Perancangan User Experience Aplikasi Online Course berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Dicoding.com)

Perancangan User Experience Aplikasi Online Course berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Dicoding.com)

Penulis

  • Amin Fadilah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Design Thinking, User Experience, Dicoding, Mobile Learning

Abstrak

Pembelajaran melalui media online menjadi salah satu alternatif pelajar dalam mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang akademik maupun nonakademik selain melalui media pertemuan di sekolah atau kampus. Salah satu situs penyedia pembelajaran online yang cukup banyak penggunanya yaitu Dicoding. Dicoding merupakan platform pembelajaran online berupa aplikasi website yang bergerak di bidang teknologi. Layanan yang diberikan oleh Dicoding hanya melalui media website, yang tentu memiliki banyak kekurangan tanpa adanya dukungan aplikasi mobile, sehingga perancangan desain aplikasi mobile Dicoding diperlukan sebagai landasan proses pengembangan aplikasi end-user nantinya. Metode pendekatan design thinking digunakan sebagai proses perancangan user experience aplikasi Dicoding, dimana metode ini memiliki tahap rancangan mulai dari empathize, define, ideate, prototype dan evaluation. Pada metode design thinking, selain mengedepankan penuangan ide dan gagasan baru pada perancangannya, metode ini juga tidak melupakan peran pengguna di dalamnya, sehingga proses perancangan user experience aplikasi Dicoding ini dirancang berdasarkan kebutuhan penggunanya. Adapun data yang dianalisis yaitu hasil wawancara pengguna dan stakeholder untuk kemudian didefinisikan sebagai persona, sehingga dapat ditemukan apa saja tujuan dan tugas pengguna aplikasi. Hasil definisi pengguna yang telah digambarkan kemudian dirancang menjadi user flow aplikasi, sehingga halaman dan konten kebutuhan dapat diimplementasikan menjadi desain solusi aplikasi. Kemudian desain solusi yang telah dirancang selnjutnya dievaluasi menggunakan metode kuantitatif yaitu user experience questionnare dan metode kualitatif yaitu heuristic evaluation.

Referensi

Bekraf. (2016). Dicoding Mengakselerasi Pembentukan Ekosistem Developer Indonesia.

Cai, P. (2021). RETRACTED: Thinking skills development in mobile learning: The case of elementary school students studying environmental studies. Thinking Skills and Creativity, 42, 100922. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2021.100 922

CNN Indonesia. (2021). Ilmu Coding Lebih Penting. CNN. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211013125502-532-707177/jokowi-sebut-ilmu-coding-lebih-penting-dari-bahasa-inggris

Dicoding. (2015). About Dicoding. Dicoding. https://www.dicoding.com/about

Gordon, K. (2021). How to Draw a Wireframe (Even if You Can’t Draw). In Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/draw -wireframe-even-if-you-cant-draw/

Haniifah, R. T., Aisy, R., Candra Brata, K., & Muslimah Az-Zahra, H. (2021). Perancangan User Experience Mobile Learning menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : SD Negeri Wates Kabupaten Kediri). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(8), 3247–3255. http://j-ptiik.ub.ac.id

Interaction Design Foundation. (2019). Design Thinking.

Karl, S. (2020). The Design Thinking Process - How does it work? - MAQE - Insights. In MAQE Bangkok Co., Ltd. https://www.maqe.com/insight/the-design-thinking-process-how-does-it- work/

Kedar S. Pandya Jayaram pothis. (2013). Material & Design. In Material & Designs (Vol. 44, pp. 128–135). https://m3.material.io/

Morville, P. (2004). Semantic Studio. https://semanticstudios.com/user_exper ience_design/

Nielsen, J. (1995a). Heuristic Evaluation: How- To: Article by Jakob Nielsen. In Nielson Norman GroupNorman (Issue Nielsen 1992, pp. 1–11). http://www.nngroup.com/articles/how-to-conduct-a-heuristic-evaluation/

ProductPlan. (n.d.). What is a Persona? | Definition and Overview. https://www.productplan.com/glossary/persona/

Santoso, H. B., Schrepp, M., Yugo Kartono Isal, R., Utomo, A. Y., & Priyogi, B. (2016). Measuring user experience of the student-centered E-learning environment. Journal of Educators Online, 13(1), 1–79.

Sarah Gibbons. (2018). Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking. In Nielsen Norman Group.

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain,

S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.2 5131

Sekar, M. (2019). Mengenal Heuristic Evaluation dalam UX Design. https://medium.com/purwadhikaconnec t/mengenal-heuristic-evaluation-dalam- ux-design-4930dff7e58b

Susilo, E. (2019). Cara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) Pada Uji UX. In 11 Maret. https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-user-experience- questionnaire/

Susilo, E., Danang Wijaya, F., & Hartanto, R. (2018). Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application. In JNTETI (Vol. 7, Issue 2).

Umar, A. (2018). Perancangan sistem- analisis kebutuhan fungsional dan kebutuhan non fungsional. 1–21.

Unduhan

Diterbitkan

10 Aug 2023

Cara Mengutip

Fadilah, A., & Tolle, H. (2023). Perancangan User Experience Aplikasi Online Course berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Dicoding.com). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1979–1989. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12631

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...