Pengaruh Bootcamp Online terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa

Pengaruh Bootcamp Online terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa

Penulis

  • Huriyah Anisah Nur Humairoh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aryo Pinandito Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

bootcamp online, integrasi dalam kegiatan belajar mengajar, asesmen selaras pembelajaran integratif, pembelajaran pengembangan karir, kesiapan kerja mahasiswa

Abstrak

Perkembangan industri dan teknologi berdampak pada meningkatnya kebutuhan perusahaan akan sumber daya manusia yang berkualitas dan termotivasi agar dapat tumbuh berkelanjutan. Education Technology (EduTech) hadir sebagai solusi alternatif dengan mengimplementasikan sistem pendidikan modern yang menggunakan teknologi secara fleksibel dan terukur untuk meningkatkan pengalaman belajar yang lebih menarik dan inklusif. EduTech juga memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan industri teknologi yang populer melalui bootcamp online. EduTech melalui program bootcamp online, memberikan fasilitas pelatihan keterampilan dalam pengimplementasian teori melalui suatu praktik atau work integrated learning. Work integrated learning sebagai bagian dari kurikulum pembelajaran dianggap sebagai investasi sumber daya manusia untuk menciptakan lulusan yang inovatif dan kompetitif dalam dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh integration in teaching and learning activities, assessment aligned with integrative learning, dan career development learning terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Penelitian dilakukan secara kuantitatif menggunakan analisis regresi linear dengan data yang didapatkan sebanyak 60 data responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel yang diteliti dalam bootcamp online memiliki pengaruh positif terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Hasil analisis yang telah dilakukan juga menunjukkan bahwa variabel independen berkontribusi sebesar 56,7% terhadap variabel dependen yang sedang diteliti.

Referensi

Badan Pusat Statistik, 2022. Agustus 2022: Tingkat Pengangguran Terbuka [online] Tersedia di: <https://www.bps.go.id/> [Diakses 14 Maret 2022]

Biantong, J., Krisnadi, I. (2020). Pengaruh IT Bootcamp dalam Mencetak Tech Talent di Era Industri 4.0 di Indonesia.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). California : SAGE Publications, Inc.

Fareed, M. et al. (2016). Developing Human Capital for Sustainable Competitive Advantage : The Roles of Orga-nizational Culture and High Performance Work System, Journal of Economic Perspectives, 10(4), pp.655–673.

Ginting, M. L. (2021). Perluasan Kesempatan Kerja bagi Freshgraduate di Masa Pandemi Covid-19, Apa Peran Pemerintah?, Jurnal Ketenagakerjaan, 16(2), p.151.

Gujarati, D. N., Porter, D. C. (2009). Basic econometrics (5th ed.). New York: The McGraw-Hill, Inc.

Lavrakas, P. J. (2008). Encyclopedia of Survey Research Methods. California : SAGE Publications, Inc.

Nuryadi. et al. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.

Razali, N. M., Wah, Y. B. (2011). Power Comparisons of Saphiro Wilk, Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors and Anderson-Darling tests, Journal of Statistical modeling and Analytics, 2(1), pp.21 -33.

Smith, C. et al. (2014). The Impact of Work Integrated Learning on Student Work-Readiness, Curtin Research Publications.

Sudarsono, B. (2022). Development of Work-Based Learning Models Based on Work Readiness (WBL-WoRe), JurnalIqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), pp.44-62.

Trochim, W. T. (2007). The Research Methods Knowledge Base, Cornell University.

Unduhan

Diterbitkan

09 Aug 2023

Cara Mengutip

Humairoh, H. A. N., & Pinandito, A. (2023). Pengaruh Bootcamp Online terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1913–1920. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12615

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...