Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual Elemen Perangkat Lunak Desain di SMKN 5 Malang

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual Elemen Perangkat Lunak Desain di SMKN 5 Malang

Penulis

  • Fadwa Nazirah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Prima Zulfarina Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

project based learning, tutor sebaya, berpikir kreatif

Abstrak

Berpikir kreatif adalah suatu pemikiran yang berupaya membuat gagasan baru atau menciptakan ide baru. Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2020/2021 menimbulkan berbagai masalah dalam berlangsungnya proses pembelajaran, permasalahan yang dimaksud adalah kemampuan berpikir kreatif siswa masih belum maksimal dijalankan. Identifikasi masalah melalui wawancara bersama guru SMKN 5 Malang menunjukkan bahwa kurangnya berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning Berbantuan tutor sebaya terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Desain Komunikasi Visual elemen Perangkat Lunak Desain. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Weak Eksperimen Static Group Pretest Posttest. Sample Penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen (XI DKV 1) menggunakan model Project Based Learning Berbantuan tutor sebaya dan siswa kelas kontrol (XI DKV 2) menerapkan model Project Based Learning sebagai pembanding. Hasil temuan yang didapatkan yaitu meliputi keterampilan berpikir kreatif, hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik siswa. Hasil uji hipotesis yang telah dilakukan disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berbantuan tutor sebaya memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa (z(60)=-2,698; p<0,01; d=0,35, dan hasil belajar psikomotorik (z(60)=-3,135; p<0,01; d=0,4 sehingga H0 ditolak. Serta tidak terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif (z(60)=-1,732; p>0,05; sehingga H0 gagal ditolak.

Referensi

Abidin, Z., Karyono, H., Rahayu, M., Pascasarjana, ), Pgri, U., Surabaya, A., Dukuh, J., Xii, M., Menanggal, D., Gayungan, K., Sby, K., & Timur, J. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif di SMK. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika, 06, 58–64.

Ekasari, M. F. (2022). Latihan Keterampilan Hidup Remaja. In Wineka Media (pp. 1–87). https://www.google.co.id/books/edition/Latihan_Keterampilan_Hidup_Bagi_Remaja/9PJvEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=berpikir+kreatif+siswa&pg=PA46&printsec=frontcover

Enterprise, J. (2015). Trik Membuat Skripsi & Statistik dengan Word dan SPSS. PT Elex Media Komputindo.

Fatimah, S. (2019). Analysis of the Use of Learning Media Through the Peer Tutor Toward Creative Thinking Skills and Interpersonal Communication of Preservice Teachers in Primary Teacher Education Programs. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(1). https://doi.org/10.20961/shes.v2i1.37644

Hidayat, T., & Istiadah, N. (2011). Panduan Lengkap Menguasai SPSS 19 untuk Mengolah Data Statistik Penelitian. Medikita.

Kaspani, U., Windyariani, S., & Setiono. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Remedial. Jurnal Utile, VIII(2), 105–120.

Mahtumi, I., Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). In Uwais Inpirasi Indonesia (pp. 1–36). https://www.google.co.id/books/edition/Pempelajaran_Berbasis_Proyek_Projects_BA/xKyTEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=project+based+learning+indonesia&printsec=frontcover

N, F. P., & Hanesman. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 8, 28–36. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index

Nahdiah, A., & Handayani, S. L. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Google Meet terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Journal of Elementary Education, 5, 2377–2383.

Ningsih, M. Y., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(2), 42–51. https://doi.org/10.37729/jips.v2i2.1403

Novidianti, Rizal, F., & Usmeldi. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 76–84. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2

Nurlizawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 33. https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127

Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using IBM SPSS. Open University Press/McGraw-Hill.

Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. In K-Media Yogyakarta (pp. 1–66). https://s3ppi.umy.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/Tutorial-Pembelajaran-Berbasis-Proyek_Halim-P_compressed.pdf

Sabri, I., & Yanuartuti, S. (2023). Teori Kreativitas dan Pendidikan Kreativitas. In Andriyanto (Ed.), Lakeisha (pp. 1–142). https://www.google.co.id/books/edition/Teori_Kreativitas_dan_Pendidikan_Kreativ/ATeqEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=berpikir+kreatif+siswa&pg=PA141&printsec=frontcover

Setiana, N. D. (2019). Pengaruh Metode Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Kelas V SD N Mangunsari 06. Jurnal JRPP, 2(1). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenadamedia Group.

Simanjuntak, M. P., Bukit, N., Sagala, Y. D. A., Putri, R. K., Utami, Z. L., & Motlan. (2019). Desain Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap 4CP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 7(3), 38–46. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafie-issn2549-8258,p-issn2337-4624

Sudjamiko. (2020). Metode Tutor Sebaya ((Peer Tutoring) dalam Pembelajaran Gambar Teknik di SMK (Z. Arifin, Ed.; pp. 1–23). CV Adanu Abimata.

Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan: Konsep & Aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi & Ilmu Sosial Lainnya. PT Elex Media Komputindo.

Diterbitkan

02 Okt 2023

Cara Mengutip

Nazirah, F., Herlambang, A. D., & Zulfarina, P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual Elemen Perangkat Lunak Desain di SMKN 5 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12814

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...