Analisis Pengaruh Penggunaan Group Order (GO) pada Media Sosial LINE terhadap Kegiatan Penjualan Merchandise K-POP

Analisis Pengaruh Penggunaan Group Order (GO) pada Media Sosial LINE terhadap Kegiatan Penjualan Merchandise K-POP

Penulis

  • Baiq Sabrina Amelia Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aryo Pinandito Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

merchandise K-POP, post merchandise, transaksi, pendapatan, keuntungan, minat beli

Abstrak

Pengunaan media sosial di Indonesia meningkat tiap tahunnya. Pemanfaatan penggunaan media sosial dapat dilakukan oleh pelaku bisnis dengan membuat sebuah grup yang biasa dikenal dengan group order (GO). Tujuan dibuatnya GO adalah untuk mengumpulkan para penggemar K-POP yang ingin dan/atau sedang melakukan transaksi pembelian merchandise dengan pelaku bisnis. Pada penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan group order (GO) pada media sosial terhadap kegiatan penjualan merchandise menggunakan analisis regresi linear. Adapun variabel yang akan diteliti yaitu jumlah post merchandise sebagai variabel independen, minat beli sebagai variabel intervening, dan jumlah transaksi, jumlah pendapatan, serta jumlah keuntungan sebagai variabel dependen. Hasil analisis data menyatakan bahwa terdapat penggunaan group order yang diwakili oleh variabel jumlah post merchandise mempengaruhi kegiatan penjualan merchandise K-POP meliputi jumlah transaksi, jumlah pendapatan, dan jumlah keuntungan group order. Adanya variabel intervening minat beli di dalam model penelitian tidak memberikan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kegiatan penjualan merchandise K-POP karena memiliki nilai koefisien determinasi yang tidak jauh berbeda dengan model penelitian tanpa menggunakan variabel intervening minat beli.

Referensi

Abdullah, M., 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arikunto, S., 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Damanik, K.I. dan Sasongko, G., 2011. Pengantar Ilmu Ekonomi: Mikro Ekonomi. 2nd ed. Pengantar Ilmu Ekonomi, Salatiga: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana.

Darmanto, A.R.P. dan Sari, D., 2022. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Bradermaker Store. Management, 9(2), pp.727–733.

Dewi, E., 2018. Pengaruh Motivasi, Kepercayaan Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Produk Sparepart Sepeda Motor Merek Federal Parts di Desa Kedunggalar, Kabupaten Ngawi). [online] Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Available at: <http://eprints.umpo.ac.id/4081/>.

Ghozali, I., 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. 8th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, S.P. dan Permana, E., 2022. Strategi Pemasaran Merchandise Korea di Kalangan Generasi Z. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic.

Harnanto, 2019. Dasar-Dasan Akuntansi. Yogyakarta: ANDI.

Indrawati, P., 2015. Penelitian Manajemen Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Iqbal, M., 2023. Line Revenue and Usage Statistics (2023). [online] Available at: <https://www.businessofapps.com/data/line-statistics/> [Accessed 1 March 2023].

Javier, F., 2021. Ada 7,5 Miliar Twit K-Pop pada Juli 2020-Juni 2021, Terbanyak dari Indonesia. [online] Available at: <https://data.tempo.co> [Accessed 17 March 2023].

Lailiawati, N., 2022. Pengaruh Content Marketing, Frekuensi Penayangan Iklan, Dan Kualitas Pelayanan Dalam Media sosial (Instagram) Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Toko Fashion Qomeshop Kota Kediri). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri PENGARUH, pp.906–915.

Lestari, O.I., 2021. Penerapan Pencatatan Pendapatan dan Beban Pada Warehouse PT. Supra Raga Transport. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Lianda, F.A., 2020. CELEBRITY WORSHIP DAN PERILAKU KONSUMTIF PADA FANGIRL K-POP. Universitas Negeri Jakarta.

Liani, D.N., Rina, N., Sos, S. dan Si, M., 2020. Motif Penggunaan Media Sosial Twitter (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Pengikut Akun Twitter @EXOind). Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 20(1), pp.63–67.

