Perancangan User Experience Sistem Informasi Penjualan dengan mengggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Balcony Store)

Perancangan User Experience Sistem Informasi Penjualan dengan mengggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Balcony Store)

Penulis

  • Dicky Wahyudi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Komang Candra Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Mahardeka Tri Ananta Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

design thinking, user experience, system usability scale, sistem informasi penjualan, figma

Abstrak

Pada saat ini, penggunaan teknologi telah menyebar ke beberapa bidang. Salah satunya adalah bidang usaha atau bisnis yang berskala besar ataupun kecil. Salah satu contoh teknologi yang digunakan dalam usaha atau bisnis adalah teknologi informasi. Penggunaan teknologi informasi bertujuan untuk membantu dalam mengolah data agar dapat menghasilkan informasi. Istilah teknologi informasi pada dasarnya merupakan bagian dari sistem informasi. Terdapat beberapa jenis dalam sistem informasi bisnis. Salah satunya adalah sistem informasi penjualan. Sistem informasi penjualan adalah sistem yang digunakan untuk membantu mengelola data penjualan dan inventarisasi barang. Balcony Store merupakan salah satu usaha atau bisnis yang ada di kota Malang. Balcony berkeinginan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam menjalankan bisnisnya serta pelayanan terhadap pelanggan. Oleh sebab itu, Balcony membutuhkan sistem informasi penjualan berbasis mobile web. Perancangan user experience diperlukan agar sistem informasi penjualan yang akan dibangun dapat memenuhi kebutuhan serta menjadi mudah digunakan, efektif, dan menyenangkan. Perancangan user experience menggunakan pendekatan metode Design Thinking. Design Thinking memiliki 5 tahap yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Desain solusi yang dihasilkan diuji dengan menggunakan System Usability Scale (SUS). Pengujian SUS menghasilkan skor 75. Sehingga dapat disimpulkan desain solusi masuk ke dalam kategori kuartil 3, acceptable, excellent, dan grade scale B.

Referensi

Aquino, P.T. and Filgueiras, L.V.L., 2005. User modeling with personas. ACM International Conference Proceeding Series, 124, pp.277–282.

Brooke, J., 2020. SUS: A ‘Quick and Dirty’ Usability Scale. Usability Evaluation in Industry, (July), pp.207–212.

Dam, R.F. and Yu, T., 2013. Design Thinking: Get Started with Prototyping. Creative Condence: Unleashing the CreativePotential Within Us All, [online] pp.1–8. Available at: <https://library.parenthelp.eu/wp-content/uploads/2021/03/www.interaction-design.org_.pdf>.

Dix, A. et. al, 2004. Human-Computer Interaction. In: Third Edit. Harlow: Pearson Education Limited.p.768.

Farooqui, T., Rana, T. and Jafari, F., 2019. Impact of Human-Centered Design Process (HCDP) on Software Development Process. 2019 2nd International Conference on Communication, Computing and Digital Systems, C-CODE 2019, pp.110–114.

Gibbons, S., 2016. Design Thinking 101. [online] Nielsen Norman Group. Available at: <https://www.nngroup.com/articles/design-thinking/> [Accessed 26 Jun. 2023].

Interaction Design Foundation, 2023. Design Thinking. [online] Interaction Design Foundation. Available at: <https://www.interaction-design.org/literature/topics/design-thinking> [Accessed 26 Jun. 2023].

Kuspriatni, L., 2019. DASAR SISTEM INFORMASI BISNIS Konsep dasar sistem informasi bisnis. Manajemen dan SIM 2, 1(1), pp.1–10.

Muhammad Azmi, Agi Kharisma and Muhammad Akbar, 2019. Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus GrabFood). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [online] 3(8), pp.7963–7972. Available at: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6076>.

Nabila, A., Kartika Dewi, R. and Sianturi, R.S., 2022. Perancangan User Experience Aplikasi Thriftshop di Masa Pandemi berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(2), pp.108–123.

SAITO, S. and OGAWA, K., 1994. Ergonomics of human-system interaction.

Sarah Gibbons, 2018. Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking. [online] Nielsen Norman Group. Available at: <https://www-nngroup-com.translate.goog/articles/empathy-mapping/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc> [Accessed 27 Jun. 2023].

Swarnadwitya, A., 2020. Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya. [online] Available at: <https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/> [Accessed 24 Mar. 2023].

Diterbitkan

04 Okt 2023

Cara Mengutip

Wahyudi, D., Brata, K. C., & Ananta, M. T. (2023). Perancangan User Experience Sistem Informasi Penjualan dengan mengggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Balcony Store). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12823

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...