Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual Elemen Perangkat Lunak Desain di SMKN 5 Malang
Kata Kunci:
project based learning, tutor sebaya, berpikir kreatifAbstrak
Berpikir kreatif adalah suatu pemikiran yang berupaya membuat gagasan baru atau menciptakan ide baru. Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2020/2021 menimbulkan berbagai masalah dalam berlangsungnya proses pembelajaran, permasalahan yang dimaksud adalah kemampuan berpikir kreatif siswa masih belum maksimal dijalankan. Identifikasi masalah melalui wawancara bersama guru SMKN 5 Malang menunjukkan bahwa kurangnya berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning Berbantuan tutor sebaya terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Desain Komunikasi Visual elemen Perangkat Lunak Desain. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Weak Eksperimen Static Group Pretest Posttest. Sample Penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen (XI DKV 1) menggunakan model Project Based Learning Berbantuan tutor sebaya dan siswa kelas kontrol (XI DKV 2) menerapkan model Project Based Learning sebagai pembanding. Hasil temuan yang didapatkan yaitu meliputi keterampilan berpikir kreatif, hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik siswa. Hasil uji hipotesis yang telah dilakukan disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berbantuan tutor sebaya memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa (z(60)=-2,698; p<0,01; d=0,35, dan hasil belajar psikomotorik (z(60)=-3,135; p<0,01; d=0,4 sehingga H0 ditolak. Serta tidak terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif (z(60)=-1,732; p>0,05; sehingga H0 gagal ditolak.
Referensi
Abidin, Z., Karyono, H., Rahayu, M., Pascasarjana, ), Pgri, U., Surabaya, A., Dukuh, J., Xii, M., Menanggal, D., Gayungan, K., Sby, K., & Timur, J. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif di SMK. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika, 06, 58–64.
Ekasari, M. F. (2022). Latihan Keterampilan Hidup Remaja. In Wineka Media (pp. 1–87). https://www.google.co.id/books/edition/Latihan_Keterampilan_Hidup_Bagi_Remaja/9PJvEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=berpikir+kreatif+siswa&pg=PA46&printsec=frontcover
Enterprise, J. (2015). Trik Membuat Skripsi & Statistik dengan Word dan SPSS. PT Elex Media Komputindo.
Fatimah, S. (2019). Analysis of the Use of Learning Media Through the Peer Tutor Toward Creative Thinking Skills and Interpersonal Communication of Preservice Teachers in Primary Teacher Education Programs. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(1). https://doi.org/10.20961/shes.v2i1.37644
Hidayat, T., & Istiadah, N. (2011). Panduan Lengkap Menguasai SPSS 19 untuk Mengolah Data Statistik Penelitian. Medikita.
Kaspani, U., Windyariani, S., & Setiono. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Remedial. Jurnal Utile, VIII(2), 105–120.
Mahtumi, I., Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). In Uwais Inpirasi Indonesia (pp. 1–36). https://www.google.co.id/books/edition/Pempelajaran_Berbasis_Proyek_Projects_BA/xKyTEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=project+based+learning+indonesia&printsec=frontcover
N, F. P., & Hanesman. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 8, 28–36. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index
Nahdiah, A., & Handayani, S. L. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Google Meet terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Journal of Elementary Education, 5, 2377–2383.
Ningsih, M. Y., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(2), 42–51. https://doi.org/10.37729/jips.v2i2.1403
Novidianti, Rizal, F., & Usmeldi. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 76–84. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2
Nurlizawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 33. https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127
Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using IBM SPSS. Open University Press/McGraw-Hill.
Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. In K-Media Yogyakarta (pp. 1–66). https://s3ppi.umy.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/Tutorial-Pembelajaran-Berbasis-Proyek_Halim-P_compressed.pdf
Sabri, I., & Yanuartuti, S. (2023). Teori Kreativitas dan Pendidikan Kreativitas. In Andriyanto (Ed.), Lakeisha (pp. 1–142). https://www.google.co.id/books/edition/Teori_Kreativitas_dan_Pendidikan_Kreativ/ATeqEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=berpikir+kreatif+siswa&pg=PA141&printsec=frontcover
Setiana, N. D. (2019). Pengaruh Metode Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Kelas V SD N Mangunsari 06. Jurnal JRPP, 2(1). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenadamedia Group.
