Evaluasi Playtesting pada Gim Valorant dengan Pendekatan Mechanics Dynamics Aesthetics Framework
Kata Kunci:
Valorant, Playtesting, Mechanic, Dynamic, AestheticAbstrak
Valorant merupakan gim video tactical FPS dengan 5v5 berbasis karakter yang memiliki satu set kekuatan super yang cukup memiliki banyak peminat. Meski valorant menjjadi gim yang diminati banyak orang, gim tersebut tidak luput dari sebuah kekurangan dari dynamic dan mechanic yang dapat menmpengaruhi aesthetic dalam gim. Penelitian ini menggunakan metode MDA Framework yang mengacu analisis aspek mekanisme, dinamika dan estetika. Selain itu, penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan dari kelemahan gim yang dapat dijadikan acuan sebagai pengembangan gim Valorant. Dari hasil evaluasi playtesting yang didapatkan beberapa kekurangan dynamic dan mechanic yang saling berhubungan dari gim Valorant yaitu, kecepatan gerak karakter, tingkat akurasi tembakan, sistem peringkat yang kurang adil, ketidakseimbangan ability karakter yang akan dan telah dirilis, tata letak peta, dan sistem ELO yang kurang transparan.
Referensi
Hunicke, R., LeBlanc, M., & Zubek, R. (2004). MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research. AAAI Workshop - Technical Report, 1.
Kramer, W. (2000, December). What Is a Game. Retrieved from The Games Journal: http://www.thegamesjournal.com/articles/WhatIsaGame.shtml
Metacritic. (2023). Tead User Reviews and Submit your own for Valorant on PC. Retrieved from Metacritic: https://www.metacritic.com/game/pc/valorant/user-reviews
Mirza-Babaei, P., Moosajee, N., & Drenikov, B. (2016). Playtesting for indie studios. Proceedings of the 20th International Academic Mindtrek Conference, (pp. 1-7).
Salen, K., & Zimmerman, E. (2004). Rules of Play - Game Design Fundamentals. Massachussetts: The MIT Press Cambridge.
Schreiber, I. (2009). Game Design Concepts - An Experiment in Game Design and Thinking.
Seya, Y., & Shinoda, H. (2016). Experience and Training of a First Person Shooter (FPS) Game Can Enhance Useful Field of View, Working Memory, and Reaction Time. International Journal of Affective Engineering, 213-222.
Sohn, S., & Schreiber, I. (2009). Game Design Concepts. Retrieved from CANVAS Network: https://learn.canvas.net/courses/3/modules
Hunicke, R., LeBlanc, M., & Zubek, R. (2004). MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research. AAAI Workshop - Technical Report, 1.
Kramer, W. (2000, December). What Is a Game. Retrieved from The Games Journal: http://www.thegamesjournal.com/articles/WhatIsaGame.shtml
Metacritic. (2023). Tead User Reviews and Submit your own for Valorant on PC. Retrieved from Metacritic: https://www.metacritic.com/game/pc/valorant/user-reviews
Mirza-Babaei, P., Moosajee, N., & Drenikov, B. (2016). Playtesting for indie studios. Proceedings of the 20th International Academic Mindtrek Conference, (pp. 1-7).
Salen, K., & Zimmerman, E. (2004). Rules of Play - Game Design Fundamentals. Massachussetts: The MIT Press Cambridge.
Schreiber, I. (2009). Game Design Concepts - An Experiment in Game Design and Thinking.
Seya, Y., & Shinoda, H. (2016). Experience and Training of a First Person Shooter (FPS) Game Can Enhance Useful Field of View, Working Memory, and Reaction Time. International Journal of Affective Engineering, 213-222.
Sohn, S., & Schreiber, I. (2009). Game Design Concepts. Retrieved from CANVAS Network: https://learn.canvas.net/courses/3/modules
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.