Evaluasi Usability pada Situs Web Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya menggunakan Metode Heuristic Evaluation
Kata Kunci:
evaluasi usability pada website, usability, heuristic evaluation, desain visual antarmukaAbstrak
Di era digital saat ini, website berperan penting dalam menyampaikan informasi dan memberikan layanan publik. Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya memanfaatkan website (disdukcapil.surabaya.go.id) untuk menawarkan layanan kependudukan dan berkomunikasi dengan warganya. Namun, sejak diluncurkan, website tersebut belum mendapatkan evaluasi. Evaluasi tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi masalah usability dan memberikan rekomendasi peningkatan kualitas website untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Wawancara dengan pengelola website mengungkapkan tantangan yang dihadapi pengguna lanjut usia dalam mengakses layanan kependudukan dan kesulitan mencari informasi di saluran media sosial. Evaluasi tersebut mengidentifikasi 19 masalah yang dikategorikan sebagai masalah kosmetik, minor, mayor, dan katastropik. Prinsip heuristik dengan temuan terbanyak adalah "Fleksibilitas dan Efisiensi Penggunaan". Rekomendasi untuk peningkatan diberikan, termasuk membuat desain visual untuk antarmuka pengguna. Temuan ini dapat menjadi pedoman bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya dalam mendesain ulang website, meningkatkan usability, dan memenuhi harapan pengguna. Dengan meningkatkan kegunaan web, situs web dapat secara efektif melayani publik, membangun kepercayaan pada pemerintah kota, dan meningkatkan citra Surabaya sebagai kota modern dan berkembang. Pengguna akan mendapatkan keuntungan dari pengalaman pengguna yang ditingkatkan, memungkinkan mereka untuk mengakses informasi dengan cepat dan efisien.
Referensi
Arifin, Dimastyo Muhaimin, Kartika Safitri, Rizqi, Ramadhansyah, Dimas Setyawan, Rahman, Dwi Abdul, Amini, Raisha, Salechah, Dinda, Setiani, Novi, & Zukhri, Zainudin. (2018). Implementasi Prinsip Desain Antarmuka pada Purwarupa Website Edukasi Bencana. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), (Agustus), 11–18.
Aziz, Mokhamad Hasbi. (2017). Perancangan Desain Website Sebagai Salah Satu Media Promosi the Cobbler Yogyakarta. Institut Seni Indonsia Yogyakarta.
Kuswanto, Heri. (2017). Analisis Prinsip Layout and Composition pada Web Design Perusahaan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dan PT. FIF Group berdasarkan Buku “The Principle of Beautifull Website Design (2nd Edition) By Jason Beaird.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.14488
Milady, Reza. (2016). Perancangan Sistem Pemesanan Produk Berbasis Web pada CV. Hanif Niaga Group. Universitas Islma Negeri Syarif Hidayatullah.
Najah, Shofiyatun. (2018). Aplikasi User Interface (UI) Discovery Untuk Mengukur Akurasi Query pada Interface Repository. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Nanda Annisa, Bambang Dwi Hartono, & Syarun, Muchdie. (2020). Analisis Strategi Pemasaran dan Diferensiasi Produk Melalui Instagram Dalam Menciptakan Loyalitas Konsumen di Kedai Kopi Darling Habit. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Publik, 1(1), 20–31. https://doi.org/10.22236/jmbp.v1i1.5706
Nursyanti, Reni, Alamsyah, R. Yad. Rakhman, & Perdana, Surya. (2019). Perancangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Membantu Pengujian Kualitas Kain Tekstil Otomotif (Studi Kasus Pada Pt. Ateja Multi Industri). Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 10(2). https://doi.org/10.36448/jsit.v10i2.1323
Puji, Ari Andriyas, & Engraini, Vivi. (2021). Perancangan User Interface Website E-Commerce Pada Usaha Kuliner Menggunakan User Centered Design. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37859/coscitech.v2i1.2196
Rizaldi, A., Margareta, F., Simehate, K., Hikmah, S. N., & Albar, C. N. (2021). Digital Marketing as a Marketing Communication Strategy. International Journal of Research and Applied Technology, 1(1), 61–69.
Yunus, Ahmad. (2018). Perancangan Desain User Interface Pada Aplikasi Siakad Dengan Menggunakan Metode User Centered Design. (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya; Vol. 1). Retrieved from http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3143/1/14410100068-2018-STIKOMSURABAYA.pdf
Arifin, Dimastyo Muhaimin, Kartika Safitri, Rizqi, Ramadhansyah, Dimas Setyawan, Rahman, Dwi Abdul, Amini, Raisha, Salechah, Dinda, Setiani, Novi, & Zukhri, Zainudin. (2018). Implementasi Prinsip Desain Antarmuka pada Purwarupa Website Edukasi Bencana. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), (Agustus), 11–18.
Aziz, Mokhamad Hasbi. (2017). Perancangan Desain Website Sebagai Salah Satu Media Promosi the Cobbler Yogyakarta. Institut Seni Indonsia Yogyakarta.
Kuswanto, Heri. (2017). Analisis Prinsip Layout and Composition pada Web Design Perusahaan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dan PT. FIF Group berdasarkan Buku “The Principle of Beautifull Website Design (2nd Edition) By Jason Beaird.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.14488
Milady, Reza. (2016). Perancangan Sistem Pemesanan Produk Berbasis Web pada CV. Hanif Niaga Group. Universitas Islma Negeri Syarif Hidayatullah.
Najah, Shofiyatun. (2018). Aplikasi User Interface (UI) Discovery Untuk Mengukur Akurasi Query pada Interface Repository. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Nanda Annisa, Bambang Dwi Hartono, & Syarun, Muchdie. (2020). Analisis Strategi Pemasaran dan Diferensiasi Produk Melalui Instagram Dalam Menciptakan Loyalitas Konsumen di Kedai Kopi Darling Habit. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Publik, 1(1), 20–31. https://doi.org/10.22236/jmbp.v1i1.5706
Nursyanti, Reni, Alamsyah, R. Yad. Rakhman, & Perdana, Surya. (2019). Perancangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Membantu Pengujian Kualitas Kain Tekstil Otomotif (Studi Kasus Pada Pt. Ateja Multi Industri). Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 10(2). https://doi.org/10.36448/jsit.v10i2.1323
Puji, Ari Andriyas, & Engraini, Vivi. (2021). Perancangan User Interface Website E-Commerce Pada Usaha Kuliner Menggunakan User Centered Design. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37859/coscitech.v2i1.2196
Rizaldi, A., Margareta, F., Simehate, K., Hikmah, S. N., & Albar, C. N. (2021). Digital Marketing as a Marketing Communication Strategy. International Journal of Research and Applied Technology, 1(1), 61–69.
Yunus, Ahmad. (2018). Perancangan Desain User Interface Pada Aplikasi Siakad Dengan Menggunakan Metode User Centered Design. (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya; Vol. 1). Retrieved from http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3143/1/14410100068-2018-STIKOMSURABAYA.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.