Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Materi dan Bank Soal (Studi pada SMK Negeri 2 Malang)
Kata Kunci:
Sistem Informasi, Sumber Belajar, Spiral Model, Black-Box Testing, Equivalence Partition, UAT, Ease of UseAbstrak
SMK Negeri 2 Malang menggunakan Moodle sebagai media utama, Google Classroom, Google Drive, dan group chat dalam melakukan distribusi materi dan soal-soal latihan sebagai bahan sumber belajar siswa. Penelitian yang dilaksanakan pada kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) menemukan bahwa pada penggunaan platform Moodle, tidak semua guru mengunggah materi dan soal latihan secara rutin di platform tersebut, sehingga proses arsip dokumen materi dan soal tidak berjalan dengan optimal sehingga Moodle tidak menyimpan seluruh arsip sumber belajar dari berbagai periode. Permasalahan berikutnya yakni navigasi siswa dalam mengakses sumber belajar pada Moodle yang cukup jauh membuat proses pencarian data menjadi cukup lama. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis mengembangkan sebuah sistem informasi manajemen materi dan bank soal untuk melakukan pengarsipan dokumen materi dan soal-soal latihan dari berbagai periode dalam satu wadah khusus yang dapat diakses guru dan siswa dengan navigasi yang sederhana dan mudah dipahami. Pengembangan sistem menggunakan salah satu metode pada SDLC (Software Development Life Cycle) yakni Spiral Model. Metode ini dipilih karena bersifat adaptif terhadap kebutuhan pengguna dan pembuatan prototipe yang mampu memberikan gambaran jelas terhadap fungsi sistem. Terdapat 3 iterasi pengembangan yang diuji menggunakan Black-Box Testing dengan metode Equivalence Partition. Pengujian iterasi ke-1 dengan jumlah fungsional 34 menghasilkan validitas 100%, iterasi ke-2 dengan jumlah fungsional 15 menghasilkan validitas 100%, dan iterasi ke-3 dengan jumlah fungsional 19 menghasilkan validitas 100%. Pengujian User Acceptance Testing (UAT) dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) menunjukkan bahwa sistem informasi menghasilkan rata-rata penerimaan sebesar 82% pada pengguna guru dan 80% pada pengguna siswa. Pada aspek kemudahan pengguna (Ease Of Use) nilai rata-rata yang didapat sebesar 83% pada pengguna guru dan 84% pada pengguna siswa, dengan keterangan masing-masing bahwa sistem sangat mudah untuk digunakan.
Referensi
Amalia, Amanda, Salva Wanda Putri Hamidah, and Titus Kristanto. 2021. “Pengujian Black Box Menggunakan Teknik Equivalence Partitions Pada Aplikasi E-Learning Berbasis Web.” Building of Informatics, Technology and Science (BITS) 3 (3). https://doi.org/10.47065/bits.v3i3.1062.
Bintang, Sitepu. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta Pusat: Rajawali Pers.
Darmawan, Deni. 2014. “Pengembangan E-LEARNING Teori Dan Desain.” Remaja Rosdakarya.
Endang, Fatmawati. 2015. “Technology Acceptance Model (Tam) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan.” Jurnal Iqra’ 9 ((01)).
Hambling, Brian, and Pauline Van Goethem. 2013. User Acceptance Testing: A Step-by-Step Guide. 2013th ed. London: BCS, The Chartered Institute for IT.
Karmiati, Dyah. 2015. Psikologi Pendidikan Teori Dan Aplikasi. Edited by Arina Restian. Malang: UMM Press.
Kurniati, Kurniati, and Suranto AW. 2016. “PENGELOLAAN Laboratorium Administrasi Perkantoran Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk N 1 Depok.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran - S1.
Menteri Komunikasi Dan Informatika, Peraturan. 2010. “Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informatika Nomor : 10/Per/M.Kominfo/07/2010.” Jakarta.
Pratama, I Putu Agus Eka. 2014. Sistem Informasi Dan Implementasinya Teori Dan Konsep Sistem Informasi Disertai Berbagai Contoh Praktiknya Menggunakan Perangkat Lunak Open Source. Bandung: Penerbit Informatika Bandung.
Pressman, R. S. 2012. “Rekayasa Perangkat Lunak - Buku Satu, Pendekatan Praktisi.” In Software Engineering : A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. https://doi.org/10.1098/rspb.2012.1110.
Amalia, Amanda, Salva Wanda Putri Hamidah, and Titus Kristanto. 2021. “Pengujian Black Box Menggunakan Teknik Equivalence Partitions Pada Aplikasi E-Learning Berbasis Web.” Building of Informatics, Technology and Science (BITS) 3 (3). https://doi.org/10.47065/bits.v3i3.1062.
Bintang, Sitepu. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta Pusat: Rajawali Pers.
Darmawan, Deni. 2014. “Pengembangan E-LEARNING Teori Dan Desain.” Remaja Rosdakarya.
Endang, Fatmawati. 2015. “Technology Acceptance Model (Tam) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan.” Jurnal Iqra’ 9 ((01)).
Hambling, Brian, and Pauline Van Goethem. 2013. User Acceptance Testing: A Step-by-Step Guide. 2013th ed. London: BCS, The Chartered Institute for IT.
Karmiati, Dyah. 2015. Psikologi Pendidikan Teori Dan Aplikasi. Edited by Arina Restian. Malang: UMM Press.
Kurniati, Kurniati, and Suranto AW. 2016. “PENGELOLAAN Laboratorium Administrasi Perkantoran Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk N 1 Depok.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran - S1.
Menteri Komunikasi Dan Informatika, Peraturan. 2010. “Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informatika Nomor : 10/Per/M.Kominfo/07/2010.” Jakarta.
Pratama, I Putu Agus Eka. 2014. Sistem Informasi Dan Implementasinya Teori Dan Konsep Sistem Informasi Disertai Berbagai Contoh Praktiknya Menggunakan Perangkat Lunak Open Source. Bandung: Penerbit Informatika Bandung.
Pressman, R. S. 2012. “Rekayasa Perangkat Lunak - Buku Satu, Pendekatan Praktisi.” In Software Engineering : A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. https://doi.org/10.1098/rspb.2012.1110.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.