Analisis Adopsi Pengguna Weverse Shop terhadap Integrasi Pembayaran dengan Aplikasi DANA menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2)

Analisis Adopsi Pengguna Weverse Shop terhadap Integrasi Pembayaran dengan Aplikasi DANA menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2)

Penulis

  • Ghina Zahirah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Buce Trias Hanggara Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Weverse Shop, DANA, Adopsi Teknologi, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2), Kepercayaan

Abstrak

Weverse Shop merupakan aplikasi e-commerce yang menjual barang koleksi resmi artis Korea Selatan. Untuk mempermudah proses transaksi, Weverse Shop menyediakan berbagai macam metode pembayaran termasuk DANA khususnya untuk konsumen di Indonesia. DANA merupakan salah satu dompet digital terpopuler yang dapat dengan mudah diakses oleh banyak pengguna terutama kelompok usia muda. Integrasi antara DANA dan Weverse Shop telah terjadi sejak tahun 2022. Untuk mengukur derajat adopsi pengguna terhadap penerimaan sistem integrasi DANA sebagai metode pembayaran yang baru untuk menyelesaikan transaksi di Weverse Shop diperlukan suatu bentuk analisis melalui model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) dengan modifikasi penambahan variabel kepercayaan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan jumlah sampel yang diperoleh adalah 110 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS-SEM dengan proses estimasi model pengukuran dan struktural dilakukan melalui SmartPLS. Hasil yang diperoleh yaitu ekspektasi performa, kondisi yang memfasilitasi, nilai harga, kebiasaan, kepercayaan, dan niat perilaku terbukti mampu mengukur tendensi penerimaan integrasi DANA pada Weverse Shop. Sedangkan, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan motivasi hedonis ditemukan berpengaruh negatif terhadap intensi penerimaan pengguna. Adapun penambahan variabel kepercayaan terbukti lebih berpengaruh dalam mengukur derajat adopsi pengguna dibandingkan dengan model asli UTAUT2.

Referensi

Alalwan, A. A., Dwivedi, Y. K., dan Williams, M. D. (2016). Customers’ intention and adoption of telebanking in Jordan. Information Systems Management, 33(2), 154–178.

Alalwan, A.A., Dwivedi, Y.K. dan Rana, N.P., 2017. Factors influencing adoption of mobile banking by Jordanian Bank customers: Extending UTAUT2 with trust. International Journal of Information Management, 37(3), pp.99–110.

Baabdullah, A.M., Alalwan, A.A., Rana, N.P., Kizgin, H. dan Patil, P., 2019. Consumer use of mobile banking (M-Banking) in Saudi Arabia: Towards an integrated model. International journal of information management, 44, pp.38-52.

Bervell, B.B., Kumar, J.A., Arkorful, V., Agyapong, E.M. dan Osman, S., 2022. Remodelling the role of facilitating conditions for Google Classroom acceptance: A revision of UTAUT2. Australasian Journal of Educational Technology, 38(1), pp.115-135.

Boku., 2021. Mobile Wallets Report 2021, [online] Tersedia di: < https://www.boku.com/resources/news/download-our-2021-mobile-wallets-report/>

Cheriyah, Y. dan Hadi, A.R., 2022. Indonesian K-Pop fans: The relationship between ARMY-BTS identity and their demographic. Journal of Social Studies (JSS), 18(2), pp.249-264.

Gefen, D., Karahanna, E. dan Straub, D.W., 2003. Trust and TAM in online shopping: An integrated model. MIS quarterly, pp.51-90.

Hair, J.F., Hult, G.T.M., Ringle, C.M. dan Sarstedt, M., 2017. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 2nd Ed. Thousand Oaks: Sage Publications Inc.

Indrawati dan Putri, D.A., 2018. Analyzing factors influencing continuance intention of e-payment adoption using modified Utaut 2 model. 2018 6th International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT), pp.167-173.

Kotler, P., dan Armstrong, G., 2012. Principles of Marketing. 14th ed. New Jersey: Prentice Hall.

Kusumawardhani, D.A. dan Purnaningrum, E., 2021. Penyebaran Pengguna Digital Wallet di Indonesia Berdasarkan Google Trends Analytics. INOVASI, 17(2), pp.377-385.

Luthfina, S. dan Irwansyah, I., 2020. Studi fenomenologi: penggunaan aplikasi weverse shop oleh ARMY. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), pp.324-339.

Merhi, M., Hone, K. dan Tarhini, A., 2019. A cross-cultural study of the intention to use mobile banking between Lebanese and British consumers: Extending UTAUT2 with security, privacy and trust. Technology in Society, 59, p.101151.

Mubarok, M.M., 2018. The effect of brand image and consumer attitudes on the decision to purchase batik Jetis Sidoarjo mediated by interest to buy. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 21(1), p.105-116.

Oliveira, T., Thomas, M., Baptista, G. dan Campos, F., 2016. Mobile payment: Understanding the determinants of customer adoption and intention to recommend the technology. Computers in Human Behavior, 61, pp.404–414.

Retnawati, H., 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. 1st ed. Yogyakarta: Parama Publishing

Widodo, M., Irawan, M.I. dan Ambarwati Sukmono, R., 2019. Extending UTAUT2 to explore digital wallet adoption in Indonesia. 2019 International Conference on Information and Communications Technology (ICOIACT), pp.878-883.

Venkatesh, V., Thong, J.Y. dan Xu, X., 2012. Consumer acceptance and use of information technology: extending the unified theory of acceptance and use of technology. MIS quarterly, pp.157-178.

Diterbitkan

05 Okt 2023

Cara Mengutip

Zahirah, G., Hanggara, B. T., & Putra, W. H. N. (2023). Analisis Adopsi Pengguna Weverse Shop terhadap Integrasi Pembayaran dengan Aplikasi DANA menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12849

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...