Pengembangan Sistem Informasi Hasil Evaluasi Belajar Siswa berbasis BOT Telegram menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK Angkasa Mojosari)

Pengembangan Sistem Informasi Hasil Evaluasi Belajar Siswa berbasis BOT Telegram menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK Angkasa Mojosari)

Penulis

  • Dwi Rizky Cahyo Sudibyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Agung Wicaksono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

sistem informasi, evaluasi belajar, bot telegram, waterfall, system development life cycle, black-box testing, user acceptance testing

Abstrak

SMK Angkasa Mojosari merupakan sekolah menengah kejuruan yang mengusung konsep smart school untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas belajar dimana siswa dapat mengakses informasi tanpa batas. Namun SMK Angkasa Mojosari belum memiliki sistem informasi yang dapat menyampaikan hasil evaluasi belajar siswa kepada orang tua secara efektif dan efisien. Penelitian ini mengembangkan sistem informasi hasil evaluasi belajar berbasis bot Telegram untuk mempercepat dan memudahkan penyampaian hasil evaluasi belajar siswa kepada orang tua (studi kasus SMK Angkasa Mojosari). Rancangan penelitian pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall dengan pendekatan SDLC. Diperoleh 4 kebutuhan melalui tahap analisis kebutuhan. Perancangan dilakukan dengan menggunakan diagram UML (Unified Modeling Language). Framework python-telegram-bot digunakan dalam implementasi hasil perancangan. Tahap pengujian menggunakan black box testing dan user acceptance testing (UAT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi yang dikembangkan dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sistem informasi tersebut dapat mengirimkan notifikasi, pesan, dan laporan hasil evaluasi belajar siswa kepada orang tua melalui bot Telegram secara otomatis. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa sistem informasi tersebut dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses penyampaian hasil evaluasi belajar siswa.

Referensi

Ajam, M. A., 2018. Project Management beyond Waterfall and Agile. France: Taylor and Francis .

Alpiandi, M. R., 2016. Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Di Smp Negeri 2 Kecamatan Gaung Anak Serka. Jurnal Sistemasi, 5(3), pp. 8-13.

Amalia, L. R. N. & E., 2022. PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS TELEGRAM BOT TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR-DASAR MULTIMEDIA KELAS X JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI SMKN 1 JABON. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, VI(02), pp. 154-164.

Arikunto, S., 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bahagia, Satria, D. & Ahmadian, H., 2017. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Data Korban Bencana Berbasis Mobile Android. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 3(2), pp. 22-30.

Hendini, A., 2016. Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2), pp. 107-116.

Hidayatullah, R., Wijaya, A. & Fajri, F. N., 2018. PEMANFAATAN BOT TELEGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI EXCELLENT PRIVATE SCHOOL PAITON. Univ. Nurul Jadid, pp. 01-06.

Perkovic, L., 2012. Introduction to computing using Python : an application development focus. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons.

Perry, W. E., 2006. Effective Methods for Software Testing 3rd Edition. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc..

Pressman, R. S., 2010. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktis Edisi 7. Yogyakarta: Andi.

Putra, N. R. & Dermawan, D. A., 2021. EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN BOT TELEGRAM PADA KELAS X MULTIMEDIA PADA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN. Jurnal IT-EDU, VI(02), pp. 69-76.

Rizky, S., 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Soeroso, H., Arfianto, A. Z., Mayangsari, N. E. & Taali, M., 2017. Penggunaan Bot Telegram Sebagai Announcement System pada Intansi Pendidikan. Seminar Master PPNS, 2(1), pp. 45-48.

Sommerville, I., 2016. Software Engineering. 10th ed. Boston: Pearson Education.

Susanti, M., 2016. Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika, pp. 91-99.

Tristianto, C., 2018. Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan. Jurnal Teknologi Informasi, 12(1), pp. 8-22.

Wibowo, A. K. N. & Kurniawan, Y. I., 2019. BOT TELEGRAM SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF AKSES INFORMASI AKADEMIK. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), VIII(01), pp. 01-10.

Diterbitkan

09 Okt 2023

Cara Mengutip

Sudibyo, D. R. C., Wicaksono, S. A., & Herlambang, A. D. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Hasil Evaluasi Belajar Siswa berbasis BOT Telegram menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK Angkasa Mojosari). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12930

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...