Pengembangan Aplikasi Layanan Bengkel Sepeda Motor dengan Menggunakan MERN Stack (Studi Kasus: New Raya Motor)
Kata Kunci:
aplikasi bengkel, perintah kerja bengkel, transaksi servisAbstrak
Pada saat ini semakin banyak masyarakat yang memiliki kendaraan sepeda motor dan memiliki aktivitas yang padat. Hal tersebut mendukung pertumbuhan perkembangan bisnis bengkel karena banyak yang membutuhkannya baik untuk servis rutin ataupun perbaikan kerusakan. Pada bengkel New Raya Motor menyediakan layanan jasa servis dan penjualan suku cadang. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala yaitu kesalahan pramuniaga dalam membuat nota jasa servis sehingga memengaruhi perhitungan upah mekanik, serta kurangnya informasi pembaruan stok dapat berdampak pada permintaan kebutuhan pelanggan tidak terpenuhi. Dari permasalahan tersebut diharapkan Aplikasi Layanan Bengkel berbasis web ini dapat memudahkan pengelolaan transaksi penjualan suku cadang dan transaksi servis yang berkaitan dengan pembuatan surat perintah kerja bengkel hingga pembuatan nota jasa servis guna penghitungan upah mekanik. Pengembangan aplikasi mengadopsi metode Waterfall dan menggunakan teknologi MERN Stack yang terdiri dari MongoDB, Express.js, React.js, dan Nodejs. Pembuatan antarmuka menggunakan Reactjs dan Tailwindcss. Pada sisi server menggunakan Nodejs dan Expressjs, sedangkan pengelolaan database menggunakan Mongodb. Pengujian aplikasi menunjukkan hasil kebutuhan telah terpenuhi.
Referensi
Kristian, T., 2022. Proses Bisnis New Raya Motor [Wawancara] (31 05 2022).
Marsic, I., 2012. Software Engineering. New Brunswick: Rutgers University.
Mihaescu, M. C., Sapunaru, C. P. & Popescu, P. S., 2015. Practical machine learning solution for increasing profit in a car repair service. London, IntelliSys 2015 - Proceedings of 2015 SAI Intelligent Systems Conference.
Pressman, R. S., 2010. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. 7th penyunt. New York: McGraw-Hill.
Sommerville, I., 2016. Software Engineering. 10th penyunt. Harlow: Pearson Education.
Sukamto, R. A. & Shalahuddin, M., 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA.
Ahmad, F., 2018. Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Bengkel Service Indah Motor Berbasis Web. Surabaya: Universitas Dinamika.
Kristian, T., 2022. Proses Bisnis New Raya Motor [Wawancara] (31 05 2022).
Marsic, I., 2012. Software Engineering. New Brunswick: Rutgers University.
Mihaescu, M. C., Sapunaru, C. P. & Popescu, P. S., 2015. Practical machine learning solution for increasing profit in a car repair service. London, IntelliSys 2015 - Proceedings of 2015 SAI Intelligent Systems Conference.
Pressman, R. S., 2010. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. 7th penyunt. New York: McGraw-Hill.
Sommerville, I., 2016. Software Engineering. 10th penyunt. Harlow: Pearson Education.
Sukamto, R. A. & Shalahuddin, M., 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA.
Ahmad, F., 2018. Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Bengkel Service Indah Motor Berbasis Web. Surabaya: Universitas Dinamika.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.