Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Rental Printer dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Print Pojok UNESA Ketintang Surabaya)
Kata Kunci:
Rental printer, Design Thinking, Usability TestingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang memuaskan, efisien, dan efektif dalam menggunakan aplikasi dan website rental Print Pojok Ketintang di Surabaya. Melalui metode design thinking, penelitian ini menghasilkan prototipe high-fidelity yang telah diuji melalui Usability Testing. Pengujian efektivitas menunjukkan hasil yang baik, dengan solusi aplikasi mencapai skor 98.33% dan website mencapai skor 100%. Dalam pengujian efisiensi, solusi aplikasi dan website masing-masing mencapai skor 99% dan 100%. Dalam pengujian kepuasan, aplikasi memperoleh skor SUS sebesar 79 dari 100 dengan kategori "grade C" dan adjective rating "good", sementara website memperoleh skor SUS sebesar 85 dari 100 dengan kategori "grade B" dan adjective rating "excellent". Pengujian dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan bahwa pengguna merasakan daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan yang memadai baik pada aplikasi maupun website. Skor rata-rata UEQ untuk aplikasi dan website masing-masing menunjukkan kepuasan pengguna yang diterima dengan baik. Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan, penggunaan aplikasi dan website rental printer Pojok Ketintang di Surabaya dapat memberikan solusi yang memadai. Prototipe yang dihasilkan melalui penelitian ini menunjukkan potensi untuk memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan, efisien, dan efektif.
Referensi
Defriani, M., Resmi, M.G. and Jaelani, I. (2021) ‘Uji Usability Dengan Metode Cognitive Walkthrough Dan System Usability Scale (SUS) Pada Situs Web Stt Wastukancana’, Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 4(1).
IDF (2016) Design Thinking, Interaction Design Foundation. Available at: https://www.interaction-design.org/literature/topics/design-thinking (Accessed: 24 July 2023).
Isadora, F.R., Hanggara, B.T. and Mursityo, Y.T. (2021) ‘Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile Homecare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking’, Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 8, pp. 1057--1066. Available at: https://doi.org/10.25126/jtiik.202184550.
ISO 9241-210 (2019) Ergonomics of human-system interaction.
Karnawan, G. et al. (2020) ‘Implementation of User Experience Using the Design Thinking Method in Prototype Cleanstic Applications’, Tahun, 6(1).
Kathleen, A., Sutanto, R.P. and Pranayama, A. (2021) Analisis Perbandingan User Flow Dari Aplikasi E-Catalogue Ifurnholic.
KBBI Daring (2016) Rental. Available at: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Rental (Accessed: 6 July 2023).
Kusuma, W.A., Ghufron, K.M. and Fauzan (2020) ‘Penggunaan User Persona untuk Evaluasi dan Meningkatkan Ekspektasi Pengguna Dalam Kebutuhan Sistem Informasi Akademik’.
Müller-Roterberg, C. (2018) ‘Handbook of Design Thinking’.
Nielsen Norman Group (2018) Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking. Available at: https://www.nngroup.com/articles/empathy-mapping/ (Accessed: 4 July 2023).
Nurinadi, H. et al. (2020) Perbandingan Dalam Pemilihan Printer Menggunakan Metode Weight Produk.
Rusanty, D.A., Tolle, H. and Fanani, L. (2019) Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking. Available at: http://j-ptiik.ub.ac.id.
Santoso, H.B., Schrepp, M. and Kartono, R.Y. (2016) Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment. Available at: http://sumi.ucc.ie/.
Situmorang, T.K., Muslimah, A.Z.H. and Herlambang, A.D. (2019) Evaluasi Usability Pada Aplikasi m-KantorPos dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Available at: http://j-ptiik.ub.ac.id.
Utama, B.S. (2020) Perancangan Ulang User Interface Dan User Experience Pada Website Cosmic Clothes.
Defriani, M., Resmi, M.G. and Jaelani, I. (2021) ‘Uji Usability Dengan Metode Cognitive Walkthrough Dan System Usability Scale (SUS) Pada Situs Web Stt Wastukancana’, Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 4(1).
IDF (2016) Design Thinking, Interaction Design Foundation. Available at: https://www.interaction-design.org/literature/topics/design-thinking (Accessed: 24 July 2023).
Isadora, F.R., Hanggara, B.T. and Mursityo, Y.T. (2021) ‘Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile Homecare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking’, Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 8, pp. 1057--1066. Available at: https://doi.org/10.25126/jtiik.202184550.
ISO 9241-210 (2019) Ergonomics of human-system interaction.
Karnawan, G. et al. (2020) ‘Implementation of User Experience Using the Design Thinking Method in Prototype Cleanstic Applications’, Tahun, 6(1).
Kathleen, A., Sutanto, R.P. and Pranayama, A. (2021) Analisis Perbandingan User Flow Dari Aplikasi E-Catalogue Ifurnholic.
KBBI Daring (2016) Rental. Available at: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Rental (Accessed: 6 July 2023).
Kusuma, W.A., Ghufron, K.M. and Fauzan (2020) ‘Penggunaan User Persona untuk Evaluasi dan Meningkatkan Ekspektasi Pengguna Dalam Kebutuhan Sistem Informasi Akademik’.
Müller-Roterberg, C. (2018) ‘Handbook of Design Thinking’.
Nielsen Norman Group (2018) Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking. Available at: https://www.nngroup.com/articles/empathy-mapping/ (Accessed: 4 July 2023).
Nurinadi, H. et al. (2020) Perbandingan Dalam Pemilihan Printer Menggunakan Metode Weight Produk.
Rusanty, D.A., Tolle, H. and Fanani, L. (2019) Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking. Available at: http://j-ptiik.ub.ac.id.
Santoso, H.B., Schrepp, M. and Kartono, R.Y. (2016) Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment. Available at: http://sumi.ucc.ie/.
Situmorang, T.K., Muslimah, A.Z.H. and Herlambang, A.D. (2019) Evaluasi Usability Pada Aplikasi m-KantorPos dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Available at: http://j-ptiik.ub.ac.id.
Utama, B.S. (2020) Perancangan Ulang User Interface Dan User Experience Pada Website Cosmic Clothes.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.