Perancangan Pengalaman Pengguna Situs Web Jasa Layanan Importir menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: PT Dian Sentosa Abadi)

Perancangan Pengalaman Pengguna Situs Web Jasa Layanan Importir menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: PT Dian Sentosa Abadi)

Penulis

  • Krishna Yudie Aqilla Iqbal Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Buce Trias Hanggara Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Intan Sartika Eris Maghfiroh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

perancangan pengalaman pengguna, situs web, design thinking, usability testing, User Experience Questionnaire (UEQ)

Abstrak

PT Dian Sentosa Abadi merupakan perusahaan Business to Business (B2B) penyedia jasa layanan impor.  PT Dian Sentosa Abadi masih mengandalkan pemasaran langsung dengan menawarkan produk kepada para kliennya melalui kunjungan langsung atau pemberian pesan penawaran. Perusahaan ini memberikan layanan kepada para kliennya secara manual melalui e-mail atau aplikasi pesan lainnya. Dalam rangka menjangkau target pasar yang lebih luas serta meningkatkan pelayanan, PT Dian Sentosa Abadi membutuhkan suatu situs web. Namun, sebelum itu perlu dilakukan perancangan pengalaman pengguna terhadap situs web tersebut agar mampu menghasilkan pengalaman pengguna yang baik dalam penggunaannya. Metode design thinking dipilih dalam penelitian ini karena dalam pelaksanaannya melibatkan pengguna untuk perumusan dan pemecahan masalahnya. Sehingga, diharapkan akan mampu menghasilkan suatu solusi yang kreatif, efektif, serta mampu menyelesaikan masalah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Penelitian ini menghasilkan rancangan situs web dalam bentuk prototipe high-fidelity yang telah melalui tahap pengujian menggunakan metode usability testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil pengujian menunjukkan nilai 98,5% untuk komponen efektivitas, 98% untuk komponen efisiensi dengan time based efficiency sebesar 0,036 goals/sec, 84% untuk komponen kepuasan, dan kategori excellent untuk hampir seluruh skala dalam UEQ, kecuali skala kejelasan yang masih berada pada kategori good.

Referensi

Szopik-Depczyńska, K., & Cheba, K. (2021). The impact of Internet on marketing activity in R&D departments in Poland. Procedia Computer Science, 192, 5030-5038.

Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2020). Stage 2 in the Design Thinking Process: Define the Problem and Interpret the Results. Interaction Design Foundation. [Daring] Tersedia pada: <https://www.interaction-design.org/literature/article/stage-2-in-the-design-thinking-process-define-the-problem-and-interpret-the-results> [Diakses pada 20 Oktober 2022].

Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2021b). Stage 4 in the Design Thinking Process: Prototype. Interaction Design Foundation. [Daring] Tersedia pada: <https://www.interaction-design.org/literature/article/stage-4-in-the-design-thinking-process-prototype> [Diakses pada 11 November 2022].

Fessenden, T. (2021). Design Systems 101. Nielsen Norman Group. [Daring] Tersedia pada: <https://www.nngroup.com/articles/design-systems-101/> [Diakses pada 1 Desember 2022].

Interaction Design Foundation. (2022). Problem Statements. [Daring] Tersedia pada: <https://www.interaction-design.org/literature/topics/problem-statements> [Diakses pada 30 Oktober 2022].

International Organization for Standardization. (2018). Ergonomics of human-system interaction — Part 11: Usability: Definitions and concepts. International Standard, ISO 9241-11.

International Organization for Standardization. (2019). Ergonomics of human-system interaction - Part 210: Human-centered design for interactive systems. International Standard, ISO 9241-210.

Katadata. (2022). Persaingan Usaha di Indonesia Meningkat, Dekati Target 2024. [Daring] Tersedia pada: < https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/11/persaingan-usaha-di-indonesia-meningkat-dekati-target-2024> [Diakses pada 25 Juni 2023].

Laugwitz, B., Held, T., & Schrepp, M. (2008). Construction and evaluation of a user experience questionnaire. In Symposium of the Austrian HCI and usability engineering group (pp. 63-76). Springer, Berlin, Heidelberg.

Nielsen, J. (1994). Usability engineering. Morgan Kaufmann.

Plattner, H. (2013). An introduction to design thinking. Iinstitute of Design at Stanford, 1-15.

Rauschenberger, M., Schrepp, M., Pérez Cota, M., Olschner, S., & Thomaschewski, J. (2013). Efficient measurement of the user experience of interactive products. How to use the user experience questionnaire (UEQ). Example: Spanish language version.

Rubin, J., & Chisnell, D. (2008). Handbook of usability testing: how to plan, design and conduct effective tests. John Wiley & Sons.

Satu Data Perdagangan. Perkembangan Perdagangan Luar Negeri Januari-Juli 2022. Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. [Daring] Tersedia pada: <https://satudata.kemendag.go.id/infografis> [Diakses pada 06 September 2022].

Sauro, J. (2010). A practical guide to measuring usability. Measuring Usability LLC, Denver.

Sauro, J. (2019). 10 Things To Know About The Single Ease Question (SEQ). MeasuringU. [Daring] Tersedia pada: <https://measuringu.com/seq10/> [Diakses pada 12 Januari 2023].

Schrepp, M. (2019). User Experience Questionnaire Handbook Version 8. ueq-online.org.

Unduhan

Diterbitkan

10 Aug 2023

Cara Mengutip

Iqbal, K. Y. A., Hanggara, B. T., & Maghfiroh, I. S. E. (2023). Perancangan Pengalaman Pengguna Situs Web Jasa Layanan Importir menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: PT Dian Sentosa Abadi). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1990–2000. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12639

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...