Perancangan User Interface Website ONENO menggunakan Metode Human Centered Design
Kata Kunci:
user interface, human centered design, usability testing, websiteAbstrak
Perkembangan teknologi dan informasi terus berkembang dan memberikan dampak di berbagai bidang salah satunya di bidang bisnis. Tidak terkecuali pada ONENO yang menggunakan website sebagai media penjualan, promosi, dan penyampai kesan atau karakter dari brand. Untuk menghadirkan website yang sesuai dengan kebutuhan pengguna serta mencerminkan identitas brand dari ONENO, maka diperlukan perancangan user interface. Website ONENO memiliki 3 jenis pengguna, yaitu owner, admin, dan customer. Perancangan user interface juga disesuaikan untuk menjawab permasalahan dan kebutuhan mereka. Digunakanlah metode Human Centered Design (HCD) untuk merancang user interface dari website ONENO, dengan tahapan, yaitu understand and specify the context of use, specify the user requirements, produce design solutions, dan evaluate design against requirements. Pertama dilakukan pengumpulan data dengan wawancara kepada setiap jenis pengguna. Data tersebut akan dianalisis menjadi konteks pengguna dan diketahui kebutuhannya. Kebutuhan tersebut akan menjadi menu dan fitur pada website. Dari kebutuhan tersebut akan dibuat wireframe yang disempurnakan pada high fidelity prototype. Selanjutnya dilakukan evaluasi usability menggunakan usability testing untuk mengetahui apakah rancangan user interface website mudah untuk digunakan. Didapatkan hasil bahwa desain website memiliki nilai persentase effectivity sebesar 94,89%. Lalu untuk efficiency masuk ke kategori “Sangat Cepat”. Terakhir untuk satisfaction memiliki nilai SEQ sebesar 6,57. Terdapat pula beberapa rekomendasi perbaikan yang diajukan oleh pengguna, baik secara fungsional maupun secara non fungsional.
Referensi
Ayu, P. D. W. 2017. Analisis pengukuran tingkat efektivitas dan efisiensi sistem informasi manajemen surat STIKOM Bali. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 11(2), 99-109.
Bansal, H., & Khan, R., 2018. A Review Paper on Human Computer Interaction. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 8(4), pp.53-56.
Firmansyah, M., Fauzi, R., & Gumilang, S., 2020. Perancangan User interface dan User Experience Mobile Application Sibengkel untuk Memenuhi Kebutuhan Pengguna dengan Metode User-Centered Design (UCD). e-Proceeding of Engineering, 7(2), pp.7574-7580.
Google, 2022. Material Design 3. [Online] Google. Tersedia di : <https://m3.material.io/> [Diakses 17 Juni 2023].
Harley, A., 2018. UX Guidelines for Ecommerce Homepages, Category Pages, and Product Listing Pages. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : <https://www.nngroup.com/articles/ecommerce-homepages-listing-pages/> [Diakses 17 Juni 2023].
Harminingtyas, R., 2014. Analisis Layanan Website Sebagai Media Promosi, Media Transaksi Dan Media Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Brand image Perusahaan Pada Hotel Ciputra Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 6(3), 37-57.
Harte, R., Glynn, L., Rodríguez-Molinero, A., Baker, P., Scharf, T., Quinlan, L., & ÓLaighin, G., 2017. A Human-Centered Design Methodology to Enhance the Usability, Human Factors, and User Experience of Connected Health Systems: A Three-Phase Methodology. JMIR Human Factors, 4(1), pp.1-21.
International Standards Office, 2010. ISO 9241-210 Ergonomics Of Human-System Interaction — Part 210: Human-Centered Design For Interactive Systems. Geneva: ISO.
International Standards Office, 2018. ISO 9241-11 Ergonomics of human-system interaction — Part 11: Usability: Definitions and concepts. Geneva: ISO.
Laubheimer, P., 2018. Beyond the NPS: Measuring Perceived Usability with the SUS, NASA-TLX, and the Single Ease Question After Tasks and Usability Tests. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : < https://www.nngroup.com/articles/measuring-perceived-usability/> [Diakses 19 September 2022].
Moran, K., 2019. Usability Testing 101. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : <https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/> [Diakses 18 September 2022].
Nielsen, J., 2012. How Many Test Users in a Usability Study?. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : <https://www.nngroup.com/articles/how-many-test-users/> [Diakses 18 September 2022].
