Evaluasi Usability pada Aplikasi Discord di Indonesia menggunakan Metode Usability Testing
Kata Kunci:
usability, pengujian usability, analisis, evaluasi, discordAbstrak
Penelitian ini menguji usability aplikasi Discord, sebuah aplikasi VOIP gratis dengan rating 4.1 bintang di Google Play Store. Meskipun demikian, masih banyak pengguna yang memberikan rating bintang 1 karena performanya dan masalah bug sehingga dilakukannya penelitan ini. Penelitian ini menggunakan 7 aspek untuk mengevaluasi usability aplikasi Discord. Hasil pengujian menunjukkan bahwa learnability aplikasi ini adalah 1,98, yang artinya pengguna pemula dapat belajar dan menguasai aplikasi dengan cepat. Hal ini terlihat dari peningkatan kecepatan pengguna pemula hingga hampir 1,98 kali lebih cepat pada tes uji kedua. Aspek memorability juga menunjukkan hasil positif dengan pengurangan total langkah sebanyak 44 langkah pada pengujian kedua, menandakan bahwa pengguna dapat dengan mudah mengingat alur pengerjaan tugas dalam aplikasi. Pengujian satisfaction menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, dengan sebagian besar task mencapai tingkat satisfaction di atas 85%. efficiency aplikasi juga meningkat sebesar 2,4% goals/sec, menunjukkan peningkatan efficiency pengguna dalam menyelesaikan tugas. Tingkat effectiveness aplikasi ini tetap tinggi, dengan tingkat penyelesaian pengguna pemula mencapai 98% dan pengguna lama mencapai 100%. terdapat beberapa errors yang diidentifikasi dalam pengujian, khususnya pada task 7 dengan nilai 3 dan task 3 dengan nilai 1,33. Discord cukup komprehensif, berdasarkan uji comprehensibility dengan sebagian besar pengguna pemula mampu menjawab pertanyaan pilihan ganda mengenai tampilan aplikasi dengan benar 87%, dan pengguna lama berhasil menjawab semua pertanyaan dengan benar 100%.
Referensi
Hinton, P., McMurray, I., & Brownlow, C. (2014). SPSS Explained (2nd ed.). Taylor and Francis.
ISO. (2018). INTERNATIONAL STANDARD 9241-11:2018 Usability : Definitions and concepts. 2018, 6
Maalej, W., & Nabil, H. (2015). How do users like this feature? A fine-grained sentiment analysis of app reviews. In Proceedings of the 2015 10th Joint Meeting on Foundations of Software Engineering (pp. 534-544). ACM.
Macefield, R. C. (2009). How to specify the participant group size for usability studies: A practitioner's guide. Journal of usability studies, 4(1), 34-45.
Mifsud, J. (2015). Usability Metrics - A Guide To Quantify The Usability Of Any System - Usability Geek. Retrieved from https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/
Myka, J., Indyka-Piasecka, A., Telec, Z., Trawiński, B., Dac, H.C. (2019). Comparative Analysis of Usability of Data Entry Design Patterns for Mobile Applications. In: Nguyen, N., Gaol, F., Hong, TP., Trawiński, B. (eds) Intelligent Information and Database Systems. ACIIDS 2019. Lecture Notes in Computer Science(), vol 11431. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-14799-0_63
Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability.
Nielsen, J. (2014). Task Scenarios for Usability Testing. Retrieved February 20, 2023, from https://www.nngroup.com/articles/task-scenarios-usability-testing/
Sauro, J., & Kindlund, E. (2005). A method to standardize usability metrics into a single score. In Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 401-409).
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Zhang, D., & Adipat, B. (2005) Challenges, Methodologies, and Issues in the Usability Testing of Mobile Applications, International Journal of Human–Computer Interaction, 18:3, 293-308, DOI: 10.1207/s15327590ijhc1803_3
Ziefle, M. (2002). Usability of menu structures and navigation keys in mobile phones: a comparison of the ease of use in three different brands. In Proceedings of the 6th International Conference on Work with Display Units (pp. 359-361). Berlin: Ergonomic.
Hinton, P., McMurray, I., & Brownlow, C. (2014). SPSS Explained (2nd ed.). Taylor and Francis.
ISO. (2018). INTERNATIONAL STANDARD 9241-11:2018 Usability : Definitions and concepts. 2018, 6
Maalej, W., & Nabil, H. (2015). How do users like this feature? A fine-grained sentiment analysis of app reviews. In Proceedings of the 2015 10th Joint Meeting on Foundations of Software Engineering (pp. 534-544). ACM.
Macefield, R. C. (2009). How to specify the participant group size for usability studies: A practitioner's guide. Journal of usability studies, 4(1), 34-45.
Mifsud, J. (2015). Usability Metrics - A Guide To Quantify The Usability Of Any System - Usability Geek. Retrieved from https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/
Myka, J., Indyka-Piasecka, A., Telec, Z., Trawiński, B., Dac, H.C. (2019). Comparative Analysis of Usability of Data Entry Design Patterns for Mobile Applications. In: Nguyen, N., Gaol, F., Hong, TP., Trawiński, B. (eds) Intelligent Information and Database Systems. ACIIDS 2019. Lecture Notes in Computer Science(), vol 11431. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-14799-0_63
Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability.
Nielsen, J. (2014). Task Scenarios for Usability Testing. Retrieved February 20, 2023, from https://www.nngroup.com/articles/task-scenarios-usability-testing/
Sauro, J., & Kindlund, E. (2005). A method to standardize usability metrics into a single score. In Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 401-409).
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Zhang, D., & Adipat, B. (2005) Challenges, Methodologies, and Issues in the Usability Testing of Mobile Applications, International Journal of Human–Computer Interaction, 18:3, 293-308, DOI: 10.1207/s15327590ijhc1803_3
Ziefle, M. (2002). Usability of menu structures and navigation keys in mobile phones: a comparison of the ease of use in three different brands. In Proceedings of the 6th International Conference on Work with Display Units (pp. 359-361). Berlin: Ergonomic.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.