Evaluasi dan Perbaikan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Octo Mobile menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dengan Pendekatan User Centered Design (UCD)
Kata Kunci:
Aplikasi Mobile Banking, Octo Mobile, Usability Testing, User Experience Questionnaire, User Centered Design, pengalaman pengguna, bank CIMB NiagaAbstrak
Perkembangan pesat teknologi saat ini telah mengubah cara orang berinteraksi dengan informasi dan layanan. Aplikasi perangkat bergerak, khususnya smartphone, telah menjadi salah satu bentuk utama dari perkembangan teknologi di era modern. Salah satu aplikasi yang semakin populer adalah mobile banking, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan keuangan melalui perangkat mobile. Pada tahun 2016 hingga 2019, pertumbuhan penggunaan smartphone di Indonesia mencapai 26 juta unit, menunjukkan kenaikan yang signifikan. Bank CIMB Niaga, Sebagai salah satu bank komersial terkemuka di Indonesia, merespons perkembangan ini dengan menciptakan aplikasi mobile banking bernama Octo Mobile. Aplikasi ini memberikan layanan transaksi finansial seperti transfer, deposit, pembayaran tagihan, dan penarikan uang di ATM tanpa menggunakan kartu fisik. Namun, walaupun telah diunduh lebih dari 5 juta kali, Octo Mobile menerima beberapa keluhan dan respon negatif dari pengguna. Beberapa masalah yang dihadapi termasuk masalah login, redudansi tombol, dan tombol back yang tidak berfungsi selama transaksi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perbaikan pada aplikasi ini agar memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna Octo Mobile dengan mengadopsi pendekatan User Centered Design (UCD). Metode usability testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan untuk menganalisis pengalaman pengguna sebelum dan sesudah dilakukan perbaikan. Hasi dari penelitian ini memberikan pengukuran yang objektif mengenai perbaikan yang telah dilakukan dan sejauh mana kualitas pengalaman pengguna meningkat. Hasi ini akan memberikan persepsi positif terhadap CIMB Niaga sebagai penyedia layanan aplikasi Octo Mobile.
Referensi
Abras, C., Maloney-Krichmar, D., & Preece, J. (2004, Januari 1). User-Centered Design. Retrieved Agustus 29, 2020, from academia: https://www.academia.edu/1012299/User_centered_design
Ballantyne, M., Jha, A., Jacobsen, A., Hawker, J. S., & El-Glaly, Y. N. (2008). Study of Accessibility Guidelines of Mobile Applications. Session 9: Designing and Studying Mobile Applications, 305-315.
Bastien, J. C. (2010). Usability testing: some current practices and research questions. International Journal of Medical Informatics.
Hassenzahl, M., & Tractinsky, N. (2006). User experience – a research agenda. Behaviour & Information Technology, 25(2), 91-97.
ISO. (2010). ISO 9241-210:2010 Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems. Retrieved Agustus Sabtu, 2020, from https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-1:v1:en
Laugwitz, B., Held, T., & Schrepp, M. (2008). Construction and evaluation of a user experience. (pp. 63-76). Belrin, Heidelberg: LNCS, volume 5298.
Material Design. (2023, 07 13). Principle - Layout - Material Design. Retrieved from Material Design: https://m1.material.io/layout/principles.html
Mifsud, J. (2015). Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System. Retrieved Agustus 26, 2020, from https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/#:~:text=The%20ISO%2FIEC%209126%2D4,a%20specified%20context%20of%20use%E2%80%9D.
Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability. Retrieved agustus 26, 2020, from https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/
Santoso, H. B., Schrepp, M., Isal, Y. K., & Priyogi, B. (2016). Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment. Journal of Educators Online, 58-79.
Schrepp, M. (2019). User Experience Questionnaire Handbook Version 8 .
Schrepp, M., Olschen , S., & Schubert, U. (2013). Usability Professionals. (pp. 348-354). Stutgart, Germany: German UPA e.V.
Schrepp, M., Thomaschewski, J., & Hinderks, A. (2014). Applying the User Experience Questionnaire (UEQ) in Different Evaluation Scenarios. International Conference of Design, User Experience, and Usability (pp. 383-392). Germany: Springer.
Usability.gov. (2015). User-Centered Design Basics. Retrieved Agustus 26, 2020, from https://www.usability.gov/what-and-why/user-centered-design.html
Winardi, R. D. (2018). Metoda Wawancara. Yogyakarta: ResearchGate.
Abras, C., Maloney-Krichmar, D., & Preece, J. (2004, Januari 1). User-Centered Design. Retrieved Agustus 29, 2020, from academia: https://www.academia.edu/1012299/User_centered_design
Ballantyne, M., Jha, A., Jacobsen, A., Hawker, J. S., & El-Glaly, Y. N. (2008). Study of Accessibility Guidelines of Mobile Applications. Session 9: Designing and Studying Mobile Applications, 305-315.
Bastien, J. C. (2010). Usability testing: some current practices and research questions. International Journal of Medical Informatics.
Hassenzahl, M., & Tractinsky, N. (2006). User experience – a research agenda. Behaviour & Information Technology, 25(2), 91-97.
ISO. (2010). ISO 9241-210:2010 Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems. Retrieved Agustus Sabtu, 2020, from https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-1:v1:en
Laugwitz, B., Held, T., & Schrepp, M. (2008). Construction and evaluation of a user experience. (pp. 63-76). Belrin, Heidelberg: LNCS, volume 5298.
Material Design. (2023, 07 13). Principle - Layout - Material Design. Retrieved from Material Design: https://m1.material.io/layout/principles.html
Mifsud, J. (2015). Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System. Retrieved Agustus 26, 2020, from https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/#:~:text=The%20ISO%2FIEC%209126%2D4,a%20specified%20context%20of%20use%E2%80%9D.
Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability. Retrieved agustus 26, 2020, from https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/
Santoso, H. B., Schrepp, M., Isal, Y. K., & Priyogi, B. (2016). Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment. Journal of Educators Online, 58-79.
Schrepp, M. (2019). User Experience Questionnaire Handbook Version 8 .
Schrepp, M., Olschen , S., & Schubert, U. (2013). Usability Professionals. (pp. 348-354). Stutgart, Germany: German UPA e.V.
Schrepp, M., Thomaschewski, J., & Hinderks, A. (2014). Applying the User Experience Questionnaire (UEQ) in Different Evaluation Scenarios. International Conference of Design, User Experience, and Usability (pp. 383-392). Germany: Springer.
Usability.gov. (2015). User-Centered Design Basics. Retrieved Agustus 26, 2020, from https://www.usability.gov/what-and-why/user-centered-design.html
Winardi, R. D. (2018). Metoda Wawancara. Yogyakarta: ResearchGate.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.