Perancangan Interaksi dan Antarmuka Pengguna Aplikasi Monitoring Lesson Study berbasis Web menggunakan Pendekatan Human-Centered Design

Perancangan Interaksi dan Antarmuka Pengguna Aplikasi Monitoring Lesson Study berbasis Web menggunakan Pendekatan Human-Centered Design

Penulis

  • Moch. Rizal Effendi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Wibisono Sukmo Wardhono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Lesson Study, Think Aloud, SUS, HCD, Antarmuka Pengguna

Abstrak

Aplikasi monitoring lesson study dikembangkan oleh UB Learning Technology untuk menunjang kegiatan lesson study. Aplikasi ini tersedia pada platform mobile berbasis android. Kebutuhan pengguna yang belum terakomodasi pada aplikasi versi mobile dan keinginan pengguna untuk dapat mengakses menjadi salah satu alasan penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kebutuhan pengguna, merancang desain interaksi antarmuka pengguna, serta mengetahui penerimaan pengguna aplikasi monitoring lesson study. Perancangan interaksi dan antarmuka pengguna ini menggunakan pendekatan Human-Centered Design (HCD). Penelitian ini menghasilkan beberapa kebutuhan baru di antaranya: unggah berkas, menentukan jadwal lesson study, memilih observer, menentukan siswa yang akan diamati oleh observer, mengakses halaman bantuan, melihat serta mengunduh hasil observasi penilaian. Hasil akhir perancangan ini adalah sebuah prototype yang siap diujikan pengguna. Pengujian prototype dilakukan kepada 5 responden yang terdiri dari 2 mahasiswa, 2 guru dan 1 dosen. Metode pengujian usability yang digunakan pada penelitian ini adalah think aloud dan kuesioner System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian menggunakan metode think aloud menghasilkan beberapa tanggapan positif, negatif serta saran dari pengguna. Hasil pengujian menggunakan kuesioner SUS diperoleh rata-rata skor sebesar 80 yang merepresentasikan bahwa rancangan ini termasuk dalam kategori Excellent dengan grade scale B. Skor sebesar 80 juga merepresentasikan Acceptable Range rancangan interaksi dan antarmuka pengguna ini termasuk ke dalam kategori Acceptable.

Referensi

Bangor, A., Kortum, P. & Miller, J., 2009. Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale.

Brooke, J., 1986. SUS - A quick and dirty usability scale.

ISO 9241-210, 2010. Ergonomics of human-system interaction. Part 920: Human-centred design for interactive systems.

Nielsen, J., 2012. Thinking Aloud: The #1 Usability Tool. [Online] Available at: <https://www.nngroup.com/articles/thinking-aloud-the-1-usability-tool/> [Diakses 5 Mei 2023].

Sharfina, Z. & Santoso, H. B., 2016. An Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS).

Wibawa, A. S., Rokhmawati, R. I. & Az-Zahra, H. M., 2021. Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Leson menggunakan Metode Human-Centered Design (HCD).

Unduhan

Diterbitkan

10 Okt 2023

Cara Mengutip

Effendi, M. R., Rokhmawati, R. I. ., & Wardhono, W. S. . (2023). Perancangan Interaksi dan Antarmuka Pengguna Aplikasi Monitoring Lesson Study berbasis Web menggunakan Pendekatan Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(7), 3177–3186. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12939

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...