Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi PeduliLindungi menggunakan User Satisfaction Model MGov
Kata Kunci:
pedulilindungi, kepuasan pengguna, user satisfaction modelAbstrak
PeduliLindungi adalah aplikasi yang diterapkan oleh pemerintah untuk mencegah atau meminimalisir penyebaran COVID-19 di Indonesia. Banyak orang telah mengajukan keluhan tentang aplikasi yang menyebabkannya memiliki peringkat rendah di playstore. Dalam penelitian ini digunakan model kepuasan pengguna dengan enam variabel bebas dan satu variabel terikat yaitu kegunaan, interaksi, konsistensi, informasi, aksesibilitas, privasi, dan keamanan sebagai variabel bebas dan kepuasan pengguna sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai teknik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kegunaan, interaksi, konsistensi, serta privasi dan keamanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, yang artinya semakin meningkat masing-masing variabel tersebut pada aplikasi. Menggunakan PeduliLindungi akan meningkatkan kepuasan pengguna. Variabel aksesibilitas berpengaruh negatif terhadap variabel kepuasan pengguna yaitu pengguna merasa terbebani kewajiban saat menggunakan aplikasi yang membuat pengguna enggan untuk mengakses aplikasi. Variabel informasi tidak mempengaruhi kepuasan pengguna, artinya informasi dalam aplikasi berkualitas buruk dan tidak sesuai untuk pengguna. Berdasarkan temuan tersebut, pengembang aplikasi dapat meningkatkan informasi dan kebijakan yang diberikan kepada pengguna mengenai hak akses dari aplikasi itu sendiri, serta mempertahankan atau meningkatkan kegunaan, interaksi, konsistensi dan keamanan aplikasi PeduliLindungi.
Referensi
Desmal, A. J., Hamid, S., Othman, M. K. , Zolait, A. (2022). A User Satisfaction Model for Mobile Government Services: A Literature Review. PeerJ Comput. Sci. 8. 1-20.
Hair et al. (2014). Multivariate Data Analysis. New International Edition., New Jersey : Pearson.
International Organization for Standardization. (2013). ISO/TS 20282-2:2013 usability of consumer products and products for public use - part 2: summative test method. International Organization for Standardization. Diakses dari https://www.iso.org.
Kompas.com. (2022, 22 Februari). Aplikasi PeduliLindungi Dikeluhkan Eror oleh Pengguna, Ini Kata Kemenkes. Diakses Pada 6 Juni 2023, dari https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/22/080000165/aplikasi-pedulilindungi-dikeluhkan-eror-oleh-pengguna-ini-kata-kemenkes?page=all.
Liputan6. (2022, 31 Mei). 60 Juta Pengguna Aktif, PeduliLindungi Tak Kalah dari Tokopedia dan Shopee. Diakses pada 10 Januari 2023, dari https://www.liputan6.com/health/read/4974514/60-juta-pengguna-aktif-pedulilindungi-tak-kalah-dari-tokopedia-dan-shopee.
Ramadiani et al. (2017). User Satisfaction Model for e-Learning Using Smarthphone. Procedia Computer Science, 116, 373-380.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, Edi. 2014. SPSS +Amos. Jakarta: In Media.
TEMPO.CO. (2021, 10 September). Daftar Keluhan Pengguna Aplikasi PeduliLindungi dan Rekomendasi Perbaikannya. Diakses pada 10 Januari 2023, dari https://tekno.tempo.co/read/1504690/daftar-keluhan-pengguna-aplikasi-pedulilindungi-dan-rekomendasi-perbaikannya.
Utamajay J. & Fathurahman A. (2022). Analisis Perilaku Pengguna Aplikasi PeduliLindungi Menggunakan Framework Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Locus : Penelitian & Pengabdian. 1(4). 2829-5439.
Desmal, A. J., Hamid, S., Othman, M. K. , Zolait, A. (2022). A User Satisfaction Model for Mobile Government Services: A Literature Review. PeerJ Comput. Sci. 8. 1-20.
Hair et al. (2014). Multivariate Data Analysis. New International Edition., New Jersey : Pearson.
International Organization for Standardization. (2013). ISO/TS 20282-2:2013 usability of consumer products and products for public use - part 2: summative test method. International Organization for Standardization. Diakses dari https://www.iso.org.
Kompas.com. (2022, 22 Februari). Aplikasi PeduliLindungi Dikeluhkan Eror oleh Pengguna, Ini Kata Kemenkes. Diakses Pada 6 Juni 2023, dari https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/22/080000165/aplikasi-pedulilindungi-dikeluhkan-eror-oleh-pengguna-ini-kata-kemenkes?page=all.
Liputan6. (2022, 31 Mei). 60 Juta Pengguna Aktif, PeduliLindungi Tak Kalah dari Tokopedia dan Shopee. Diakses pada 10 Januari 2023, dari https://www.liputan6.com/health/read/4974514/60-juta-pengguna-aktif-pedulilindungi-tak-kalah-dari-tokopedia-dan-shopee.
Ramadiani et al. (2017). User Satisfaction Model for e-Learning Using Smarthphone. Procedia Computer Science, 116, 373-380.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, Edi. 2014. SPSS +Amos. Jakarta: In Media.
TEMPO.CO. (2021, 10 September). Daftar Keluhan Pengguna Aplikasi PeduliLindungi dan Rekomendasi Perbaikannya. Diakses pada 10 Januari 2023, dari https://tekno.tempo.co/read/1504690/daftar-keluhan-pengguna-aplikasi-pedulilindungi-dan-rekomendasi-perbaikannya.
Utamajay J. & Fathurahman A. (2022). Analisis Perilaku Pengguna Aplikasi PeduliLindungi Menggunakan Framework Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Locus : Penelitian & Pengabdian. 1(4). 2829-5439.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.