Evaluasi Pengalaman Pengguna Game King of Crabs menggunakan Game Experience Questionnaire
Kata Kunci:
user experience, king of crabs, game experience questionnaireAbstrak
Pengalaman pengguna adalah suatu pengalaman dari pengguna dalam menggunakan suatu produk. Pengalaman pengguna dalam suatu produk sangat dibutuhkan untuk memberikan kemudahan untuk pengguna pada saat menggunakan produk. Untuk mengetahui pengalaman pengguna tersebut, digunakanlah metode Game Experience Questionnaire. Game Experience Questionnaire adalah metode yang khusus untuk mengukur pengelaman pengguna pada gim saja tidak untuk produk lainnya. Dalam penggunaanya metode ini akan mengukur berdasarkan beberapa komponen yaitu pengaruh positif dan negatif, tantangan, ketegangan, saat melawan pemain lain, dan perasaan setelah bermain gim. King of Crabs adalah gim bergenre PvP (Player vs Player) yang dikembangkan oleh 2 pengembang yaitu Robot Squid dan Spilt Milk Studios. Gim ini mirip dengan gim Sliter.io yang pemain melakukan farming lalu melawan pemain lain dalam satu map. Hasil dari evaluasi yang telah dilakukan, didapatkan hasil yaitu gim King of Crabs memiliki kekurangan pada komponen challange yaitu kurangnya tantangan pada gim. Dan juga memiliki rata-rata pengalaman yang positif pada saat bermain.
Referensi
Muchtar, D, 2005. Desain Game. [e-book]. Tersedia melalui: <https://gameworldamazing.files.wordpress.com/2010/06/desain-game1.doc> Jakarta (Sudono, 2000)
Anggani, S, 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Binus, 2015, Usability VS User Experience. (2015, Agustus 18). Tersedia di: <https://socs.binus.ac.id/2015/09/18/usability-vs-user-experience/> [Diakses 25 November 2021]
Guo, Frank, 2012. Not Just Usability – The Four Elements of User Experience. Tersedia di: <http://uxstrategized.com/White_Paper_Four_Elements_of_User_Experience.pdf> [diakses 10 Mei 2022]
Robot Squid. King of Crabs. Tersedia di: https://store.steampowered.com/app/1273710/King_of_Crabs/
Hakiki, I. P., 2019. Evaluasi User Experience Pada Game Playerunknowns Battleground Mobile Menggunakan Game Experience Questionnaire
Wiryawan, M. B., 2011. USER EXPERIENCE (UX) SEBAGAI BAGIAN DARI PEMIKIRAN DESAIN DALAM PENDIDIKAN TINGGI.
Triadi, R., 2018. USABILITY TEST DENGAN METODE COG NITIVE WALKTHROUGH.
Tersedia di <https://medium.com/@restutriadi/uts-imk-8535f8710538>
IJsselsteijn, W.A., de K., Y.A.W. & Poels, K., 2007. FUGA - The fun of gaming: Measuring the human experience of media enjoyment. Tersedia di:
Muchtar, D, 2005. Desain Game. [e-book]. Tersedia melalui: <https://gameworldamazing.files.wordpress.com/2010/06/desain-game1.doc> Jakarta (Sudono, 2000)
Anggani, S, 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Binus, 2015, Usability VS User Experience. (2015, Agustus 18). Tersedia di: <https://socs.binus.ac.id/2015/09/18/usability-vs-user-experience/> [Diakses 25 November 2021]
Guo, Frank, 2012. Not Just Usability – The Four Elements of User Experience. Tersedia di: <http://uxstrategized.com/White_Paper_Four_Elements_of_User_Experience.pdf> [diakses 10 Mei 2022]
Robot Squid. King of Crabs. Tersedia di: https://store.steampowered.com/app/1273710/King_of_Crabs/
Hakiki, I. P., 2019. Evaluasi User Experience Pada Game Playerunknowns Battleground Mobile Menggunakan Game Experience Questionnaire
Wiryawan, M. B., 2011. USER EXPERIENCE (UX) SEBAGAI BAGIAN DARI PEMIKIRAN DESAIN DALAM PENDIDIKAN TINGGI.
Triadi, R., 2018. USABILITY TEST DENGAN METODE COG NITIVE WALKTHROUGH.
Tersedia di <https://medium.com/@restutriadi/uts-imk-8535f8710538>
IJsselsteijn, W.A., de K., Y.A.W. & Poels, K., 2007. FUGA - The fun of gaming: Measuring the human experience of media enjoyment. Tersedia di:
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.