Pengembangan Web Responsive sebagai Media Pemasaran (Studi Kasus: Toko Nammar Butik)

Pengembangan Web Responsive sebagai Media Pemasaran (Studi Kasus: Toko Nammar Butik)

Penulis

  • Eric Den Joy Surbakti Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Eriq Muhammad Adams Jonemaro Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Web Responsive, Media, Pemasaran

Abstrak

Sejalan dengan perkembangan teknologi, perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam industri kecil, menegah maupun besarsemakin dipacu untuk menggunakan teknologi yang maju sebagai senjata untuk tetap berjalan dan memenangkan persaingan yang semakin terasa ketat dan keras. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis adalah dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce) yaitu untuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital. TokoNammar Butik adalah usaha yang bergerak dalam bidang penjualan pakaian seperti gamis, set pants, tunik, dan homedress. Kegiatan pemasaran secara offline dilakukan di Toko Nammar Butik, dan pemasaran online melalui aplikasi Instagram dan Shopee. Namun pemasaran melalui aplikasi Shopee masih kurang memuaskan bagi ownerTokoNammar Butik dikarenakan adanya biaya administrasi dasar yang dikenakan pada penjual sebesar 5,88%, biaya ini membuat Toko Nammar Butik harus menaikkan harga produk yang dijual. Responsive web design adalah teknik yang digunakan desainer website untuk memberikan pengalaman visual yang teratur tanpa memperdulikan ukuran browser yang digunakan dan batasan apapun tentang cara mengakses perangkat tersebut. Dengan adanya teknologi ini dapatmembantuToko Nammar Butik menciptakan harga yang kompetitif serta meningkatkan kualitas layanan dalam merespon pembeli.

Referensi

Adnyana, A., 2019. Pengertian Dan Fungsi HTML (HyperText Markup Language).

Almilia, L.S dan Robahi L. 2007. Penerapan E-Commerce Sebagai Upaya Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan. Surabaya: STIE Perbanas

Aminudi. 2015. Cara Efektif Belajar Framework Laravel. Yogyakarta : CV. LOKOMEDIA

Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP dan Mysql Secara Otodidak. Jakarta: Media Kita.

Andika, D., 2018. Pengertian CSS (Cascading Style Sheet).

Brooke, J. (2013). SUS: A Retrospective. Journal of Usability Studies , 29-40.

Gunawan, Hanisa La Saputri. 2014. Pengembangan Sistem Online Delivery “Food Mambo”. Seminar Nasional Informatika

Hadi, H. P. (2010). Usability engineering on IPB public relationship information system. Bogor: Departemen Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor.

Indrajit, Ricardus. 2001. E-Commerce Kiat dan Strategi di Dunia Maya. Jakarta : PT. Elex Media Komputerindo.

Jayan. 2010. CSS untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.

Luthfi, Farizan. 2017. Penggunaan Framework Laravel Dalam Rancang Bangun Modul Back-End Artikel Website Bisnisbisnis.ID. Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Vol 2(1)

Martoyo, W. U., & Falahah. (2015). Kajian Evaluasi Usability dan Utility pada Situs Web. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (pp. 537543). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Nahlah, Amiruddin, Paramudia. 2019. Membangun Website E-Commerce Hasil PPM Dosen PNUP Dan UMKM Kota Makassar Dengan Metode Prototyping. Prosiding Seminar Nasional Peenelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Nkd, F., 2019. Pengertian Laravel Serta Fitur-Fitur Utama di Dalamnya.

Nugraha, Wahyu, Muhamad Syarif. 2018. Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume Dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi Musirawas. Vol 3(2)

Nugroho, Adi . 2006. E-Commerce Memahami perdagangan Moderen di Dunia Maya. Bandung: Informatika.

Pamungkazer. 2011, Mei 26. Prototyping. Dipetik September18, 2020, dari pamungkazer.wordpress.com:https://pamungkazer.wordpress.com/2011/05/26/prototyping/

Pressman, R. S. 2002. Software Enginering. Yogyakarta: ANDI.

Pressman, S. Roger. 2005. E-book Software Engineering: a Practitioner’s Approach. Seventh Edition.

Pudjoatmodjo, B., & Wijaya, R. (2016). Tes Kegunaan (Usabilty Testing) Pada Aplikasi Kepegawaian Dengan Menggunakan System Usabilty Scale (Studi Kasus: Dinas Pertanian Kabupaten Bandung). Semnasteknomedia (pp. 2-9). Yogyakarta: STIMIK Amikom.

Ramadhan, Aulia. 2020. Rancang Bangun E-Commerce Adistya Souvenir (Studi Kasus: Adistya Souvenir Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Teknologi Yogyakarta

Simarmata, J. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: ANDI.

Sommervile, I. 2011. Software Egineering (Rekayasa Perangkat Lunak) Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Sugiyanto. 2013. Pembuatan Website Profil Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Nusantara Gabus Grobogan. seruniid.unsa.ac.id. 2(1), 57.

Ulf Eriksson. (2012). Functional Testing vs Non Functional Testing. Reqtest.Com. Retrieved from http://reqtest.com/testing-blog/functional-vs-non-functional-testing/

Yusof M.M., Paul R. J., Stergioulas L. K. (2006) Towards a Framework for Health Information System Evaluation. Proceeding of the 39th Hawaii International Conference on System Sciences, UK.

Zeldman dalam Arief Hidayat, Victor Gayuh Utomo, Henry Anggoro Djohan. 2016. “PENERAPAN RESPONSIVE WEB DESIGN DALAM PERANCANGAN SISTEM MODUL ONLINE ADAPTIF. Journal of Information System, Vol.12(1)

Unduhan

Diterbitkan

09 Okt 2023

Cara Mengutip

Surbakti, E. D. J., Jonemaro, E. M. A., & Afirianto, T. (2023). Pengembangan Web Responsive sebagai Media Pemasaran (Studi Kasus: Toko Nammar Butik). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(6), 2931–2940. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12919

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...