Evaluasi dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Aplikasi Temu.in menggunakan Metode User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation
Kata Kunci:
Evaluasi Pengalaman Pengguna, Perbaikan Pengalaman Pengguna, User Experience Questionnaire, Heuristic Evaluation, aplikasi Temu.inAbstrak
Aplikasi yang memiliki pengalaman pengguna kurang baik berdampak pada menurunnya pengguna dari aplikasi. Salah satu contoh aplikasi yang memiliki masalah pada pengalaman pengguna adalah aplikasi Temu.in. Berdasarkan pengamatan dari desain lama aplikasi Temu.in ditemukan beberapa masalah yakni desain aplikasi yang ada belum menerapkan kaidah desain yang tepat (mengacu pada material design) seperti belum menerapkan design system dan hierarki font. Hal-hal tersebut tentu saja berpotensi besar memengaruhi pengalaman pengguna saat aplikasi digunakan oleh target pengguna. Adapun penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi untuk mengetahui permasalahan yang mempengaruhi pengalaman pengguna pada desain aplikasi Temu.in menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heuristic Evaluation (HE). Selanjutnya desain perbaikan hasil evaluasi pengalaman pengguna dikembangkan menggunakan metode Design Thinking untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada desain lama aplikasi Temu.in. Berdasarkan pengujian menggunakan metode UEQ pada desain lama didapatkan hasil bahwa nilai rata-rata UEQ menghasilkan kualitas bad hingga below average. Selain itu hasil dari pengujian HE desain lama menghasilkan nilai severity rating yang rata-rata berkisar antara major dan catasthropic. Kemudian berdasarkan hasil pengujian pengalaman pengguna UEQ pada desain perbaikan menghasilkan nilai berkisar antara above average hingga excellent dan diketahui terjadi kenaikan nilai UX dari setiap aspek UEQ dengan kenaikan total keseluruhan yang telah dihitung rata-ratanya sebesar 166% serta hasil pengujian HE pada desain perbaikan memiliki nilai severity rating yang berkisar di minor dan dari 21 permasalahan turun menjadi 7 permasalahan pengalaman pengguna. Kedepannya penelitian selanjutnya perlu melakukan evaluasi dengan metode lain untuk mengetahui nilai kegunaan aplikasi Temu.in.
Referensi
Abrantes, C. et al., 2022. Analyzing and Visualizing the Criticality of Issues from Usability Tests. Journal of Usability Studies, 17(2), pp. 65-84.
Ali, G., Dida, M. A. & Sam, A. E., 2022. Heuristic Evaluation and Usability Testing of G-MoMo Applications. Journal of Information Systems Engineering and Management, 7(3), pp. 1-14.
Al-Qora’n, L., Salem, O. A. S. & Gordon, N., 2022. Heuristic Evaluation of Microsoft Teams as an Online Teaching Platform: An Educators’ Perspective. Computers, 11(175), pp. 1-13.
Dam, R. F., 2020. 5 Stages in the Design Thinking Process. [Online] Available at: https://www.interaction-design.org/literature/article/5-stages-in-the-design-thinking-process [Accessed 10 02 2022].
Gibbons , S., 2016. Design Thinking 101. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/design-thinking/ [Accessed 10 02 2022].
Joo, H., 2017. A Study on Understanding of UI and UX, and Understanding of Design According to User Interface Change. International Journal of Applied Engineering Research, 12(20), pp. 9931-9935.
Kruger, R. M., Gelderblom, H. & Beukes, W., 2016. The value of comparative usability and UX evaluation for e-commerce organisations. s.l., CONF-IRM 2016 Proceedings.
Laugwitz, B., Held, T. & Schrepp, M., 2008. Construction and Evaluation of a User Experience Questionnaire. Berlin, Lecture Notes in Computer Science, vol 5298.
Nielson, J., 1994. 10 Usability Heuristics for User Interface Design. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/ [Accessed 29 03 2022].
Santoso, H. B. et al., 2016. Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment. The Journal of Educators Online-JEO , Volume Vol. 13, pp. 58-74.
Schrepp, M., Hinderks, A. & Thomaschewski, J., 2017. Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(4), pp. 40-44.
Schrepp, M., Hinderks, A. & Thomaschewski, J., 2017. Design and Evaluation of a Short Version of the User Experience Questionnaire (UEQ-S). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(6), pp. 103-108.
Schrepp, M., Kollmorgen, J. & Thomaschewski, J., 2023. A Comparison of SUS, UMUX-LITE, and UEQ-S. Journal of User Experience, 18(2), pp. 86-104.
Abrantes, C. et al., 2022. Analyzing and Visualizing the Criticality of Issues from Usability Tests. Journal of Usability Studies, 17(2), pp. 65-84.
Ali, G., Dida, M. A. & Sam, A. E., 2022. Heuristic Evaluation and Usability Testing of G-MoMo Applications. Journal of Information Systems Engineering and Management, 7(3), pp. 1-14.
Al-Qora’n, L., Salem, O. A. S. & Gordon, N., 2022. Heuristic Evaluation of Microsoft Teams as an Online Teaching Platform: An Educators’ Perspective. Computers, 11(175), pp. 1-13.
Dam, R. F., 2020. 5 Stages in the Design Thinking Process. [Online] Available at: https://www.interaction-design.org/literature/article/5-stages-in-the-design-thinking-process [Accessed 10 02 2022].
Gibbons , S., 2016. Design Thinking 101. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/design-thinking/ [Accessed 10 02 2022].
Joo, H., 2017. A Study on Understanding of UI and UX, and Understanding of Design According to User Interface Change. International Journal of Applied Engineering Research, 12(20), pp. 9931-9935.
Kruger, R. M., Gelderblom, H. & Beukes, W., 2016. The value of comparative usability and UX evaluation for e-commerce organisations. s.l., CONF-IRM 2016 Proceedings.
Laugwitz, B., Held, T. & Schrepp, M., 2008. Construction and Evaluation of a User Experience Questionnaire. Berlin, Lecture Notes in Computer Science, vol 5298.
Nielson, J., 1994. 10 Usability Heuristics for User Interface Design. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/ [Accessed 29 03 2022].
Santoso, H. B. et al., 2016. Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment. The Journal of Educators Online-JEO , Volume Vol. 13, pp. 58-74.
Schrepp, M., Hinderks, A. & Thomaschewski, J., 2017. Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(4), pp. 40-44.
Schrepp, M., Hinderks, A. & Thomaschewski, J., 2017. Design and Evaluation of a Short Version of the User Experience Questionnaire (UEQ-S). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(6), pp. 103-108.
Schrepp, M., Kollmorgen, J. & Thomaschewski, J., 2023. A Comparison of SUS, UMUX-LITE, and UEQ-S. Journal of User Experience, 18(2), pp. 86-104.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.