Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok sebagai Sumber Belajar Digital di dalam Implementasi Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Karya Desain di SMK Negeri 5 Malang

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok sebagai Sumber Belajar Digital di dalam Implementasi Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Karya Desain di SMK Negeri 5 Malang

Penulis

  • Hedara Putri Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Prima Zulvarina Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Karya Desain, Sumber Belajar Digital, Problem-Based Learning, Hasil Belajar, Tiktok

Abstrak

Perkembangan zaman menghantarkan perubahan signifikan termasuk ranah pendidikan. Kecanggihan teknologi menghadirkan metode-metode terbaru agar dapat membantu dan memudahkan kegiatan pembelajaran, antara lain Micro Learning. Terdapat aplikasi yang bisa dijadikan sebagai pendukung metode micro learning yaitu aplikasi TikTok. Temuan dari hasil wawancara guru pengampu pada mata pelajaran Karya Desain kelas XI DKV SMK Negeri 5 Malang menyatakan bahwa peserta didik kurang memahami materi selama proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi TikTok sebagai sumber belajar digital di dalam implementasi Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Karya Desain di SMK Negeri 5 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Weak Experiment Non-Equivalent Pre-test Post-test Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terbagi dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen XI DKV 3 dan kelas kontrol XI DKV 2. Setiap kelas terdiri dari 36 peserta didik. Kegiatan penelitian ini melibatkan uji normalitas, uji homogenitas, uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Hasil pengujian normalitas menunjukkan bahwa data tidak mengikuti distribusi normal, sementara hasil pengujian homogenitas menunjukkan data tidak berseragam. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan pada data post-test uji Mann-Whitney. Dengan makna lain, penggunaan aplikasi TikTok tidak mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Referensi

Al-Tabany, T.I.B., 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ardian, G., 2022. Perjalanan Aplikasi TikTok Di Indonesia. [online] No Limit Online Media. Available at: <https://nolimit.id/blog/perjalanan-aplikasi-tik-tok-di-indonesia/> [Accessed 23 February 2023].

Ardiyanti, H., Kustandi, C., Cahyadi, A., Elihami, E. and Pattiasina, P.J., 2021. Efektivitas model pembelajaran daring berbasis tiktok. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), pp.285–293. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i3.3826.

Arifin, Z., 2016. Evaluasi Pembelajaran. [online] Available at: .

Bohang, F.K., 2018. TikTok Punya 10 Juta Pengguna Aktif di Indonesia. [online] Kompas.com. Available at: <https://tekno.kompas.com/read/2018/07/05/09531027/tik-tok-punya-10-juta-pengguna-aktif-di-indonesia> [Accessed 23 February 2023].

Budiastuti, D. and Bandur, A., 2018. Validitas Dan Reliabilitas Penelitian. 1st ed. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Cahyadi, A., 2019. Pengembangan Media Dan Sumber Belajar (Teori Dan Prosedur). 1st ed. Serang: Penerbit Laksita Indonesia.

Devi, A.A., 2022. Pemanfaat Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran. [online] Available at: <https://journal.uny.ac.id/index.php/epistema/article/view/40990> [Accessed 24 February 2023].

Ernawati, 2019. Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual. DESKOVI : Art and Design Journal , [online] 2(1), pp.27–34. Available at: <https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/deskovi/article/viewFile/381/319> [Accessed 24 February 2023].

Fadia, S. and Fitri, N., 2021. Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, pp.1617–1620.

Faqih, M., 2020. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android. [online] 7(2), pp.27–34. https://doi.org/10.26618/jk.v7i2.4556.

Hanief, Y.N. and Himawanto, W., 2017. Statistik Pendidikan. 1st ed. Deepublish.

Hutamy, E.T., Alisyahbana, A.N.Q.A., Arisah, N. and Hasan, M., 2021a. Efektivitas Pemanfaatan TikTok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 11, pp.21–26.

Hutamy, E.T., Swartika, F., Alisyahbana, A.N.Q.A., Arisah, N. and Hasan, M., 2021b. Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan TikTok Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian, pp.1270–1281.

Irmawati, A., Octamaya, A. and Awaru, T., 2021. Presentasi Diri Secara Online Pada Guru Pengguna TikTok Di SMA Negeri 8 Bone. Pinisi Journal Of Sociology Education Review, [online] 1(2), pp.172–180. Available at: <https://ojs.unm.ac.id/jser/article/view/22586> [Accessed 24 February 2023].

Khlaif, Z.N. and Salha, S., 2021. Using TikTok in Education: A Form of Micro-learning or Nano-learning? Interdiscip J Virtual Learn Med Sci, 12(3), pp.213–218. https://doi.org/10.30476/ijvlms.2021.90211.1087.

Madden, M. and Govender, K.K., 2020. The Effectiveness Of Micro-learning In Retail Banking. South African Journal of Higher Education, 34(2). https://doi.org/10.20853/34-2-3733.

Maghfira, R., 2019. WILCOXON TEST, DEPENDENT TEST AND INDEPENDENT TEST. [online] https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34721.07525.

Nasrum, A., 2018. Uji Normalitas Data Untuk Penelitian. [online] Denpasar: Jayapangus Press. Available at: <http://jayapanguspress.org> [Accessed 25 February 2023].

Nurrita, T., 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Rahmawati, I., 2021. Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Panjangrejo Kabupaten Bantul. Pedagogos Jurnal Pendidikan, [online] 3. https://doi.org/10.33627/gg.v3i2.497.

Rizaty, M.A., 2022. Pengguna TikTok Indonesia Terbesar Kedua di Dunia. [online] Data Indonesia.Id. Available at: <https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia> [Accessed 23 February 2023].

Saragih, H., Hutagalung, S., Mawati, A.T., Chamidah, D., Khalik, Muh.F., Sahri, Purba, P.W.B., Purba, S.R.F. and Kato, I., 2021. Filsafat Pendidikan. [online] Yayasan Kita Menulis. Available at: <https://www.researchgate.net/publication/350955350_Filsafat_Pendidikan> [Accessed 25 February 2023].

Sudjana, N., 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 19th ed. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. 2nd ed. Bandung: Alfabeta.

Suyanto and Gio, P.U., 2017. Statistika Nonparametrik dengan SPSS, Minitab, dan R. [online] Available at: <http://usupress.usu.ac.id>.

Syamsidah and Suryani, H., 2018. Buku Model Problem Based Learning. [online] Deepulish. Available at: <http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9011> [Accessed 24 February 2023].

Undang-undang (UU) Tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 2.[online] Available at: .

Widana, I.W. and Muliani, N.P.L., 2020. Uji Persyaratan Analisis. Klik Media.

Yapis Dompu, S., 2023. ANALISIS DAMPAK MEDIA SOSIAL TIK-TOK TERHADAP RENDAHNYA HASIL BELAJAR AFEKTIF SISWA. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran (JUNDIKMA), 02(01).

Unduhan

Diterbitkan

10 Okt 2023

Cara Mengutip

Putri, H., Herlambang, A. D., & Zulvarina, P. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok sebagai Sumber Belajar Digital di dalam Implementasi Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Karya Desain di SMK Negeri 5 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(7), 3242–3250. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12940

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...