan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika’. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 6 (1). Universitas Pendidikan Ganesha: 12–18. doi:10.23887/jppp.v6i1.41986.

Nurjanah, Annisa Anggrayani, Syarifudidin Dahlan, and Diah Utaminingsih. 2017. ‘Hubungan Regulasi Diri Dengan Perencanaan Karir Siswa’. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling 5 (5): 132–44.

Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, and M Budiantara. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Bantul: Sibuku Media. www.sibuku.com.

Pallant, Julie. 2016. For the SPSS Survival Manual. New York: Open University Press. www.allenandunwin.com/spss.

Priyono, and Marnis. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Purnomo, Rochmat Aldy. 2016. Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS. Edited by Puput Cahta Ambarwati. Ponorogo: UNMUH Ponorogo Press.

Rahman, Sunarti. 2021. ‘Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar’. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar ‘Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0’ , 289–302.

Ratnawati, Heri. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing. www.nuhamedika.gu.ma.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suralaga, Fadhilah. 2021. Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Syahza, Almasdi. 2021. Metodologi Penelitian (Edisi Revisi Tahun 2021). Pekanbaru: Unri Press.

Telaumbanua, Kaminudin. 2017. ‘Hubungan Minat Belajar Dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Toma Tahun Pelajaran 2016/2017.’ Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan 6 (5): 1–7.

Vestalia, Debora, and Doddy Hendra Wibowo. 2021. ‘Motivasi Belajar Dan Perencanaan Karir’. Jurnal Psikologi Malahayati 3 (2): 95–102.

Widana, I Wayan, and Putu Lia Muliani. 2020. Uji Persyaratan Analisis. Edited by Teddy Fiktorius. Lumajang: Klik Media.

Yayang, Reja, Fitriyah Nurdianah, and Mumu Muzayyin Maq. 2020. ‘Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa’. Aswaja 1 (1): 33–47.

Unduhan

Diterbitkan

08 Aug 2023

Cara Mengutip

Farisi, A., Herlambang, A. D., & Zulvarina, P. (2023). Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Perencanaan Karier Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1872–1882. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12604

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...