Perancangan User Experience Aplikasi Posyandu Remaja menggunakan Metode User-Centered Design (Studi Kasus: Puskesmas Jogoloyo Kabupaten Jombang)
Kata Kunci:
Posyandu Remaja, Puskesmas Jogoloyo, user experience, User-Centered Design, usability testingAbstrak
Masa remaja merupakan masa yang perlu mendapatkan perhatian khusus karena remaja akan mulai menghadapi berbagai tantangan dari lingkungannya. Remaja yang tidak mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut akan menghadapi berbagai masalah kesehatan. Faktor utama penyebab berbagai permasalahan risiko kesehatan remaja adalah sulitnya akses informasi kesehatan yang sampai pada remaja. Melalui kegiatan observasi dan wawancara kepada pembina posyandu diperoleh data bahwa dari 5453 total remaja rentang usia 10-18 tahun, hanya 28,6% rata-rata remaja yang mengikuti posyandu remaja. Kurangnya minat remaja terhadap kegiatan posyandu remaja dikarenakan kurangnya inovasi kegiatan dan terbatasnya sarana dan prasarana kesehatan bagi posyandu remaja. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian merancang user experience aplikasi posyandu remaja yang dapat membantu mengatasi permasalahan yang terjadi di Posyandu Remaja Puskesmas Jogoloyo. Penelitian berpedoman pada metode User-Centered Design (UCD) yang berfokus kepada kebutuhan pengguna. Pengujian dilakukan menggunakan usability testing kepada 9 responden pembina dan 12 responden remaja dengan 3 aspek pengujian yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Aspek efektivitas memperoleh nilai sebesar 63,6% pembina posyandu dan 83,85% remaja. Aspek efisiensi pembina mendapatkan nilai 0,075 goals/sec dan remaja 0,0545 goals/sec. Aspek kepuasan pembina mendapatkan nilai 80,56 dan remaja 81,67. Hasil tersebut dikategorikan adjectives rating excellent, grade scale B, dan acceptable.
Referensi
Abras, C., Maloney-Krichmar, Preece & Jenny, 2004. User-Centered Design. W. Encyclopedia of Human-Computer Interaction ed. Bainbridge: Thousand Oaks: Sage Publicantions (in press).
Chammas, A., Quaresma, M. & Mont'Alvao, C., 2015. researchgate.net. [Online] Available at: https://www.researchgate.net/publication/283962705_A_Closer_Look_on_the_User_Centred_Design [Accessed 11 Januari 2022].
Interaction Design Foundation, 2018. Topics: Mobile User Experience (UX) Design. [Online] Available at: https://www.interaction-design.org/literature/topics/mobile-ux-design [Accessed 17 Maret 2022].
Kepmenkes RI, 2018. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Posyandu Remaja. Jakarta: Kemenkes RI.
Lukman, A. M. & Aryanto, D., 2019. Aplikasi Edukasi Ekosistem Pengenalan Dunia Hewan Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Sains dan Manajemen, 7(2), pp. 58-59.
Moran, K., 2019. Articles: Usability Testing - 101. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/ [Accessed 13 Agustus 2021].
Nielsen, J., 2012. Article: Usability 101: Introduction to Usability. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-tousability/ [Accessed 13 Agustus 2021].
Novaeni, N., Agusyahbana, F. & Mawarni, A., 2018. Pengembangan Aplikasi Edukaksu Kesehatan Reproduksi Remaja Berbasis Android Untuk Pembelajaran Biologi di SMA Pius Kabupaten Purworejo Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, VI(1), pp. 138-147.
Perwitasari, I. D. & Hendrawan, J., 2020. Rancang Bangun Sistem E-Posyandu Penjadwalan dan Monitoring Perkembangan Bayi Berbasis Android. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), III(1), pp. 1-8.
Resmiati, Putra, M. E. & Femelia, W., 2021. Efektivitas Aplikasi Edukasi Gizi Remaja Berbasis Android untuk Pencegahan Stunting. Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah problema Kesehatan, VI(2), pp. 443-451.
WHO, 2001. The WHO STEPwise approach: Surveillance of Risk Factors for Noncommunicable Deseases. Geneva: s.n.
Abras, C., Maloney-Krichmar, Preece & Jenny, 2004. User-Centered Design. W. Encyclopedia of Human-Computer Interaction ed. Bainbridge: Thousand Oaks: Sage Publicantions (in press).
Chammas, A., Quaresma, M. & Mont'Alvao, C., 2015. researchgate.net. [Online] Available at: https://www.researchgate.net/publication/283962705_A_Closer_Look_on_the_User_Centred_Design [Accessed 11 Januari 2022].
Interaction Design Foundation, 2018. Topics: Mobile User Experience (UX) Design. [Online] Available at: https://www.interaction-design.org/literature/topics/mobile-ux-design [Accessed 17 Maret 2022].
Kepmenkes RI, 2018. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Posyandu Remaja. Jakarta: Kemenkes RI.
Lukman, A. M. & Aryanto, D., 2019. Aplikasi Edukasi Ekosistem Pengenalan Dunia Hewan Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Sains dan Manajemen, 7(2), pp. 58-59.
Moran, K., 2019. Articles: Usability Testing - 101. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/ [Accessed 13 Agustus 2021].
Nielsen, J., 2012. Article: Usability 101: Introduction to Usability. [Online] Available at: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-tousability/ [Accessed 13 Agustus 2021].
Novaeni, N., Agusyahbana, F. & Mawarni, A., 2018. Pengembangan Aplikasi Edukaksu Kesehatan Reproduksi Remaja Berbasis Android Untuk Pembelajaran Biologi di SMA Pius Kabupaten Purworejo Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, VI(1), pp. 138-147.
Perwitasari, I. D. & Hendrawan, J., 2020. Rancang Bangun Sistem E-Posyandu Penjadwalan dan Monitoring Perkembangan Bayi Berbasis Android. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), III(1), pp. 1-8.
Resmiati, Putra, M. E. & Femelia, W., 2021. Efektivitas Aplikasi Edukasi Gizi Remaja Berbasis Android untuk Pencegahan Stunting. Jurnal Endurance : Kajian Ilmiah problema Kesehatan, VI(2), pp. 443-451.
WHO, 2001. The WHO STEPwise approach: Surveillance of Risk Factors for Noncommunicable Deseases. Geneva: s.n.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.