Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pengguna Snapchat Membagikan Video Dengan Menggunakan Structural Equation Modeling
Kata Kunci:
Snapchat, Privacy, Self Disclosure, Risk, Structural Equation ModelingAbstrak
Snapchat adalah salah satu sosial media yang mempunyai fitur utama dapat membagikan video dan foto dengan durasi sepuluh detik dan akan terhapus secara otomatis setelah 24 jam. Data laporan Bloomberg yang dihimpun KompasTekno pada Juni 2016 setiap harinya sebanyak 150 juta pengguna menggunakan filter foto maupun video pada snapchat, dan mengalami kenaikan dari tahun 2015 sebanyak 110 juta menjadi 140 juta pengguna aktif harian. Setiap hari, pengguna membagikan video kegiatan mereka secara langsung pada pengguna snapchat lainnya serta memberikan beberapa informasi pribadi saat mendaftar akun pada snapchat seperti nama, email, dan nomor telefon. Saat ini banyak pengguna yang memberikan informasi yang terlalu banyak kepada sosial media karena mereka tidak peduli dengan privasi dan keamanan pada sosial media yang digunakan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pengguna membagikan video mereka pada snapchat menggunakan sepuluh variabel laten dan satu variabel secondary order. Data yang dianalisis, dikumpulkan dari 282 responden yang merupakan pengguna aktif snapchat. Data dari responden dianalisis menggunakan model Structural Equation Modeling (SEM).