LINE, 2023. LINE. [online] Available at: <https://line.me/id/> [Accessed 24 February 2023].

Mahdi, M.I., 2022. Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. [online] Available at: <https://dataindonesia.id/digital> [Accessed 3 January 2023].

Maryati, E. dan Siswanti, T., 2022. 66-134-1-Sm. JIMA Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, VOL.2, NO.(1), pp.22–31.

Mishra, P., Pandey, C.M., Singh, U., Gupta, A., Sahu, C. dan Keshri, A., 2019. Descriptive statistics and normality tests for statistical data. Annals of Cardiac Anaesthesia, 22(1), pp.67–72.https://doi.org/10.4103/aca.ACA_157_18.

Nelder, J.A. dan Wedderburn, W.M., 1972. Generalized Linear Model. Journal of the Royal Statistical Society. Series A (General), 135(3), pp.370–384. https://doi.org/https://doi.org/ 10.2307/2344614.

Nuryadi, Astuti, T.D., Utami, E.S. dan Budiantara, M., 2017. Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. 1st ed. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.

Obar, J.A. dan Wildman, S., 2015. Social media definition and the governance challenge: An introduction to the special issue. Telecommunications Policy, 39(9), pp.745–750. https://doi.org/10.1016/j.telpol.2015.07.014.

Purwanto, N., 2019. VARIABEL DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN. Jurnal Teknodik, [online] 6115, pp.196–215. https://doi.org/10.32 550/teknodik.v0i0.554.

Puthussery, A., 2020. Digital marketing: an overview. 1st ed. Chennai: Notion Press.

Saretta, I.R., 2022. Ini Pengertian Merchandise, Jenis, dan Fungsinya untuk Promosi Bisnis. [online] cermati. Available at: <https://www.cermati.com/artikel/pengertian-merchandise> [Accessed 6 March 2023].

Sinaga, D., 2014. Buku Ajar Statistitk Dasar. Jakarta Timur: UKI PRESS.

Stice, J.D., Stice, E.K. dan Skousen, K.F., 2011. Akuntansi Keuangan Intermediate Accounting. 16th ed. Jakarta: Salemba Empat.

Sulaiman, W., 2004. Analisis Regresi Menggunakan SPSS Contoh Kasus Dan Pemecahannya. 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suzatri, A., 2022. Arti GO (Grup Order) Istilah Jual Beli Barang K-Pop Online, Anak K-Popers Wajib Tahu. [online] TribunSumsel. Available at: <https://www.msn.com/id> [Accessed 6 March 2022].

Taherdoost, H., 2019. What Is the Best Response Scale for Survey and Questionnaire Design; Review of Different Lengths of Rating Scale / Attitude Scale / Likert Scale. International Journal of Academic Research in Management (IJARM), [online] 8(1), pp.1–10. Available at: <https://papers.ssrn.com/ sol3/papers.cfm?abstract_id=3588604>.

Tuturoong, A., Sondakh, J.J. dan Tangkuman, S.J., 2021. Evaluasi Pengakuan Pendapatan Pada PT. Bank Perkreditan rakyat (BPR) Primaesa Sejahtera Manado. Emba, 9(2), pp.148–156.

Ulfa, R., 2019. Variabel Penelitian dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Keislaman, pp.342–351.

Zahro, J., Caraka, R. dan Herliansyah, R., 2018. Aplikasi Generalized Linear Model pada R.

Ziyya, A.A., 2019. Perancangan Identitas Brand dan Media Promosi Untuk Bisnis Merchandise K-pop. [online] Universitas Ciputra. Available at: <https://dspace.uc.ac.id/bitstream/handle/123456789/2249/Bab 1.pdf?sequence=2&isAllowed=y>.

Diterbitkan

02 Okt 2023

Cara Mengutip

Amelia, B. S., & Pinandito, A. (2023). Analisis Pengaruh Penggunaan Group Order (GO) pada Media Sosial LINE terhadap Kegiatan Penjualan Merchandise K-POP. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12740

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...