Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Berbasis Web Berdasarkan Model Organisasi Dan Manajemen Kesehatan Primer “ANDAL”

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Tri Wahyu Herlambang Ismiarta Aknuranda Mochamad Chandra Saputra

Abstrak

Tim Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (IKESMAS FKUB) menggagas model manajemen strategis pada pelayanan kesehatan primer dengan manajemen yang integratif, strategis, efektif, efisien, berkualitas, terjangkau dan merata, dalam pengelolaan pelayanan kesehatan primer pada suatu wilayah, yang dinamakan model manajemen Andal. Namun, implementasi model manajemen ini membutuhkan sistem informasi yang memiliki karakteristik tertentu yang mendukung model manajemen Andal agar lebih cepat dan lebih mudah dalam pengumpulan dan pengolahan data menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh pemangku kepentingan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan primer. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi guna menunjukkan kemampuan dari model manajemen Andal dengan lebih mudah dan dapat menjadi studi percontohan untuk diterapkan di seluruh pelayanan kesehatan primer sehingga dapat menghemat klaim biaya kesehatan dari peserta BPJS Kesehatan. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan sistem informasi kesehatan berbasis web yang melalaui proses analisis persyaratan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Pengujian yang dilakukan menggunakan metode Validation Testing, Compatibility Testing, Condition Testing, Equivalence Partitioning, Boundary Value Analysis Menunjukkan hasil bahwa Sistem Informasi yang dibangun dapat berjalan dengan baik.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Herlambang, T., Aknuranda, I., & Saputra, M. Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Berbasis Web Berdasarkan Model Organisasi Dan Manajemen Kesehatan Primer “ANDAL”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 4, p. 1602-1610, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1282>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel