Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 5 Malang

Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 5 Malang

Penulis

  • Kadek Dwitya Arya Sujaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

e-modul interaktif, modul, model four-d, uji wilcoxon

Abstrak

Pada saat melakukan observasi penelitian ditemui permasalahan yaitu kurangnya bahan ajar memadai sebagai pedoman dalam pembelajaran yang menjadikan kurangnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran interaktif mata pelajaran Dasar Program Keahlian (DPK) pada jurusan DKV SMK Negeri 5 Malang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode four-D. Sampel dari penelitian ini adalah 16 siswa dari kelas DKV 1 dan 21 siswa dari kelas DKV 2 yang diambil berdasarkan nilai siswa yang cenderung kurang memuaskan. Hasil penelitian modul pembelajaran di uji validitas materi, validitas media dan uji praktikalitas. Hasil uji materi menunjukan bahwa materi valid dan sangat praktis. Hasil uji materi sebanyak 80,00% yang berarti valid dan dapat untuk dipergunakan. Hasil uji praktikalitas sebanyak 84,5% yang berarti sangat praktis dan dapat digunakan. Penelitian ini menghasilkan perolehan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan e-modul interaktif yang diuji menggunakan uji wilcoxon dengan adanya hasil positive rank pada setiap siswa yang menggunakan modul.

Referensi

Anas, M.A., Soepriyanto, Y. and Susilaningsih, 2018. Pengembangan Multimedia Tutorial Topologi Jaringan untuk SMK Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan. Multimedia Tutorial, 1(4), pp.307–314.

Bintari, N.L.G.R.P., Sudiana, I.N. and Putrayasa, I.B., 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik ( Problem Based Learning ) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas Vii Smp Negeri 2 Amlapura. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), pp.1–10.

Dwimayanti, K., Dantes, N. and Suarni, K., 2020. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tema Kegiatanku Kelas I Berbasis Kecakapan Belajar dan Berinovasi Abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), pp.1–10.

Gede, I. and Widharma, I.G.S., 2021. Uji Efektifitas E-Modul Trigonometri Berbasis Schoology untuk Pembelajaran Daring di Politeknik. 5, pp.177–184.

Ibrahim, R., 2021. Beberapa Catatan Tentang Kurikulum dan Pembelajaran. p.14.

Ihsan, H., 2015. Validitas Isi Alat Ukur Penelitian: Konsep dan Panduan Penilaiannya. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(3), p.173.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S. and Amalia, D.A., 2020. Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), pp.311–326.

Montolalu, C. and Langi, Y., 2018. Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’Cartesian, 7(1), p.44.

Mulyatiningsih, E., 2015. Pengembangan Model Pembelajaran. Islamic Education Journal, p.35,110,114,120,121.

Nasution, M.K., 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), pp.9–16.

Pramana, M.W.A., Jampel, I.N. and Pudjawan, K., 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), p.17.

Prayoga, T. and Priambodo, Y., 2016. Teknik Penyusunan Modul Related Papers Langkah Langkah Pembuatan Modul Harpaarihta Tarigan. pp.1–7.

Rais, R., Afriliana, I. and Budihartono, E., 2017. Peningkatan Ketrampilan Multimedia CorelDraw di SMK Assalafiyah Kota Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(1), pp.55–61.

Sari, W.M., Riswanto, R. and Partono, P., 2019. Validitas Mobile Pocket Book Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Suhu aan Kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), p.35.

Savira, F. and Suharsono, Y., 2013. Bab Iii Metode Penelitian Dan Pengembangan. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), pp.1689–1699.

Susilo, A.S.& B., 2016. Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas Xii Sma N I Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), pp.50–56.

Tasya, N. and Prasetyo, A.A., 2021. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), pp.60–64.

Unduhan

Diterbitkan

10 Aug 2023

Cara Mengutip

Sujaya, K. D. A., Herlambang, A. D., & Afirianto, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 5 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 2001–2009. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12635

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...