Simanjuntak, M. P., Bukit, N., Sagala, Y. D. A., Putri, R. K., Utami, Z. L., & Motlan. (2019). Desain Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap 4CP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 7(3), 38–46. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafie-issn2549-8258,p-issn2337-4624
Sudjamiko. (2020). Metode Tutor Sebaya ((Peer Tutoring) dalam Pembelajaran Gambar Teknik di SMK (Z. Arifin, Ed.; pp. 1–23). CV Adanu Abimata.
Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan: Konsep & Aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi & Ilmu Sosial Lainnya. PT Elex Media Komputindo.
Abidin, Z., Karyono, H., Rahayu, M., Pascasarjana, ), Pgri, U., Surabaya, A., Dukuh, J., Xii, M., Menanggal, D., Gayungan, K., Sby, K., & Timur, J. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif di SMK. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika, 06, 58–64.
Ekasari, M. F. (2022). Latihan Keterampilan Hidup Remaja. In Wineka Media (pp. 1–87). https://www.google.co.id/books/edition/Latihan_Keterampilan_Hidup_Bagi_Remaja/9PJvEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=berpikir+kreatif+siswa&pg=PA46&printsec=frontcover
Enterprise, J. (2015). Trik Membuat Skripsi & Statistik dengan Word dan SPSS. PT Elex Media Komputindo.
Fatimah, S. (2019). Analysis of the Use of Learning Media Through the Peer Tutor Toward Creative Thinking Skills and Interpersonal Communication of Preservice Teachers in Primary Teacher Education Programs. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(1). https://doi.org/10.20961/shes.v2i1.37644
Hidayat, T., & Istiadah, N. (2011). Panduan Lengkap Menguasai SPSS 19 untuk Mengolah Data Statistik Penelitian. Medikita.
Kaspani, U., Windyariani, S., & Setiono. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Remedial. Jurnal Utile, VIII(2), 105–120.
Mahtumi, I., Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). In Uwais Inpirasi Indonesia (pp. 1–36). https://www.google.co.id/books/edition/Pempelajaran_Berbasis_Proyek_Projects_BA/xKyTEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=project+based+learning+indonesia&printsec=frontcover
N, F. P., & Hanesman. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 8, 28–36. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index
Nahdiah, A., & Handayani, S. L. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Google Meet terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Journal of Elementary Education, 5, 2377–2383.
Ningsih, M. Y., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(2), 42–51. https://doi.org/10.37729/jips.v2i2.1403
Novidianti, Rizal, F., & Usmeldi. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 76–84. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2
Nurlizawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 33. https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127
Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using IBM SPSS. Open University Press/McGraw-Hill.
Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. In K-Media Yogyakarta (pp. 1–66). https://s3ppi.umy.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/Tutorial-Pembelajaran-Berbasis-Proyek_Halim-P_compressed.pdf
Sabri, I., & Yanuartuti, S. (2023). Teori Kreativitas dan Pendidikan Kreativitas. In Andriyanto (Ed.), Lakeisha (pp. 1–142). https://www.google.co.id/books/edition/Teori_Kreativitas_dan_Pendidikan_Kreativ/ATeqEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=berpikir+kreatif+siswa&pg=PA141&printsec=frontcover
Setiana, N. D. (2019). Pengaruh Metode Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Kelas V SD N Mangunsari 06. Jurnal JRPP, 2(1). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenadamedia Group.
Simanjuntak, M. P., Bukit, N., Sagala, Y. D. A., Putri, R. K., Utami, Z. L., & Motlan. (2019). Desain Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap 4CP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 7(3), 38–46. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafie-issn2549-8258,p-issn2337-4624
Sudjamiko. (2020). Metode Tutor Sebaya ((Peer Tutoring) dalam Pembelajaran Gambar Teknik di SMK (Z. Arifin, Ed.; pp. 1–23). CV Adanu Abimata.
Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan: Konsep & Aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi & Ilmu Sosial Lainnya. PT Elex Media Komputindo.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.