Nielsen, J., 2012. Usability 101: Introduction To Usability. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : <https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/> [Diakses 27 Juli 2022].
Nielsen, J., 2020. 10 Usability Heuristics for User interface Design. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : <https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/> [Diakses 17 Juni 2023].
Norhermaya, Y., & Soesanto, H., 2016. Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Pada Online Store Lazada.Co.Id). Diponegoro Journal of Management, 5(3), pp.1105-1117.
Nuada, I., Oktiani, A., Suharti, S., & Faezal, M., 2021. Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Desain Website dan Online Review terhadap Minat Beli Online Di Marketplace Lazada. Media Bina Ilmiah, 16(1), 5961-5968.
Sherwin, K., 2019. UX Guidelines for Ecommerce Product Pages. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : <https://www.nngroup.com/articles/ecommerce-product-pages/> [Diakses 17 Juni 2023].
Ayu, P. D. W. 2017. Analisis pengukuran tingkat efektivitas dan efisiensi sistem informasi manajemen surat STIKOM Bali. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 11(2), 99-109.
Bansal, H., & Khan, R., 2018. A Review Paper on Human Computer Interaction. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 8(4), pp.53-56.
Firmansyah, M., Fauzi, R., & Gumilang, S., 2020. Perancangan User interface dan User Experience Mobile Application Sibengkel untuk Memenuhi Kebutuhan Pengguna dengan Metode User-Centered Design (UCD). e-Proceeding of Engineering, 7(2), pp.7574-7580.
Google, 2022. Material Design 3. [Online] Google. Tersedia di : <https://m3.material.io/> [Diakses 17 Juni 2023].
Harley, A., 2018. UX Guidelines for Ecommerce Homepages, Category Pages, and Product Listing Pages. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : <https://www.nngroup.com/articles/ecommerce-homepages-listing-pages/> [Diakses 17 Juni 2023].
Harminingtyas, R., 2014. Analisis Layanan Website Sebagai Media Promosi, Media Transaksi Dan Media Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Brand image Perusahaan Pada Hotel Ciputra Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 6(3), 37-57.
Harte, R., Glynn, L., Rodríguez-Molinero, A., Baker, P., Scharf, T., Quinlan, L., & ÓLaighin, G., 2017. A Human-Centered Design Methodology to Enhance the Usability, Human Factors, and User Experience of Connected Health Systems: A Three-Phase Methodology. JMIR Human Factors, 4(1), pp.1-21.
International Standards Office, 2010. ISO 9241-210 Ergonomics Of Human-System Interaction — Part 210: Human-Centered Design For Interactive Systems. Geneva: ISO.
International Standards Office, 2018. ISO 9241-11 Ergonomics of human-system interaction — Part 11: Usability: Definitions and concepts. Geneva: ISO.
Laubheimer, P., 2018. Beyond the NPS: Measuring Perceived Usability with the SUS, NASA-TLX, and the Single Ease Question After Tasks and Usability Tests. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : < https://www.nngroup.com/articles/measuring-perceived-usability/> [Diakses 19 September 2022].
Moran, K., 2019. Usability Testing 101. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : <https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101/> [Diakses 18 September 2022].
Nielsen, J., 2012. How Many Test Users in a Usability Study?. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : <https://www.nngroup.com/articles/how-many-test-users/> [Diakses 18 September 2022].
Nielsen, J., 2012. Usability 101: Introduction To Usability. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : <https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/> [Diakses 27 Juli 2022].
Nielsen, J., 2020. 10 Usability Heuristics for User interface Design. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : <https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/> [Diakses 17 Juni 2023].
Norhermaya, Y., & Soesanto, H., 2016. Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Pada Online Store Lazada.Co.Id). Diponegoro Journal of Management, 5(3), pp.1105-1117.
Nuada, I., Oktiani, A., Suharti, S., & Faezal, M., 2021. Analisis Pengaruh Brand Ambassador, Desain Website dan Online Review terhadap Minat Beli Online Di Marketplace Lazada. Media Bina Ilmiah, 16(1), 5961-5968.
Sherwin, K., 2019. UX Guidelines for Ecommerce Product Pages. [Online] Nielsen Norman Group. Tersedia di : <https://www.nngroup.com/articles/ecommerce-product-pages/> [Diakses 17 Juni 2023].
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.