Pengembangan Lanjut Aplikasi berbasis Android Sistem Presensi Online dengan Penambahan Fitur Notifikasi dan Fitur Permohonan Ijin atau Cuti di PT. Bintang Mas Glassolutions

Pengembangan Lanjut Aplikasi berbasis Android Sistem Presensi Online dengan Penambahan Fitur Notifikasi dan Fitur Permohonan Ijin atau Cuti di PT. Bintang Mas Glassolutions

Penulis

  • I Putu Sancaya Saraswaha Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aryo Pinandito Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Presensi, Android, Notifikasi, Firebase, Waterfall, Blackbox, Compatibility, System Usability Scale

Abstrak

Perusahaan mewajibkan presensi untuk mengetahui hadir dan tidaknya seorang karyawan, hal ini dilakukan untuk menilai kedisiplinan di tempat kerja diantara para karyawan, sehingga dikembangkan aplikasi sistem presensi online berbasis android di PT. Bintang Mas Glassolutions dengan 2 akses login yaitu akses admin dan akses karyawan. Namun aplikasi presensi online di PT. Bintang Mas Glasolutions masih memiliki kekurangan seperti fitur permohonan ijin tidak masuk kerja. Selanjutnya dilakukan wawancara dengan salah satu karyawan dan membuat kuesioner yang di respon oleh 16 karyawan di PT. Bintang Mas Glassolutions, dari hasil kuesioner didapatkan data bahwa terdapat 50% karyawan pernah lupa melakukan presensi keluar atau masuk dan terdapat 73,3% karyawan yang kesulitan melakukan permohonan ijin, berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan pengembangan lanjut aplikasi berbasis android sistem presensi online dengan penambahan fitur notifikasi dan permohonan ijin atau cuti di PT. Bintang Mas Glassolutions. Penelitian ini menggunakan metode waterfall. Tahap pertama pada penelitian ini adalah analisis yang menghasilkan 2 aktor pengguna, 14 kebutuhan fungsional dan 2 kebutuhan non fungsional. Tahap selanjutnya adalah perancangan yang mana merancang arsitektur sistem, merancang alur penggunaan aplikasi dengan flowchart, melakukan perancangan sistem dengan membuat interaksi objek, pseoudocode, dan struktur aplikasi, merancang struktur database sistem, dan merancang antarmuka pengguna. Tahap selanjutnya adalah implementasi kode program, dan implementasi database menggunakan firebase. Tahap terakhir adalah pengujian, pada pengujian sistem menggunakan pengujian blackbox dengan hasil 14 kebutuhan fungsional yang diujikan dapat berjalan tanpa adanya error, pengujian compatibility dengan hasil pengujian 4 sistem operasi android yang berbeda dapat menjalankan aplikasi sistem presensi, terakhir pengujian usability dengan metode System Usability Scale (SUS) dengan hasil yaitu pada akses karyawan mendapatkan skor SUS 85 dan pada akses admin mendapatkan skor SUS 75.

Referensi

Ari. 2020. Rancang Bangun Aplikasi Absesnsi Karyawan Menggunakan Location Based Service. Tersedia di: <https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/56028/1/ARI%20NUR%20ROKHMAN-FST.pdf> [Diakses 25 Januari 2023]

Dini. 2015. Kelebihan dan Kekurangan Metode Waterfall dalam Pengembangan Sistem. Tersedia di: <https://dosenit.com/kuliah-it/teknologi-informasi/kelebihan-dan-kekurangan-metode-waterfall> [Diakses 25 Januari 2023]

Fachrival. 2018. Aplikasi Absensi Guru Pada Sekolah Berbasis Android. Tersedia di: <http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13944/1/Fachrival%20Mustari.pdf > [Diakses 25 Januari 2023]

Tom. 2023. Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Sistem Presensi Dengan Menggunakan Validasi Koordinat Lokasi Dan Foto Selfie Di PT. Bintang Mas Glassolutions. Tersedia di: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12008> [Diakses 18 Februari 2023]

Algier. 2022. Implementasi Markerless Augmented Reality Location Based Dalam Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Tersedia di: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11486> [Diakses 18 Februari 2023]

Singgih. 2015. Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik Pada Siswa Kelas XI SMKN 2 Pengasih. Tersedia di: <https://eprints.uny.ac.id/21320/1/Singgih%20Yuntoto-%20105012444021.pdf> [Diakses 19 Februari 2023]

Ependi, U., Panjaitan, F., & Hutrianto., 2017. System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 3(2), pp.80. Palembang: Universitas Bina Darma.

Sonita, Fardianitama. 2018. Aplikasi E-Order Menggunakan Firebase Dan Algoritma Knuth Morris Pratt Berbasis Android. Tersedia di: <https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pseudocode/article/view/5886> [Diakses 19 Februari 2023]

Teguh. 2021. Implementasi Layanan Firebase Pada Pengembangan Aplikasi Sewa Sarana Olahraga Berbasis Android. Tersedia di: <http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika/article/view/1027> [Diakses 19 Februari 2023]

Yogesh. 2020. Introduction of firebase, Why firebase and alternatives of the firebase. Tersedia di: <https://yogeshdotnet.com/introduction-of-firebase-why-firebase-and-alternatives-of-firebase/> [Diakses 19 Februari 2023]

Marisa. 2020. Aplikasi Notifikasi Presensi Dosen Di Universitas Bina Darma Berbasis Android. Tersedia di: < http://repository.binadarma.ac.id/1911/1/BAB%200.pdf> [Diakses 3 Maret 2023]

Ependi, U., Panjaitan, F., & Hutrianto., 2017. System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 3(2), pp.80. Palembang: Universitas Bina Darma.

Riyadi, H. 2020. Pengertian Android Beserta Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya. Tersedia di: <https://www.nesabamedia.com/pengertian-android-beserta-kelebihan-dan-kekurangannya/> [Diakses 3 Maret 2023]

Sherli. 2015. Pengembangan Aplikasi Layanan Notifikasi Surat Resmi Digital Di Universitas Negeri Jakarta. Tersedia di: <http://repository.unj.ac.id/2463/1/Skripsi_SherliAuliaUlfa_5235117078.pd> [Diakses 4 Maret 2023]

Adha. 2021. Sistem Presensi Online Menggunakan Arsitektur Pengembangan Perangkat Lunak Model-View-Viewmodel. Tersedia di: <https://ejournal.ikado.ac.id/index.php/teknika/article/view/398> [4 Maret 2023]

Uyun, S. 2019. Pembangunan Aplikasi Ensiklopedia Batik Tradisional Indonesia Memanfaatkan Arcore Api Berbasis Android. Universitas Komputer Indonesia.

Supardi, Yuniar. 2014. Semua Bisa Menjadi Programmer Android. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Pratama, Arian Rinaldi. 2018. Metode Breadth-First Search Pada Sistem Sms Gateway Ronda Reminder Berbasis Web Mobile. Fakultas Ilmu Komputer. Bandar Lampung: Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya.

Unduhan

Diterbitkan

10 Aug 2023

Cara Mengutip

Saraswaha, I. P. S., Kharisma, A. P., & Pinandito, A. (2023). Pengembangan Lanjut Aplikasi berbasis Android Sistem Presensi Online dengan Penambahan Fitur Notifikasi dan Fitur Permohonan Ijin atau Cuti di PT. Bintang Mas Glassolutions. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 2010–2019. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12641

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...