Analisis User Experience pada E-Learning berbasis Moodle dan Google Classroom dengan menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)
Kata Kunci:
User Experience (UX), User Experience Questionnaire (UEQ), Google Classroom, Eling FilkomAbstrak
Moodle / LMS adalah suatu konsep pembelajaran secara online yang menggunakan teknologi informasi berbasis web. Salah satu contoh Moodle tersebut adalah Eling Filkom. Eling Filkom merupakan kumpulan ruang kelas virtual tempat pelaksanaan pembelajaran daring berumutu di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Pengguna sering mengeluhkan adanya fitur yang masih sedikit dan masih terdapat bug pada sistem seperti tidak dapat mengumpulkan tugas sebelum tenggat waktu ataupun pada saat melakukan presensi. Berbeda dengan Google Classroom, yang dimana pada Google Classroom ini memiliki banyak fitur seperti dapat membuat kelas virtual online langsung melalui Google Classroom itu sendiri, kemudian fiturnya yang menarik, dan tidak pernah ada kendala pada saat menggunakannya. Hal ini menyebabkan banyak Mahasiswa yang lebih nyaman menggunakan Google Classroom dari pada Eling Filkom. Penelitian ini menggunakan metode User Experience Questionnaire untuk mengukur kepuasan pengguna berdasarkan faktor attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, & novelty kedua platform pembelajaran tersebut. Pengujian dilakukan terhadap 50 mahasiswa FILKOM UB Angkatan 2019 & 2020 serta menggunakan analisis uji t dan uji u dalam mengukur perbedaan terhadap kenyamanan pengguna. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa terdapat perbedaan pada semua skala UX antara kedua platform pembelajaran tersebut. Google Classroom memiliki nilai rata-rata lebih tinggi pada setiap skala UEQ dari pada Eling Filkom. Hal ini membuktikan bahwa pada setiap skala UX tersebut sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengguna Eling Filkom dan Google Classroom.
Referensi
Apriliani, Y., Missriani, & Wardiah, D. (2021). “Evaluasi Penggunaan Aplikasi LMS Schoology dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring”.
Danial & Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
Edi R., "Statistika Penelitian Analisis Manual dan IBM SPSS", Yogyakarta: Andi, 2016.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Guo, F., Y. (2012). “Not Just Usability – The Four Elements of User Experience”.
Hartzani, A., G. (2021). Evaluasi User Experience Pada Dompet Digital Ovo Menggunakan User Experience Questionnaire. Skripsi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah
Intanny, V., A., Widiyastuti, I., & Perdani, M., D., K. (2018). “Pengukuran Kebergunaan dan Pengalaman Pengguna Marketplace Jogjaplaza.id dengan Metode UEQ dan USE Questionnaire”. Jurnal Pekomnas, Vol. 3 No. 2, 117-126.
ISO 9241-210:2010(en). Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems.
Kurniawan, R. 2009. Membangun media ajar online untuk orang awam. Palembang: Maxikom.
Lestari & Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.
Patten, M. L & Newhart, M. (2013). Understanding Research Methods: an Overview of the Essentials. New York: Routledge.
Rohmah, S. & Ary, M., 2021. Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus: pada Akulaku dan Kredivo Indonesia). Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 13(1).
Schrepp, M. (2019). User Experience Questionnaire Handbook - All you need to know how to apply the UEQ succesfully in your projects
Silalahi, A., Gabriel Metodologi Penelitian dan Studi Kasus. (Sidoarjo:CV. Citramedia 2003).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sujarweni, W. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Sujarweni, V. W., & Utami, L. R. (2019). The Master Book Of SPSS. Yogyakarta: STARTUP.
Suriasumantri, J., S. (2001). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Pustaka sinar Harapan, Jakarta.
Apriliani, Y., Missriani, & Wardiah, D. (2021). “Evaluasi Penggunaan Aplikasi LMS Schoology dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring”.
Danial & Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
Edi R., "Statistika Penelitian Analisis Manual dan IBM SPSS", Yogyakarta: Andi, 2016.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Guo, F., Y. (2012). “Not Just Usability – The Four Elements of User Experience”.
Hartzani, A., G. (2021). Evaluasi User Experience Pada Dompet Digital Ovo Menggunakan User Experience Questionnaire. Skripsi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah
Intanny, V., A., Widiyastuti, I., & Perdani, M., D., K. (2018). “Pengukuran Kebergunaan dan Pengalaman Pengguna Marketplace Jogjaplaza.id dengan Metode UEQ dan USE Questionnaire”. Jurnal Pekomnas, Vol. 3 No. 2, 117-126.
ISO 9241-210:2010(en). Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems.
Kurniawan, R. 2009. Membangun media ajar online untuk orang awam. Palembang: Maxikom.
Lestari & Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.
Patten, M. L & Newhart, M. (2013). Understanding Research Methods: an Overview of the Essentials. New York: Routledge.
Rohmah, S. & Ary, M., 2021. Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus: pada Akulaku dan Kredivo Indonesia). Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 13(1).
Schrepp, M. (2019). User Experience Questionnaire Handbook - All you need to know how to apply the UEQ succesfully in your projects
Silalahi, A., Gabriel Metodologi Penelitian dan Studi Kasus. (Sidoarjo:CV. Citramedia 2003).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sujarweni, W. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Sujarweni, V. W., & Utami, L. R. (2019). The Master Book Of SPSS. Yogyakarta: STARTUP.
Suriasumantri, J., S. (2001). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Pustaka sinar Harapan, Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.