Perancangan User Experience Website Informasi Pelayanan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gresik dengan Metode Pendekatan Human-Centered Design

Perancangan User Experience Website Informasi Pelayanan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gresik dengan Metode Pendekatan Human-Centered Design

Penulis

  • Sennazianur Annisa Sari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Riswan Septriayadi Sianturi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

user experience, human-centered design, single ease question, sistem informasi, badan narkotika nasional

Abstrak

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gresik tidak hanya melayani warga Gresik saja, tetapi warga di wilayah sekitar Gresik juga yang tidak terdapat kantor BNNK. Masih banyak masyarakat Gresik yang tidak mengetahui informasi terkait alur permohonan pelayanan dengan akurat, hal ini membuat mereka sering bolak-balik untuk melengkapi persyaratan pelayanan. Kantor BNNK Gresik yang tidak menetap dan belum adanya berkas cadangan pun menjadi permasalahan bagi pihak pegawai, karena banyak data permohonan yang hilang ataupun rusak. Menindaklanjuti permasalahan tersebut maka dirancanglah website sistem informasi pelayanan dengan harapan masyarakat dapat melakukan permohonan layanan dengan mudah, pegawai BNNK Gresik pun tidak khawatir berkas permohonan layanan rusak. Agar mendapatkan hasil user experience yang baik digunakanlah Human-Centered Design yang berfokus terhadap kebutuhan pengguna, melibatkan stakeholder maupun masyarakat. Evaluasi desain solusi menggunakan pengujian usability yang pada masing-masing kelompok pengguna mengalami dua iterasi. Terhadap lima responden masyarakat, hasil akhir keberhasilan efektivitasnya stabil 100%, rata-rata nilai efisiensi meningkat menjadi 0,03 goals/sec, serta rata-rata kepuasan pengguna dengan menggunakan single ease question menjadi lebih baik di angka 6,57. Sementara itu pada empat responden pegawai BNNK Gresik tingkat keberhasilan efektivitasnya stabil 100%, efisiensinya meningkat lebih baik menjadi 0,032 goals/sec, dan kepuasan pengguna menjadi lebih mudah dengan nilai 6,75.

Referensi

Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), n.d. Profil Badan Narkotika Nasional. Tersedia di <https://bnn.go.id/profil/> [Diakses 27 Juli 2023].

Barlow, M. & Lévy‐Bencheton, C., 2018. Human-Centered Design. In: Smart Cities,Smart Future: Showcasing Tomorrow. Canada: John Wiley & Sons, Inc., pp.97-113.

Fitra, L., Tolle, H. & Az-Zahra, H.M., 2021. Perancangan User Experience Aplikasi Portal Smart City Kota Malang dengan Metode Pendekatan Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(2). http://j-ptiik.ub.ac.id

International Organization for Standardization, 2010. ISO 9241-210:2010. Tersedia di <https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-1:v1:en> [Diakses 14 Februari 2022].

International Organization for Standardization, 2018. ISO 9241-11:2018. Tersedia di: <https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-11:ed-2:v1:en> [Diakses 22 Februari 2022].

MacDonald, D., et al, 2020. Human-Centered Design Is More Important Than Ever. Tersedia di <https://www.bcg.com/publications/2020/the-importance-of-human-centered-design> [Diakses 25 Februari 2022].

Morville, P., 2004. User Experience Design. Tersedia di <http://semanticstudios.com/user_experience_design/> [Diakses 18 Februari 2022].

Mulya, R., 2019. BNNP Jatim Dorong Setiap Kabupaten Kota Memiliki BNNK. Tersedia di: <https://timesindonesia.co.id/amp/peristiwa-daerah/213755/bnnp-jatim-dorong-setiap-kabupaten-kota-memiliki-bnnk> [Diakses 10 Februari 2022].

Norman, D., 2018. Principles of Human-Centered Design. Tersedia di: <https://www.nngroup.com/videos/principles-humancentered-design-don-norman/> [Diakses 18 Februari 2022].

Nurqolbiah, N., Malfiany, R. & Suherman, Y., 2022. Sistem Informasi Pelayanan Permohonan Surat Keterangan Usaha Pada Kelurahan Karangpawitan. Dirgamaya, 2(2), pp. 40-47.

Sauro, J., 2018. Using Task Ease (SEQ) to Predict Completion Rates and Times. Tersedia di: <https://measuringu.com/seq-prediction/> [Diakses 22 Juni 2023].

usability.gov, 2022. User Experience Basics. Tersedia di: <https://www.usability.gov/what-and-why/user-experience.html> [Diakses 20 Februari 2022].

Unduhan

Diterbitkan

02 Oct 2023

Cara Mengutip

Sari, S. A., Sianturi, R. S., & Az-Zahra, H. M. (2023). Perancangan User Experience Website Informasi Pelayanan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gresik dengan Metode Pendekatan Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(7), 3102–3110. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12785

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...