Perancangan User Interface Portal Lowongan Internship dengan Pendekatan Human Centered Design (HCD) dan User Experience Questionare (UEQ) (Studi Kasus PT Talenta Tumbuh Nusantara)
Kata Kunci:
Internship, Website, Human Centered Design, UEQ, User ExperienceAbstrak
Sejak tahun 2021, PT Talenta Tumbuh Nusantara telah bermitra dengan 60 lebih perusahaan di seluruh Indonesia, Malaysia, dan Singapura (Finbots, Ayoconnect, Mekari, Reddoorz, H!Cups, Laku6, Atiom, dan lain-lain) dengan total lebih dari 10.000 siswa dan lebih dari 1.600 anggota komunitas. PT Talenta Tumbuh Nusantara berencana untuk mengembangkan sebuah website yang bertujuan untuk memberikan informasi lowongan internship kepada para candidate, dan memfasilitasi hiring partner untuk membuka lowongan internship. CEO PT Talenta Tumbuh Nusantara saat ini membutuhkan sebuah user interface website untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mendaftar internship dan juga hiring partner dalam mengunggah lowongan internship. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diperlukan sebuah perancangan user interface yang diperlukan untuk dapat memenuhi kebutuhan dari CEO PT Talenta Tumbuh Nusantara dan juga memberikan kenyamanan pada penggunanya. Tahapan yang digunakan adalah HCD melalui wawancara dengan stakeholder PT Talenta Tumbuh Nusantara dan penggunanya yaitu mahasiswa serta hiring partner yang akan menggunakan website tersebut, selanjutnya dibuat rancangan wireframe dan high-fidelity prototype yang berpedoman pada perancangan user interface menurut Schlatter dan Levinson (2013). Selanjutnya membuat desain solusi berbentuk prototype yang akan dievaluasi menggunakan user interview dan feedback capture matrix, yang melibatkan 6 orang intern dan 4 orang hiring partner, serta 30 responden acak di lingkungan PT Talenta Tumbuh Nusantara untuk evaluasi UEQ. Hasil dari user interview adalah feedback capture matrix sebagai contoh, website perlu diberikan video agar lebih menarik, dan evaluasi berikutnya adalah UEQ yang mana hasil penilaiannya memperoleh hasil positif di setiap skala. Skala daya tarik mempunyai nilai sebesar 2,278, skala kejelasan sebesar 2,117, skala efisiensi sebesar 2,192, skala ketepatan sebesar 2,050, skala stimulasi sebesar 2,183, dan skala kebaruan sebesar 2,008. Dalam grafik benchmark UEQ memperoleh nilai excellent pada setiap skala.
Referensi
Garett, J. J., 2011. The Elements of UserExperience: User-Centered Design.
Hutagalung, J., Setiawan, N. Y., & Rokhmawati, R. I. (2019). Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Penginapan Griya Brawijaya) (Vol. 3, Issue 7). http://j-ptiik.ub.ac.id
ISO 9241-210:2010(E) First Edition. 2010. Ergonomics of human-system interaction--part 210: Human-centered design for interactive systems. Finnish Standards Association
Laugwitz, B., Schrepp, M. & Held, T. (2008). Construction and evaluation of a user experience questionnaire. In: Holzinger, A. (Ed.): USAB 2008, LNCS 5298, S. 63-76.
Ramadhan, E. G., 2017. Human Centered Design. [Online] Available at:https://medium.com/codelabsunikom/human-centered-designbfddadd95396
Santoso, H. B., Schrepp, M., & Kartono, R. Y. (2019). Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment (Vol. 13). http://sumi.ucc.ie/
Schlatter, T. & Levinson, D. (2013). Visual Usability Principles and Practices for Designing Digital Aplication. Waltham USA: Elsevier.
Wagiu, E. B., Pemodelan, K.-K., & Bisnis, P. (n.d.). PEMODELAN PROSES BISNIS DENGAN BPMN (STUDI KASUS: DEPARTEMEN PROCUREMENT UNIVERSITAS ADVENT INDONESIA) BUSINESS PROCESS MODELING WITH BPMN (CASE STUDY: PROCUREMENT DEPARTMENT OF UNIVERSITAS ADVENT INDONESIA). www.bpmn.org
Garett, J. J., 2011. The Elements of UserExperience: User-Centered Design.
Hutagalung, J., Setiawan, N. Y., & Rokhmawati, R. I. (2019). Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Penginapan Griya Brawijaya) (Vol. 3, Issue 7). http://j-ptiik.ub.ac.id
ISO 9241-210:2010(E) First Edition. 2010. Ergonomics of human-system interaction--part 210: Human-centered design for interactive systems. Finnish Standards Association
Laugwitz, B., Schrepp, M. & Held, T. (2008). Construction and evaluation of a user experience questionnaire. In: Holzinger, A. (Ed.): USAB 2008, LNCS 5298, S. 63-76.
Ramadhan, E. G., 2017. Human Centered Design. [Online] Available at:https://medium.com/codelabsunikom/human-centered-designbfddadd95396
Santoso, H. B., Schrepp, M., & Kartono, R. Y. (2019). Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment (Vol. 13). http://sumi.ucc.ie/
Schlatter, T. & Levinson, D. (2013). Visual Usability Principles and Practices for Designing Digital Aplication. Waltham USA: Elsevier.
Wagiu, E. B., Pemodelan, K.-K., & Bisnis, P. (n.d.). PEMODELAN PROSES BISNIS DENGAN BPMN (STUDI KASUS: DEPARTEMEN PROCUREMENT UNIVERSITAS ADVENT INDONESIA) BUSINESS PROCESS MODELING WITH BPMN (CASE STUDY: PROCUREMENT DEPARTMENT OF UNIVERSITAS ADVENT INDONESIA). www.bpmn.org
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.