Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Aplikasi Shopee dan Mobile Website Aurora menggunakan Kuesioner MeCUE (Studi Kasus PT Aurora Harapan Bangsa)

Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Aplikasi Shopee dan Mobile Website Aurora menggunakan Kuesioner MeCUE (Studi Kasus PT Aurora Harapan Bangsa)

Penulis

  • Fitrantika Diashafira Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Komang Candra Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Muhammad Aminul Akbar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

pengalaman pengguna, aplikasi Shopee, mobile website Aurora Gorgeous, kuesioner meCUE

Abstrak

PT Aurora Harapan Bangsa merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang skincare dan kosmetik. Perusahaan ini mendistribusikan berbagai macam brand kecantikan kepada konsumen melalui offline dan online store. Salah satu platform yang digunakan oleh perusahaan ini adalah aplikasi Shopee. Aplikasi Shopee saat ini merupakan aliran penghasil terbesar dari seluruh platform yang digunakan oleh PT Aurora Harapan Bangsa, namun perusahaan beberapa kali mengalami kendala error pada waktu-waktu tertentu. Oleh karena itu diperlukan alternatif agar pengguna tetap dapat memesan produk di PT Aurora Harapan Bangsa ketika platform lain tidak dapat digunakan. Maka dari itu di sini PT Aurora Harapan Bangsa mengembangkan website Aurora Gorgeous untuk dijadikan alternatif. Di sini juga diketahui bahwa terdapat beberapa perbedaan flow atau langkah-langkah pada aplikasi Shopee dan mobile website Aurora Gorgeous. Perbedaan flow tersebut salah satunya terdapat pada fitur utama yaitu fitur belanja. Dengan adanya perbedaan flow ini kemungkinan akan membuat pengalaman pengguna juga berbeda. Maka di sini dilakukan analisis terhadap perbedaan flow pada fitur belanja lalu membandingkan hasil pengalaman pengguna dari kedua platform. Dengan harapan bahwa adanya mobile website alternatif ini dapat memberikan pengalaman pengguna yang minimal sama atau bahkan lebih baik daripada aplikasi Shopee. Kemudian dilakukanlah penelitian perbandingan pengalaman pengguna diantara kedua platform tersebut menggunakan metode kuesioner meCUE. Setelah adanya penelitian ini maka diketahui bahwa terdapat beberapa indikator yang diungguli oleh aplikasi Shopee dan beberapa indikator lain diungguli oleh website Aurora Gorgeous. Indikator yang diungguli oleh aplikasi Shopee adalah Usefulness, Usability, dan Commitment. Sedangkan untuk Visual Aesthetic, Status, Emotions. Intention of Use dan Product Loyalty website Aurora lebih unggul. Selain itu secara keseluruhan mobile website Aurora juga lebih unggul dibandingkan dengan aplikasi Shopee.

Referensi

Bhatti, A., & Rehman, S. U. (2019). Perceived benefits and perceived risks effect on online shopping behavior with the mediating role of consumer purchase intention in Pakistan. International Journal of Management Studies, 26(1), 33-54.

Hassenzahl, M., & Tractinsky, N. (2006). User experience-a research agenda. Behaviour & information technology, 25(2), 91-97.

Lallemand, C., Gronier, G., & Koenig, V. (2015). User experience: A concept without consensus? Exploring practitioners’ perspectives through an international survey. Computers in human behavior, 43, 35-48.

Law, E. L. C., Roto, V., Hassenzahl, M., Vermeeren, A. P., & Kort, J. (2009, April). Understanding, scoping and defining user experience: a survey approach. In Proceedings of the SIGCHI conference on human factors in computing systems (pp. 719-728).

Minge, M., Thüring, M., & Wagner, I. (2016, September). Developing and validating an English version of the meCUE questionnaire for measuring user experience. In Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting (Vol. 60, No. 1, pp. 2063-2067). Sage CA: Los Angeles, CA: SAGE Publications.

Minge, M., Thüring, M., Wagner, I., & Kuhr, C. V. (2017). The meCUE questionnaire: a modular tool for measuring user experience. In Advances in Ergonomics Modeling, Usability & Special Populations: Proceedings of the AHFE 2016 International Conference on Ergonomics Modeling, Usability & Special Populations, July 27-31, 2016, Walt Disney World®, Florida, USA (pp. 115-128). Springer International Publishing.

Norman, D., Miller, J., & Henderson, A. (1995, May). What you see, some of what's in the future, and how we go about doing it: HI at Apple Computer. In Conference companion on Human factors in computing systems (p. 155).

Turban, E., & Gehrke, D. (2000). Determinants of e-commerce website. Human Systems Management, 19(2), 111-120.

Vermeeren, A. P., Law, E. L. C., Roto, V., Obrist, M., Hoonhout, J., & Väänänen-Vainio-Mattila, K. (2010, October). User experience evaluation methods: current state and development needs. In Proceedings of the 6th Nordic conference on human-computer interaction: Extending boundaries (pp. 521-530).

Wirapraja, A., & Aribowo, H. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis. Teknika, 7(1), 66-72.

Unduhan

Diterbitkan

10 Aug 2023

Cara Mengutip

Diashafira, F., Brata, K. C., & Akbar, M. A. . (2023). Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Aplikasi Shopee dan Mobile Website Aurora menggunakan Kuesioner MeCUE (Studi Kasus PT Aurora Harapan Bangsa). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 2046–2053. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12640

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...