Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Mobile Penyaluran Sampah Masker Medis menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Dumask Indonesia)

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Mobile Penyaluran Sampah Masker Medis menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Dumask Indonesia)

Penulis

  • Aulia Megha Ramadhani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Lufti Fanani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

pengalaman pengguna, sampah masker, penyaluran sampah, design thinking, usability thinking

Abstrak

Awal tahun 2020, Indonesia digemparkan oleh penyebaran virus COVID-19 sehingga pemerintah menghimbau masyarakat wajib menggunakan masker. Hal ini rupanya memicu masalah baru yaitu penumpukan sampah masker yang menjadi alasan utama terbentuknya Dumask Indonesia. Dumask Indonesia berperan dalam menerima dan mengolah sampah masker. Namun semenjak pandemi COVID-19 mereda, sampah masker yang diterima mulai berkurang. Dumask Indonesia berencana ingin menerapkan sistem akumulasi poin sebagai daya tarik, disamping penyaluran sampah masker yang masih menerapkan biaya olah, tetapi belum mengetahui cara efektif dan efisien untuk mengimplementasikannya. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk membuat perancangan pengalaman pengguna aplikasi mobile penyaluran sampah masker medis menggunakan metode Design Thinking dengan studi kasus Dumask Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam menyalurkan sampah masker ke pihak Dumask Indonesia serta menarik lebih banyak minat untuk menyalurkan sampah masker. Penulis menggunakan metode Design Thinking dalam penelitian untuk lebih memahami kebutuhan dari sudut pandang pengguna. Hasil akhir penelitian ini berupa desain solusi dalam bentuk high-fidelity mockup beserta front-end aplikasi Android. Kemudian pada pengujiannya menggunakan metode usability testing dengan menghasilkan presentase 84.61% pada aspek efektivitas, 0.123 goals/detik pada aspek efisiensi berdasarkan waktu, serta memperoleh skor 83.75 dalam aspek kepuasan pengguna menggunakan kuisioner berstandar System Usability Scale (SUS).

Referensi

Surat Edaran Tentang Penggunaan Masker dan Penyediaan Sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Untuk Mencegah Penularan CORONAVIRUS Desease 19 (COVID-19), Pub. L. No. NOMOR HK.02.02/I/385/2020 (2020). https://covid19.go.id/p/regulasi/surat-edaran-nomor-hk0202i3852020

Hertzum, M. (2020). Usability Testing A Practitioner’s Guide to Evaluating the User Experience (J. M. Carroll, Ed.). Morgan & Claypool.

Karnawan, G., Andryana, S., Komalasari, R. T., & Artikel, R. (2020). Implementation of User Experience Using the Design Thinking Method in Prototype Cleanstic Applications. Tahun, 6(1). http://http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jtmi

Maniek Wijayanto, A., Triayudi, A., Rubhasy, A., Teknologi Komunikasi dan Informatika, F., Nasional Ps Minggu, U., Jakarta Selatan, K., & Khusus Ibukota Jakarta, D. (2021). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Rancang Aplikasi Penanganan Laporan Pencurian Barang Berharga di POLSEK Sukmajaya. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 267–276. https://doi.org/10.29100/JIPI.V6I2.2026

Pressman, A. (2019). Design Thinking: A Guide to Creative Problem Solving for Everyone.

Reza, T. (2020, March 7). Gudang Penyimpanan Masker Bekas Berhasil Digerebek, Ditemukan Ribuan Masker Siap Edar. Kompas TV. https://www.kompas.tv/article/70129/gudang-penyimpanan-masker-bekas-berhasil-digerebek-ditemukan-ribuan-masker-siap-edar

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (1st ed.). Graha Ilmu.

Selvaranjan, K., Navaratnam, S., Rajeev, P., & Ravintherakumaran, N. (2021). Environmental challenges induced by extensive use of face masks during COVID-19: A review and potential solutions. Environmental Challenges, 3, 100039. https://doi.org/10.1016/J.ENVC.2021.100039

Theomas, J., Kurniawan, M. R., Novianti, S. N., & Humaira, T. (2021). Perancangan Desain Aplikasi Tempat Sampah Digital “E-Trash Bin” Dengan Metode SCAMPER. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Robotika, 3, 34–41. http://jifti.upnjatim.ac.id/index.php/jifti/article/view/41/29

World Health Organization (WHO). (2022). Indonesia: WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard With Vaccination Data. https://covid19.who.int/region/searo/country/id

Xu, E. G., & Ren, Z. J. (2021). Preventing masks from becoming the next plastic problem. Frontiers of Environmental Science and Engineering, 15(6). https://doi.org/10.1007/s11783-021-1413-7

Diterbitkan

11 Okt 2023

Cara Mengutip

Ramadhani, A. M., Fanani, L., & Az-Zahra, H. M. (2023). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Mobile Penyaluran Sampah Masker Medis menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Dumask Indonesia). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12802

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...