Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Belajar Finansial berbasis Android

Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Belajar Finansial berbasis Android

Penulis

  • Cheka Cakrecjwara Al Kindi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Eriq Muhammad Adams Jonemaro Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Belajar Finansial, Efektivitas, Efisiensi, Kepuasan Pengguna

Abstrak

Literasi tentang keuangan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Karena hanya 37.72% anak muda di Indonesia yang melek terhadap finansial. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi perangkat bergerak belajar finansial untuk meningkatkan literasi tentang finansial. Dari aplikasi belajar finansial tersebut dilihat seberapa efektif sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan literasi finansial pengguna. Setelah diuji menggunakan Usability Testing, Pretest dan Post-test terdapat hasil yang baik. Pengujian Usability testing pada aspek efektivitas mendapatkan nilai sebesar 100%. Sementara pada aspek efisiensi mendapatkan nilai 97.45% untuk aplikasi belajar finansial, sedangkan 92.3% untuk web admin belajar finansial. Pada aspek kepuasan pengguna mendapatkan nilai sebesar 94.2% yang mana jika interval dibagi 20% dari 0% sampai 100% maka kepuasan pengguna aplikasi belajar finansial terbilang tinggi. Dari pengujian pretest pengguna mendapatkan nilai rata-rata 30. Sedangkan pengujian post-test pengguna mendapatkan nilai rata-rata 87.

Referensi

Farah, Margaretha, 2008. Peran Kecerdasan Finansial Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Dan Ekonomi Rakyat Indonesia. Jurnal Universitas Trisakti 8(2), pp. 131-144

Steven & Wibowo, T., 2020. Studi Analisis Transisi Web Application Menjadi Mobile Application Untuk Kebutuhan Data Management Di Indonesia. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), pp. 589-595.

Prabhu, S. & Kirthika, B., 2015. Android Operating System : A Review. International Journal of Trend in Research and Development 2.

Gerber, A. & Craig, C., 2015. Learn Android Studio: Build Android Apps Quickly and Effectively. s.l.:Apress.

Dian, Sari Anita., 2015. Financial Literacy Dan Perilaku Keuangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Stie ‘Yppi’ Rembang). Jurnal STIE YPPI Rembang, 1(2).

Ahmad, A. (2021). Dampak Locus Of Control, Sikap Keuangan, Pendapatan, dan Religiusitas terhadap Perilaku Keuangan. Management & Accounting Expose, 2(2), 105–115.

Kata Data diakses dari https://katadata.co.id/ pada tanggal 1 Agustus 2022 pada jam 23.20 WIB.

Kata Data diakses dari https://swa.co.id/ pada tanggal 1 Agustus 2022 pada jam 23.40 WIB.

Amadyah, A., 2008. Rancanngan Sistem Pameran Online Menggunakan Metode UCD (User Centered Learning). SNTS AKPRIND.

Dumas, J. S. & Fox, J. E., 2008. Usability Testing: Current Practice and Future Directions. In: The Human-Computer Interaction Handbook (2nd Edition). USA: s.n., pp. 1129-1149.

Sauro, J. & Lewis, J. R., 2014. When Designing Usability Questionnaires, Does It Hurt to Be Positive?.

Barnum, C. M., 2011. Usability Testing Essentials: Ready, Set Test!. s.l.:s.n.

Ningrum, Fadhila Cahya, et al. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 4(4), 125–130.

Magdalena, Ina, et al. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-test dan Post-Test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong. Jurnal STITPN, 3(2).

Kiyosaki T. Robert. (2016). Rich Dad Poor Dad (Apa yang diajarkan orang-orang kaya kepada anak mereka tentang uang - Yang tidak diajarkan oleh kelas miskin dan menengah). Penerbit Gramedia.

Al Maududi, Ziyad Muhammad, et al. (2022). Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Panduan dan Resep Masakan untuk Mahasiswa berbasis Android. JPTIIK, 6(11), 5181-5190.

Nur, Majiddan Alfian, et al. (2022). Analisis Usability Testing untuk Mengevaluasi User Interface pada Game Nowhere. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 4229.

Vilhunen, Elisa, et al. (2022). Clarifying the Relation Between Epistemic Emotions and Learning by Using Experience Sampling Method and Pre-posttest Design. Faculty of Educational Sciences University of Helsinki Finland Journal, 7, 826852.

Renata, Pratiwi, et al. (2022). Pengaruh Sikap Finansial Dan Perilaku Finansial Terhadap Taraf Literasi Finansial Mahasiswa. Jurnal UGJ, 10(2), 203.

Nugraheni, Citra. (2019). Analisis Konstruksi Frasa dan Referennya Pada Wacana Berita Dalam Rubrik Politik dan Hukum Harian Kompas Edisi Februari 2018. Jurnal Thesis UMP.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D – MPKK.

Salmaa Awwaabiin. (2021). Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian Menurut Ahli, Jenis- Jenis, dan Karakteristiknya. 10 Desember.https://penerbitdeepublish.com/metode penelitian-kualitatif/.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan. Lembaran Negara RI Tahun 2009 Nomor 148, Tambahan Lembaran RI Nomor 5067. Sekretariat Negara. Jakarta.

Guest, Greg, et al. (2016). How Many Interviews Are Enough? An Experiment with Data Saturation and Variability. Sage Publications, 18(1), 59.

Diterbitkan

12 Okt 2023

Cara Mengutip

Al Kindi, C. C., Jonemaro, E. M. A., & Kharisma, A. P. (2023). Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Belajar Finansial berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12922

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...