Pengaruh Atribut Key Opinion Leader (KOL) pada Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen pada Bootcamp Online
Kata Kunci:
key opinion leader, attractiveness, expertise, trustworthiness, minat beli, analisis regresi linearAbstrak
Meningkatknya popularitas media sosial telah mendorong industri edutech untuk memanfaatkan platform Instagram sebagai media pemasaran. Adapun Instagram adalah media sosial kedua yang memiliki pengguna terbanyak di Indonesia. Pemasaran influencer merupakan strategi pemasaran yang kerap digunakan oleh sebuah brand dikarenakan dapat memberikan win-win situation bagi kedua belah pihak. Terdapat sebuah fenomena baru pada istilah influencer yang kerap disebut dengan Key Opinion Leader (KOL). KOL memiliki keahlian dibidang tertentu sehingga KOL dapat menjangkau target audiens yang lebih spesifik dibandingkan dengan influencer. Pada penerapan strategi pemasaran KOL, pelaku bisnis edutech harus dapat menentukan atribut KOL yang tepat agar dapat memberikan dampak terhadap minat beli konsumen pada bootcamp online. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh atribut KOL yaitu attractiveness, expertise, dan trustworthiness terhadap minat beli konsumen pada bootcamp online melalui media sosial Instagram. Tahap pengumpulan data memberikan hasil sejumlah 61 responden mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer angkatan 2018 hingga 2020. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis regresi linear pada tools RStudio. Penelitian ini membuktikan hanya atribut trustworthiness pada KOL yang mempengaruhi minat beli konsumen pada bootcamp online sebesar 48.38% dan memiliki korelasi positif yang bersifat kuat.
Referensi
Geyser, W. 2023. The State of Influencer Marketing 2023: Benchmark Report [online] Tersedia di: <https://influencermarketinghub.com/influencer-marketing-benchmark-report/#toc-7> [Diakses 15 Maret 2023]
He, W., & Jin, C. (2022). A study on the influence of the characteristics of key opinion leaders on consumers’ purchase intention in live streaming commerce: based on dual-systems theory. Electronic Commerce Research. https://doi.org/10.1007/s10660-022-09651-8
Kotler, P., et al. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism. England: Pearson Educational Limited
Mahdi, MI.I. 2022. Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022 [online] Tersedia di: <https://influencermarketinghub.com/influencer-marketing-benchmark-report/#toc-7> [Diakses 15 Maret 2023]
Masuda, M., Han, S.H., & Lee, J. (2022). Impacts of influencer attributes on purchase intentions in social media influencer marketing: Mediating roles of characterizations. Technological Forecasting & Social Change, 174. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121246
Priatama, A. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Perhotelan Di Kota Tarakan. Perpustakaan UBT: Universitas Borneo Tarakan. Tersedia di <https://repository.ubt.ac.id/index.php?p=show_detail&id=10032&keywords=> [Diakses 19 Maret 2023]
Shimp, T.A., Andrews, J.C. (2013). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications. United States: Cengage Learning.
Sudaryana, B., & Agusiany, R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish
Xiong, L., Cho, V., Law, K.M., & Lam, L. (2021). A study of KOL effectiveness on brand image of skincare products. Enterprise Information Systems, 15(3), 1-18. DOI:10.1080/17517575.2021.1924864
Geyser, W. 2023. The State of Influencer Marketing 2023: Benchmark Report [online] Tersedia di: <https://influencermarketinghub.com/influencer-marketing-benchmark-report/#toc-7> [Diakses 15 Maret 2023]
He, W., & Jin, C. (2022). A study on the influence of the characteristics of key opinion leaders on consumers’ purchase intention in live streaming commerce: based on dual-systems theory. Electronic Commerce Research. https://doi.org/10.1007/s10660-022-09651-8
Kotler, P., et al. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism. England: Pearson Educational Limited
Mahdi, MI.I. 2022. Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022 [online] Tersedia di: <https://influencermarketinghub.com/influencer-marketing-benchmark-report/#toc-7> [Diakses 15 Maret 2023]
Masuda, M., Han, S.H., & Lee, J. (2022). Impacts of influencer attributes on purchase intentions in social media influencer marketing: Mediating roles of characterizations. Technological Forecasting & Social Change, 174. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121246
Priatama, A. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Perhotelan Di Kota Tarakan. Perpustakaan UBT: Universitas Borneo Tarakan. Tersedia di <https://repository.ubt.ac.id/index.php?p=show_detail&id=10032&keywords=> [Diakses 19 Maret 2023]
Shimp, T.A., Andrews, J.C. (2013). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications. United States: Cengage Learning.
Sudaryana, B., & Agusiany, R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish
Xiong, L., Cho, V., Law, K.M., & Lam, L. (2021). A study of KOL effectiveness on brand image of skincare products. Enterprise Information Systems, 15(3), 1-18. DOI:10.1080/17517575.2021.1924864
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.