Evaluasi Playtesting pada Gim Valorant dengan Pendekatan Mechanics Dynamics Aesthetics Framework

Evaluasi Playtesting pada Gim Valorant dengan Pendekatan Mechanics Dynamics Aesthetics Framework

Penulis

  • Bramantyo Raka Adi Nugroho Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Eriq Muhammad Adams Jonemaro Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Muhammad Aminul Akbar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Valorant, Playtesting, Mechanic, Dynamic, Aesthetic

Abstrak

Valorant merupakan gim video tactical FPS dengan 5v5 berbasis karakter yang memiliki satu set kekuatan super yang cukup memiliki banyak peminat. Meski valorant menjjadi gim yang diminati banyak orang, gim tersebut tidak luput dari sebuah kekurangan dari dynamic dan mechanic yang dapat menmpengaruhi aesthetic dalam gim. Penelitian ini menggunakan metode MDA Framework yang mengacu analisis aspek mekanisme, dinamika dan estetika. Selain itu, penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan dari kelemahan gim yang dapat dijadikan acuan sebagai pengembangan gim Valorant. Dari hasil evaluasi playtesting yang didapatkan beberapa kekurangan dynamic dan mechanic yang saling berhubungan dari gim Valorant yaitu, kecepatan gerak karakter, tingkat akurasi tembakan, sistem peringkat yang kurang adil, ketidakseimbangan ability karakter yang akan dan telah dirilis, tata letak peta, dan sistem ELO yang kurang transparan.

Referensi

Hunicke, R., LeBlanc, M., & Zubek, R. (2004). MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research. AAAI Workshop - Technical Report, 1.

Kramer, W. (2000, December). What Is a Game. Retrieved from The Games Journal: http://www.thegamesjournal.com/articles/WhatIsaGame.shtml

Metacritic. (2023). Tead User Reviews and Submit your own for Valorant on PC. Retrieved from Metacritic: https://www.metacritic.com/game/pc/valorant/user-reviews

Mirza-Babaei, P., Moosajee, N., & Drenikov, B. (2016). Playtesting for indie studios. Proceedings of the 20th International Academic Mindtrek Conference, (pp. 1-7).

Salen, K., & Zimmerman, E. (2004). Rules of Play - Game Design Fundamentals. Massachussetts: The MIT Press Cambridge.

Schreiber, I. (2009). Game Design Concepts - An Experiment in Game Design and Thinking.

Seya, Y., & Shinoda, H. (2016). Experience and Training of a First Person Shooter (FPS) Game Can Enhance Useful Field of View, Working Memory, and Reaction Time. International Journal of Affective Engineering, 213-222.

Sohn, S., & Schreiber, I. (2009). Game Design Concepts. Retrieved from CANVAS Network: https://learn.canvas.net/courses/3/modules

Diterbitkan

10 Okt 2023

Cara Mengutip

Nugroho, B. R. A., Jonemaro, E. M. A., & Akbar, M. A. (2023). Evaluasi Playtesting pada Gim Valorant dengan Pendekatan Mechanics Dynamics Aesthetics Framework. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12938

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...