Pengembangan Aplikasi Pencarian Tempat Penitipan Anak berbasis Android

Pengembangan Aplikasi Pencarian Tempat Penitipan Anak berbasis Android

Penulis

  • Mahendra Yuda Tama Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Lutfi Fanani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Adam Hendra Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

tempat penitipan anak, speech communication think aloud, usability

Abstrak

Orang tua yang memiliki kesibukan berkerja diluar rumah membutuhkan bantuan dalam mengasuh anak mereka. Tempat Penitipan Anak (TPA) menjadi sebuah sarana sebagai pengganti keluarga untuk jangka waktu ketika orang tua bekerja atau keperluan lain. Berdasarkan data kuisioner yang didapat diketahui orang tua mengalami kesulitan dalam mencari tempat penitipan anak dan informasinya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu orang tua dalam mencari tempat penitipan anak dan informasinya dengan cara mengembangkan aplikasi pencarian tempat penitipan anak. Pengenmbangan aplikasi pencarian tempat penitipan anak dilakukan menggunakan software development lifecycle waterfall. Pada analisis kebutuhan terdapat 24 kebutuhan fungsional dan 2 non-fungsional. Pada tahap perancangan meliputi perancangan activity diagram, sequence diagram, pseudocode, class diagram, basis data, dan antarmuka. Kemudian pada tahap implementasi menghasilkan implementasi basis data dan 15 tampilan antarmuka. Pada proses pengujian menghasilkan 100% valid pada black-boxdan compatibility. Pengujian usability dilakukan menggunakan metode speech communication think aloud dan performance measurement. Performance measurement diukur menggunakan success rate untuk efisiensinya dan time based efficiency untuk efisiensinya. Pengujian efektifitas didapat success rate sebesar 93,33%. Pengujian efisiensi didapat time based efficiency sebersar 0,128561684 goals/detik.

Referensi

Cahyani, A. D. & Nurmalasari, 2016. Sistem Informasi Taman Pengasuhan Anak (SiTamPAn) Berbasis Web Pada Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 1(1), pp. 67-84.

Catanio, J. T., 2010. A Framework to Analyze Software Analysis Techniques. Advanced Techniques in Computing Sciences and Software Engineering.

Chatterjee, N., Chakraborty, S., Decosta, A. & Nath, A., 2018. Real-time Communication Application Based on Android Using Google Firebase. International Journal of Advance Research in Computer Science and Management Studies, 6(4), pp. 74-79.

Febrian, V., Ramadhan, M. R., M. F. & Saifudin, A., 2020. Pengujian pada Aplikasi Penggajian Pegawai dengan menggunakan Metode Blackbox. Junal Informatika Universitas Pamulang, Volume 5, pp. 61-66.

Firebase, 2016. Firebase. [Online]

Available at: https://firebase.google.com/docs?hl=id

[Accessed 5 May 2022].

Haviluddin, 2011. Memahami Penggunaan UML ( Unified Modelling Language )’,. Jurnal Informatika Mulawarman, Volume 6, pp. 1-15.

Indonesia Survey Center, 2020. Laporan Survei Internet APJII 2019 - 2020 [Q2]. [Online]

Available at: https://apjii.or.id/survei

[Accessed 2 Februari 2022].

Indrawan, I. & Wijoyo, H., 2020. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Purwokerto Selatan: Pena Persada.

Kumar, M., kamal, k. k., Varyani, B. & Kale, M., 2015. Analysis of Optimization Requirement of Mobile Application Testing Procedure. pp. 297-300.

Layona, R. & Yulianto, B., 2016. Aplikasi Pencarian Informasi Dan Lokasi Tempat Makan Pada Perangkat Mobile Berbasis Android. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 02(02), pp. 9-16.

Mifsud, J., 2011. usabilitygeek. [Online]

Available at: https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/

[Accessed 9 6 2023].

Prabhu, S. & Visalakshi, S., 2015. Android Operating System: A Review. International Journal of Trend in Research and Development, 2(5).

Pressman, R. S., 2011. Book review: Software Engineering: a Practitioner’s Approach. In: A. Tucker & B. College, eds. New York: McGraw-Hill.

Rahmawan, A. Z., & Effendi, Z. (2021). Implementasi Society 5.0 dalam Kebijakan dan Strategi Pendidikan pada Pandemi Covid-19. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2 (1), 34–43.

Rojas, C. N., Peñafiel, G. A. A., Buitrago, D. F. L., & Romero, C. A. T. (2021). Society 5.0: A Japanese Concept for a Superintelligent Society. Sustainability, 13 (12), 1–16. https://doi.org/10.3390/su13126567

Roshita, A., Schubert, E. & Whittaker, M., 2012. Child-care and Feeding Practices of Urban Middle Class Working and Non-Working Indonesian Mothers:a Qualitative Study of the Socio-economic and Cultural Environment. Maternal and Child Nutrition, pp. 299-314.

S, A. M. & Mahmuda, S. N., 2022. Perancangan Aplikasi Presensi Mahasiswa Teknik Industri UNISKA Menggunakan QR-Code dan Geotagging Berbasis Android. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), pp. 319-324.

Satrio, M. A., Abdillah, L. A. & Syazili, A., 2017. APLIKASI PRESENSI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN QR CODE. SENTIKOM2017.

Sauro, j., 2011. Measuring U. [Online]

Available at: https://measuringu.com/completion-rates/

[Accessed 25 May 2023].

Setiyani, L., 2019. Pemodelan dan Perancangan Aplikasi Manajemen Presensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Mobile Android. Faktor Exacta, pp. 40-50.

Sidik, A., 2018. Penggunaan System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile. Technologia, Volume 9, pp. 83-88.

Unduhan

Diterbitkan

02 Okt 2023

Cara Mengutip

Tama, M. Y., Fanani, L., & Brata, A. H. (2023). Pengembangan Aplikasi Pencarian Tempat Penitipan Anak berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(7), 3215–3224. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12803

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...